Tampak Tua Dengan Adanya Garis Senyum, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penuaan, kerusakan sinar matahari, polusi dapat merubah wajah jadi tampak tua secara perlahan. Dimulai dari terlihatnya garis halus pada area mulut atau lebih dikenal dengan sebutan “Garis Senyum, Nasolabial Folds”. Tanda penuaan yang pertama kali muncul biasanya pada usia 30an dan pada usia 20an (penuaan dini).

Mungkin tampilan garis senyum sekilas tidak terlalu jelas, namun jika tidak langsung ditangani lama-kelamaan akan menjadi lipatan yang permanen. Jadi Sahabat Rafa, segera lakukan tindakan perawatan jika kamu sudah melihat garis halus terbentuk di sekitar mulutmu.

Garis senyum dapat diminimalisir tampilannya dengan beberapa perawatan dan gaya hidup, namun sebelum itu berikut ada penjelasan mengenai Garis senyum di bawah ini:

Apa itu garis senyum atau Nasolabial Folds?

Garis senyum merupakan dua lipatan kulit yang terbentang dari ujung hidung sampai ujung mulut. Garis ini muncul pada bagian dimana otot wajah berkontraksi saat tersenyum.

Mengapa garis senyum terbentuk?

Ketika usia muda, kulit memiliki tekstur halus dan elastis, sehingga ketika kontraksi otot terjadi akan langsung kembali ke ukuran semula dengan mudah. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan elastisitas sehingga menimbulkan garis halus, kerutan dan mulai mengendur.

Gerakan yang dilakukan secara berulang atau saat terjadi kontraksi otot wajah seperti tersenyum, mengerutkan dahi, menyipitkan mata bisa menjadi lipatan permanen karena pengaruh hilangnya elastisitas kulit.

Bagaimana cara untuk menimalisir tampilan Garis Halus?

Idealnya merawat dan menjaga kesehatan kulit wajib dilakukan sebelum tanda penuaan terjadi. Tapi untuk mencegah garis halus jadi tampak jelas sebaiknya kamu mulai perawatan dan merubah gaya hidup mulai usia 30an.

Berikut beberapa Tips untuk meminimalisir tampilan Garis Halus:

1. Perhatikan Pola Makan

Pola makan sehat yang kaya akan vitamin, mineral dan protein sangat penting untuk membangun tulang dan jaringan kulit yang baik. Buah dan sayuran mengandung antioksidan dan lemak esensial yang dibutuhkan untuk memberi nutrisi pada kulit dan melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul kecil yang menyebabkan kerusakan jaringan dan berkontribusi mempercepat penuaan. Ketika jaringan dan sel mati dan tidak dapat beregenerasi, garis dan kerutan di dahi, di sekitar mata, mulut akan muncul di permukaan kulit.

Pola makan sehat sangat penting untuk menjaga jaringan dan sel tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Sayuran hijau, wortel, tomat dan berry mengandung vitamin A, E, C dan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit, racun dan polutan di udara di sekitar kita.

2. Tidur yang cukup

Tubuh akan memproduksi hormon untuk Anti Aging seperti Human Growth Hormone yang hanya terjadi saat kita tidur lelap di jam 10.00 – 2.00 malam. Oleh karena itu mengapa penting untuk memiliki tidur yang cukup setiap malam.

3. Meningkatkan perawatan kulit

Selain perawatan kulit utama seperti, mencuci wajah, toner, serum, pelembab dan tabir surya. Ketika memasuki usia 30an, kamu harus menaikkan level perawatan kulitmu dengan mencoba Collagen Mask dan Anti Wrinkle Moisturizer saat malam. Untuk tingkatan perawatan yang tepat sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Rafa Clinic memiliki perawatan dengan CO2 Gel Mask, yaitu masker yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah dan badan termasuk sebagai antioksidan, melembabkan, mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit.

4. Anti Aging Treatment

Ada beberapa perawatan di Rafa Clinic yang dapat membantu mengatasi Garis senyum dan tanda penuaan lainnya, yaitu :

  • Face Massage

Penotokan titik akupuntur yang memberikan efek relaksasi untuk menenangkan, melancarkan peredaran dah, mengurangi ketegangan dan mengencangkan otot wajah.

  • GeneoTM – Neo Revive

Treatment yang berfungsi untuk meremajakan kulit, mengencangkan dan melembabkan, merevitalisasi kulit kusam. Mengandung bahan seperti retinol untuk menstimulasi kolagen dan Peptides untuk menyamarkan garis-garis halus di permukaan kulit.

  • Rafa Chemical Peeling

Terapi berupa pengolesan obat kimia (chemical peeling agent) secara bertahap. Memberikan manfaat menghaluskan permukaan kulit, menyamarkan kerutan halus, membuat kulit lebih bersih, kencang dan cerah bercahaya serta masih ada manfaat lainnya.

  • Botox Therapy

Treatment untuk mengoreksi/menghilangkan garis-garis penuaan, kerut yang timbul akibat kontraksi otot wajah misal kerut dahi, kerut antar alis, kerut sudut mata (crow’s feet) dan menaikan sudut alis.

  • Dermal Filler

Suatu metode berupa pengisian Hyaluronic Acid pada lapisan bawah kulit dengan tujuan mengoreksi, mengisi, mengubah kontur bagian wajah dan solusi cepat untuk garis senyum.

Jadi Sahabat Rafa, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi garis halus atau nasolabial folds, jika kamu tertarik melakukan salah satu dari perawatan Anti Aging sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter J

“Aging is a fact of life. There’s no way to 100% stop lines and wrinkles from appearing”

Life is about choice 🙂

 

Sumber:

http://www.wrinklescenter.com/the-low-down-on-laugh-lines/

https://guycounseling.com/get-rid-smile-laugh-lines/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s