Pekerja Lapangan dan Sinar Matahari

Hari yang cerah membuat kebanyakan dari kita merasa lebih baik, entah itu dalam hal bekerja atau kegiatan lainnya. Namun seperti yang kita tahu bahwa terlalu banyak paparan sinar matahari dapat berdampak buruk untuk kulit.

Orang-orang yang pekerjaannya lebih banyak dihabiskan di luar ruangan tentunya lebih rentan mendapat kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV, bahkan ketika hari berawan. Pekerja di luar ruangan yang bisa beresiko termasuk pekerja pertanian atau kontruksi, pekerja layanan publik seperti sales, ojek dan lainnya.

Seperti apa kerusakan kulit yang bisa terjadi?

 Dalam jangka pendek

Terbakar sinar matahari bisa membuat kulit melepuh dan terkelupas, selain itu juga memerah ringan adalah tanda kerusakan kulit.

Dalam jangka panjang

Terlalu banyak terpapar sinar mataahari akan mempercepat penuaan kulit, membuat kulit menjadi kasar, muncul bintik-bintik, dan kerutan, namun efek yang paling serius adalah kemungkinan resiko peningkatan kanker kulit.

Reaksi tidak normal terhadap sinar matahari

Beberapa obat-obatan, kontak dengan beberapa bahan kimia yang digunakan di tempat kerja (seperti pewarna, pengawet kayu, produk batu bara) dan kontak dengan beberapa tanaman dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

 

Lalu bagaimana cara mencegah dan melindungi kulit?

Hal yang perlu diingat yaitu hindari terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama pada pukul 10.00 – 14.00, karena matahari paling kuat pada waktu ini.

Berikut merupakan Do’s and Don’ts untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari :

  • Cobalah untuk menghindari kemerahan ringan yang merupakan tanda kerusakan kulit sekaligus menjadi tanda awal kulit terbakar
  • Cobalah bekerja dan beristirahat di tempat yang teduh, jika bisa.
  • Kenali area kulitmu yang paling rentan terpapar sinar matahari (misalnya wajah, leher, kepala) sehingga kamu dapat lebih memperhatikan untuk melindungi area kulit tersebut dari kerusakan sinar matahari.
  • Tidak melakukan Tanning – Ini adalah tanda yang tidak baik. Meskipun dengan Tanning dapat terlihat bagus dalam penampilan namun dapat berakibat buruk bagi kulit.

6 Tips untuk tetap aman dari paparan sinar matahari

1. Pilih pakaian yang melindungi

Gunakan pakaian biasa yang terbuat dari kain tenun tertutup, seperti kaos kerja dengan lengan panjang dan celana jins pada saat tengah hari akan mengurangi radiasi sinar UV langsung ke kulit.

2. Gunakan topi

Topi atau helm pengaman akan member keteduhan untuk wajah dan kepalamu. Topi dengan model ujungnya yang menggantung bisa melindungi bagian belakang lehermu.

3. Tetap di tempat teduh

Bila mungkin saat istirahat dan terutama pada waktu makan siang, pilihlah tempat yang teduh.

4. Gunakan Sunscreen dengan SPF tinggi

Topi dan pakaian lainya adalah bentuk perlindungan terbaik, namun penggunaan Sunscreen dan Lotion dapat menambah perlindungan kulit pada area yang terkena matahari langsung ataupun yang tidak. Carilah Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk lebih melindungi kulit terhadap radiasi UVA dan UVB.

5. Minum banyak air

Hindari dehidrasi dengan minum minimal 8 gelas/hari. Air sangat penting untuk kinerja tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Konsultasi dengan dokter

Tanda awal yang sering kali muncul yaitu kulit kering bersisik, kemudian noda hitam dan menyusul kerusakan kulit lainnya seperti penuaan kulit. Jika kamu melihat tanda-tanda ini dan merasa terganggu sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi. Meskipun, sebagian besar tanda tidak berbahaya, namun pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memastikannya.

Biasanya dokter akan merekomendasikan perawatan modern seperti laser, chemical peeling dan lainnya untuk membantu mengobati kerusakan kulit yang terjadi akibat sinar matahari.

Catatan: Jangan tunda, jika kamu melihat sesuatu yang salah, segera atasi dengan cepat.

 

Sumber: http://www.glendining.co.uk

 

Nah Sahabat Rafa, itulah beberapa tips untuk membantu mengurangi resiko kerusakan kulit yang bisa saja terjadi ketika kamu sedang bekerja di lapangan, terutama saat matahari sedang terik-teriknya. Semoga bermanfaat 🙂

Jika sudah terlanjur terkena dampak kerusakan dari radiasi sinar UV, Rafa Clinic dapat membantu dengan beberapa perawatan seperti Chemical Peeling, Laser Therapy, Mikrodermabrasi dan lainnya. Jika kamu ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi kontak di bawah ini :

Customer Service Rafa Clinic : (022) 87787281, 087722256565

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s