Garis Senyum Semakin Dalam dan Jelas? Cegah Sesuai Usiamu!

Garis pada kulit akan semakin jelas terlihat ketika memasuki fase penuaan. Pada awal fase mungkin hanya terlihat garis-garis halus, nah jika tidak langsung diatasi garis halus ini cepat atau lambat akan menjadi lipatan dalam yang semakin jelas. Salah satunya adalah Nasolabial Folds atau garis senyum.

Berikut merupakan beberapa faktor penyebab garis senyum terbentuk :

1. Menurunnya tingkat volume

Seiring berjalannya waktu, kulit akan mulai kehilangan lemak dan menghasilkan sedikit Hyaluronic Acid, zat inilah yang berperan untuk mempertahankan kelembaban. Akibatnya, kulit akan menjadi lebih tipis dan kering. Beverly Hills Dermatologist, Mark Rubin mengatakan “ketika kulit tidak terisi pada tingkat yang normal, maka Anda akan melihat kerutan di permukaan kulit”.

2. Kehilangan elastisitas

Penuaan kulit, menyebabkan serat kolagen dan elastin pada dermis terpecah, sehingga mengurangi kemampuan kulit untuk “kembali” setelah tersenyum dan melakukan ekspresi wajah lainnya. Paparan sinar matahari juga berperan penting untuk mempercepat proses ini.

3. Gerakan Berulang

Gerakan dinamis yang menyebabkan kontraksi otot berulang kali di tempat yang sama, seperti tersenyum, menyipitkan mata dan lainnya akan menciptakan garis halus setelah otot kembali rileks.

Namun sahabat, jangan khawatir garis senyum akan berubah menjadi lipatan dalam “deep lines” dan permanen dengan perawatan yang tepat. Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah lipatan dalam sekaligus meminimalisir tampilan garis senyum sesuai dengan usiamu:

Usia 30-an dan awal 40-an

Jika kamu sudah memasuki tingkatan usia ini, prosedur perawatan Filler dapat menjadi pilihan yang tepat. Perawatan dengan pengisian Hyaluronic Acid ini dapat bertahan 12 sampai 18 bulan. Bahan Hyaluronic Acid tersebut dapat bekerja menyokong dan mengisi kembali bagian kosong di bawah kulit. Filler yang dapat diletakan di area tertentu di wajah dapat menarik atau mengencangkan deep line sehingga terkesan garis tersamar.

Usia pertengahan 40-an dan 50an

Botox dapat mencegah atau memperlambat pengembangan garis senyum menjadi lebih dalam. Bahan aktifnya, toksin botulinum, bekerja melemaskan otot-otot kecil di sekitar mulut yang berperan menciptakan kerutan, kata Elie Levine, MD, a New York Plastic Surgeon.

Usia 60an dan seterusnya

Untuk yang sudah memasuki usia 60an hingga terlanjur memiliki tanda penuaan lebih lanjut seperti kerutan dan kulit kendur. Ada beberapa pilihan perawatan di Rafa Clinic yang tepat untuk dilakukan yaitu Best Lift, Fraxx, U-Cell Therapy (PRP System) dan Rejuvenating Laser Therapy. Perawatan tersebut dapat dikombinasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai saran dokter konsultan kami.

So ladies, itulah perawatan untuk mencegah deep lines dan meminimalisir tampilan penuaan sesuai usiamu. Segera konsultasikan dengan dokter, ketika kamu melihat garis halus terbentuk dipermukaan kulit untuk penanganan dini yang tepat.

 

Life is about choice:)

 

Sumber:

http://edition.cnn.com/2007/LIVING/personal/09/25/smile.lines/index.html

http://www.webmd.com/beauty/features/erasing-lines-around-your-mouth

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s