Tips Cara Merawat Dan Mengatasi Kulit Kering Bersisik Secara Alami

cara-mengatasi-kulit-kering-dan-bersisik-pada-wajah-secara-alami

Cuaca ekstrim seperti saat ini, panas kemarau dan hujan tiba-tiba sebabkan kulit sensitif menjadi kurang sehat. Referensi seputar tips cara mengatasi kulit kering sangat penting bagi mereka yang sehari-hari terpapar oleh sinar matahari. Atau bahkan, sama sekali tidak terpapar sinar matahari namun berada dalam ruangan ber-AC selama berjam-jam.

Penyebab kulit kering

faktor-faktor penyebab kulit terasa kering dan tampak kusam bahkan bersisik.
1. Penuaan Dini
2. Cuaca Ekstrim
3. Sebab Kesehatan
4. Faktor Iritasi
5. Sabun
6. Pembersih ber-alkohol
7. Penggunaan obat.
8. Gizi Buruk
9. Ruang ber-AC

Cara mengatasi kulit kering

Di bawah ini terdapat beberapa tips perawatan kulit kering, untuk hasil lebih maksimal mari kita golongkan jenis perawatan untuk wajah, kaki atau tangan.

Perawatan kulit wajah kering secara alami

tips-perawatan-kulit-wajah-dengan-almond-

  1. Kunyit Santan

Pemberian langsung untuk mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok makan santan dengan bubuk kunyit secukupnya (se-ujung sendok teh). Oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan beberapa saat (kurang lebih 15 menit) lalu cuci bersih.

2. Susu Kunyit Lemon

Penganggkatan sel kulit mati pada wajah bisa dilakukan dengan mencampur 3 bahan alami yaitu susu, kunyit dan lemon. Caranya dengan mencampur satu sendok susu krim, bubuk kunyit seujung sendok makan dan beberapa tetes lemon. Gosok lembut pada bagian kulit wajah beberapa menit, kemudian bilas.

3. Gula dan Lemon

Gula alami atau organik memiliki kemampuan untuk melembabkan permukaan kulit sekaligus berperan sebagai “exfoliator” yaitu bahan efektif untuk menganggkat dan menghilangkan sel kulit mati (termasuk pada wajah).

Sedangkan (jus) lemon dikenal sebagai sumber vitamin C tinggi, efektif berperan untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan serta dapat difungsikan sebagai pencerah kulit wajah. Caranya dengan mencampur dua sendok makan gula dan satu sendok lemon plus air. Dijadikan maskter hingga kurang lebih selama tiga puluh menit.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya efektif sebagai bahan pelembab alami hebat dan telah terbukti kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati.
Gunakan ekstrak atau gel dari perasan Aloe Vera ini secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

5. Mentimun

Mentimun atau Ketimun dapat dijadikan sebagai perawatan kulit wajah kering yang relatif aman digunakan secara rutin.
Kandungan air tinggi, vitamin dan mineral penting seperti kalium, mangan, silika dan magenesium yang terkandung didalamnya mampu mengobati kulit kering pada wajah dengan memberikan efek dingin, melembabkan sekaligus membuang sel kulit mati maupun bahan sisa make-up maupun polutan.

6. Pepaya

untuk mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker atau scrub yang sebelumnya telah dilumatkan. Gosok perlahan pada permukaan kulit wajah, diamkan beberapa menit lalu bilas bersih dengan kain lembut untuk mengangkat sel kulit mati yang terkelupas.

7. Madu dan Yogurt

Kedua bahan tersebut merupakan perpaduan tepat untuk mengatasi kulit kering dan kusam pada wajah maupun pada bagian kulit lainnya. Karena madu merupakan ‘natural moisturizer’ pelembab alami berkualitas, sedangkan Yogurt merupakan bahan alami dengan kandungan probiotik, kalsium, dll. dimana semua itu dibutuhkan untuk menutrisi kulit.

 

Cara mengatasi kulit kering pada kaki

Perawatan-Kaki_1

Permasalahan kulit kering pada kaki seringkali dialami oleh wanita meskipun tidak jarang pria juga mengalami hal serupa. Hal ini dikarenakan tingkat sensitivitas kulit wanita lebih tinggi, interaksi dengan detergen hingga masalah kebutuhan kalsium lebih tinggi pada wanita.

1. Asupan Kalsium

Menjaga kecukupan asupan kalsium adalah salah satu cara mengatasi kulit kering pada kaki dari dalam. Tubuh kekurangan mineral kalsium dalam jumlah besar kaitannya dengan kesehatan kulit dapat sebabkan kulit telapak kaki belakang mengalami pecah-pecah.

2. Gunakan kaos kaki

Kaos kaki dengan sirkulasi udara dan dapat menyerap keringat adalah pilihan terbaik untuk menjaga bagian kaki dari paparan matahari langsung maupun cuaca kering. Cara seperti ini untuk mempertahankan kelembapan kulit kaki tetap seimbang.

3. Lakukan pemijatan

Kaki merupakan bagian tubuh terdiri dari berbagai saraf terhubung dengan organ lainnya. Pemijatan lembut secara rutin dipercaya dapat memperlancar aliran darah di sekitar kaki, telapak kaki, jemari hingga betis. Cara seperti ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kaki termasuk kulit kaki lebih sehat dan segar.

4. Rendam dengan Rosemary

Rosemary merupakan tanaman dengan kandungan kalsium tinggi. Perawatan kulit kaki dapat dilakukan dengan merendam kaki pada bejana berisi air yang telah dicampur dengan potongan cabang tanaman rosemary, tambahkan minyak zaitun dan lemon untuk lebih segar.

5. Scrub daun mint

Angkat kulit mati dan dapatkan kesegaran kulit bagian kaki dengan ‘scrub’ yang terdiri dari daun mint dan sedikit campuran minyak kelapa murni yang dihangatkan. Gosok lembut pada bagian kaki kering dan pecah-pecah secara perlahan.

6. Scrub madu susu

Madu murni dicampur dengan susu krim dan bila perlu ditambahkan tetesan jeruk dijadikan pasta (gel) untuk ‘scrub’ bagian kaki. Fungsinya sama dengan sebelumnya yakni melembabkan kulit, mengembalikan kelembapan alami, mengangkat sisa kotoran dan sel mati serta memberikan kesegaran pada kulit kaki.

Cara mengatasi kulit kering pada tangan

jari-mengelupas1

Perawatan untuk mengatasi kulit kering pada bagian tangan pada dasarnya sama dengan yang telah disebutkan diatas. Hanya saja ada beberapa catatan penting untuk diperhatikan yakni tentang penggunaan sabun keras.

Gunakan sabun-sabun ‘handmade’ dengan kandungan bahan alami (seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dll.) yang telah teruji. Hal itu untuk mempertahankan kelembapan alami pada kulit khususnya bagian tangan.

Dan satu lagi, jangan lupakan tabir surya. Jika aktivitas anda diluar ruangan membutuhkan waktu relatif lama, maka tabir surya adalah pilihan tepat untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari terbakar sinar matahari.

Advertisements