Jangan Biarkan Kulitmu Kusam!

Selain munculnya garis halus dan kerutan, seiring bertambahnya usia, kulit pun akan menjadi lebih tipis dan tampak lelah. Kerusakan lingkungan juga dapat menghilangkan kecerahan kulit sehingga tampak kusam.

Tidak sama seperti tanda penuaan lain, kulit kusam bisa terjadi pada usia 20an awal. Kulit akan mulai kehilangan elastisitas dan pengelupasan sel kulit mati tidak secepat dulu, sehingga kulit menjadi kusam, kering dan kehilangan kecerahan. Disamping faktor penuaan dan genetik, ada beberapa faktor ekstenal yang menyebabkan kulit kusam yaitu:

  • Paparan sinar matahari 

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat merusak kulit cepat atau lambat. Kerusakan kulit karena sinar matahari seperti kulit tampak kusam, kasar dan muncul bintik hitam.

  • Merokok 

Merokok dapat mempercepat proses penuaan dini. Biasanya seorang perokok cenderung memiliki warna kekuningan pada kulit dan lebih kasar.

  • Kurang Kelembaban 

Jika kamu sering mendapat kelembaban rendah karena suhu terlalu panas atau dingin, kulit akan terasa kering dan gatal jika tidak mendapat perawatan yang tepat.

  • Stres

Berada di bawah tekanan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan kusam.

  • Menggunakan produk yang berat

Ada beberapa produk perawatan kulit yang mengandung bahan yang sangat kuat dan bisa saja membuat kulit kering. Jadi ladies, pilihlah perawatan kulit yang tepat untuk kulitmu.

 

Meskipun faktor internal tidak bisa kita cegah, namun faktor eksternal dapat kita cegah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Oleskan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) 15-30 atau lebih setiap hari. Pilihan lain adalah menggunakan pelembab harian dengan SPF 15-30.
  • Hindari berjemur atau menggunakan tanning bed.
  • Hindari sinar matahari langsung antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore, saat sinar matahari terik – kenakan topi dengan tepi lebar jika hendak berjalan-jalan saat jam makan siang.
  • Jika kamu seorang perokok, berhentilah mulai sekarang! Hal ini dapat membantu memperbaiki warna kulit.
  • Minum air putih sepanjang hari untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Gunakan pembersih wajah ringan dan bukan sabun keras (atau sabun yang mungkin digunakan di bagian tubuh yang lain) saat mandi.

 

JANGAN BIARKAN KULITMU KUSAM!

Kamu dapat memilih tindakan lebih lanjut untuk membantu mengembalikan kecerahan kulit dengan:

  • Gunakan krim dan pelembab yang berfokus untuk mengembalikan kulit menjadi tampak muda. Cobalah cari produk OTC (over the counter) dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih segar.
  • Konsultasi dengan dokter.  Cobalah untuk konsultasi dengan dokter Aesthetic, jika mengganti produk perawatan kulit tidak cukup, pertimbangkan juga untuk melakukan perawatan seperti:

1. Chemical peel untuk mengangkat lapisan luar sel kulit mati, membantu mengembalikan kilauan kulit dan penampilan yang lebih awet muda.

2. Dermabrasi, prosedur untuk menghilangkan lapisan kulit mati dan merangsang lapisan kulit (dermis) yang lebih dalam untuk peremajaan, yang akan mengurangi munculnya garis halus.

3. Rejuvenating Laser Therapy, prosedur yang secara seragam menghilangkan ketebalan kulit tertentu dan memperlihatkan kulit yang lebih baru dan lebih segar.

4. Face BB Glow Therapy, perawatan untuk meratakan warna kulit pada wajah dan leher dengan cara mengaplikasikan serum khusus menggunakan metode sulam bedak yang dikombinasikan dengan brightening serum dan masker untuk membantu peremajaan kulit.

 

Jangan biarkan kulit menjadi kusam, pertimbangkanlah semua pilihan untuk mengembalikan cerah cantik kulitmu. Tidak lupa untuk tetap mengoleskan tabir surya setelah menggunakan pelembab atau melakukan perawatan. Nah ladies, jika kamu tertarik mendapatkan perawatan seperti di atas, Rafa Clinic siap membantu 🙂

 

Sumber: http://www.everydayhealth.com, http://www.americanskin.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s