Gara-Gara Keringat Berlebih, Kulit Kepala Juga Kena Imbasnya…

Masalah keringat berlebih sudah menjadi suatu hal yang menganggu karena selain tidak nyaman juga dapat menimbulkan bau. Keluarnya keringat merupakan salah satu cara tubuh untuk menyeimbangkan suhu dengan lingkungan disekitar. Keringat sendiri keluar dari pori kulit, tak terkecuali kulit kepala.

Keringat pada kulit kepala bisa jadi bentuk masalah hiperhidrosis yang menganggu diri sendiri karena bisa menyebabkan rasa gatal belum lagi menetes ke wajah bahkan membuat tampilan rambut basah dan lepek.

Namun Sahabat Rafa, jangan dulu membayangkan hal-hal mengganggu lainnya. Masalah hiperhidrosis selain pada kulit kepala juga terjadi pada bagian tubuh lainnya, contohnya adalah ketiak. Baca artikel sebelumnya yang berjudul “Stop Basket! Basah Ketiak” untuk tahu bagaimana cara mengatasinya, jika kamu ingin atasi masalah keringat berlebih pada kulit kepala, berikut ada beberapa tips dari Rafa Clinic :

TIPS ATASI KERINGAT BERLEBIH PADA KULIT KEPALA

1. Keramas

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu keramas, sebaiknya dilakukan 2 hari 1x untuk tetap menjaga kelembaban alami pada rambut. Keramas dapat membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan memberi rasa segar. Cobalah cari produk shampo untuk kulit kepala yang berkeringat dan berminyak, atau bisa baca “anti-cholinergic” pada label.

2. Hindari Menggunakan Topi

Penggunaan topi pada siang hari mungkin sangat membantu, namun berakibat buruk pada kulit kepala yang berkeringat karena udara lembab, selain itu memungkinkan bakteri dan bau terjebak di sekitar kepala. Cobalah gunakan topi dengan bahan jaring agar tetap bisa memberi udara pada kulit kepala.

3. Gaya Rambut

Jika kamu merasa memiliki masalah hiperhidrosis, potongan rambut pendek sangat disarankan. Mengapa? Karena jika rambut panjang dapat membuat keringat lebih terlihat dan tentunya menganggu kenyamanan diri sendiri.

4. Khusus Sahabat Rafa Yang Menggunakan Hijab
  • Hindari penggunaan Hair Dryer

Penggunaan Hair Dryer untuk membuat rambut cepat kering merupakan suatu keuntungan tersendiri untuk para pengguna hijab. Namun ladies, penggunaan alat-alat seperti hair dryer, curler atau hair straightener dapat menghilangkan kesehatan kulit. Selain itu dapat membuat kamu lebih mudah berkeringat karena hantaran panas dari alat dan rambut yang dehidrasi.

 

  • Pilih jenis kain yang memiliki sirkulasi udara untuk kepala
    Hijab dengan bahan yang sedikit agak longgar tidak terlalu press dengan kepala yang berbahan dasar ternyata dapat berfungsi mencegah akumulasi kelembapan pada kepala. Untuk kamu yang mengalami keringat berlebih maka sebaiknya hindari pemakaian hijab dengan warna putih karena dapat mengakibatkan bercak noda keringat pada hijab.
5. Gunakan Obat

Keringat berlebih, selain disebabkan oleh suhu panas juga dari kondisi medis. Cobalah konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

6. BotoxTM   Therapy

Selain pada ketiak atau telapak tangan, BotoxTM dapat menjadi solusi terbaik untuk mengendalikan keringat berlebih pada kulit kepala dengan cara menghalangi saraf  yang mengaktifkan kelenjar keringat.

 

Nah Sahabat Rafa, itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat keringat berlebih pada kulit kepala. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan perawatan BotoxTM Therapy langsung datang aja ke Rafa Clinic dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter konsultan kami.

Info: (022) 87787281, 087722256565

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s