APA YANG TERJADI PADA KULIT KETIKA BEROLAHRAGA?

Tentunya kita mengetahui bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu mengapa olahraga penting untuk dilakukan. Namun apakah kamu tahu bahwa olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan kulit?

Kegiatan olahraga dapat membantu memompa darah lebih dari sekedar untuk daya tahan tubuh atau menjaga berat badan, juga meningkatkan kecerahan kulit, mengurangi tanda penuaan, meminimalisir tampilan mata lelah dan lingkaran hitam serta mengatasi masalah kulit lainnya.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi pada kulit ketika berolahraga?

Darah Mulai Memompa

Olahraga meningkatkan detak jantung dan melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat memberikan pasokan oksigen dan nutrisi penting pada sel kulit yang lelah. Lalu bagaimana hasilnya? Kulit tampak cerah bercahaya dan sehat. Dermatologist Dr Ellen Marmur mengatakan, “Apapun yang meningkatkan sirkulasi juga membuat kulit sehat dan segar”.

Namun ladies, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat tidak akan terjadi hanya dengan satu kali olahraga. Oleh karena itu olahraga-lah secara rutin 3x seminggu untuk mendorong sirkulasi yang efisien sehingga kulit selalu sehat, cantik dan bercahaya.

Memproduksi Lebih Banyak Kolagen Dan Elastin

Kolagen dan elastin merupakan protein dalam tubuh yang memberikan kulit sehat, elastis, kencang dan awet muda. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan alami tubuh untuk menghasilkan kolagen dan elastin akan menurun dan meninggalkan kulit kendur, kerutan dan garis-garis halus.

Berkurangnya produksi kolagen dan elastin juga disebabkan oleh hormon kortisol yang dihasilkan karena stress. Oleh karena itu mengapa seringkali kita mendengar bahwa olahraga dapat menjaga kulit tetap awet muda karena dapat melawan proses penuaan dengan mengurangi kadar kortisol, melepaskan endorfin (senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh) serta meningkatkan kolagen dan elastin.

Untuk membantu mengurangi tampilan tanda penuaan yang terlanjur terbentuk, Rafa Clinic memberikan solusi untuk menggunakan perawatan kulit harian dengan kandungan Anti Aging Agent dan melalukan perawatan kulit invasive seperti Botox, Filler atau Mesotherapy.

Berkeringat

Bagi beberapa orang mungkin berkeringat merupakan suatu yang menganggu dan tidak nyaman. Namun percaya atau tidak, keringat merupakan keajaiban bagi kulit. Hal ini karena keringat merupakan cara alami untuk detoksifikasi kulit, membersihkan pori yang tersumbat dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Setiap keringat yang dikeluarkan dari pori kulit, semua kotoran yang menyumbatnya akan ikut keluar sehingga penting membersihkan wajah setelah berolahraga untuk mencegah kotoran menempel dan masuk kembali ke pori.

Mengaktifkan Sistem Limfatik

Salah satu penyebab munculnya kantung mata dan tampak lelah yaitu menumpuknya cairan yang terakumulasi racun pada sinus karena sistem berkerja lamban. Meningkatkan sirkulasi darah dengan berolahraga  dapat meningkatkan aliran limfatik untuk membersihkan tubuh dari racun dan mengurangi retensi cairan yang menyebabkan kantung mata dan lingkaran hitam.

Nah ladies itulah manfaat berolahraga untuk kulit cantik, sehat dan awet muda. Yuk jangan malas berolahraga, Stay Healthy, Stay Beauty:)

#EveryoneCanBeBeauty

 

Sumber: eminenceorganics.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s