4 TANDA KULIT DEHIDRASI DAN CARA MENGATASINYA

Perubahan cuaca dapat memberi dampak untuk kulit seperti perbedaan pada tekstur dan tingkat kelembaban kulit. Misalnya ketika musim dingin atau hujan kelembaban alami kulit akan berkurang sehingga meninggalkan tampilan kulit kering, kusam dan lebih sensitif dari biasanya. So ladies, jika hal ini terdengar seperti masalah pada kulitmu, bisa berarti kulit mengalami dehidrasi.

Kulit Kering VS Dehidrasi

Sebelum menemukan solusi yang tepat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu perbedaan kulit kering dan dehidrasi.

Kulit Kering termasuk ke dalam klasifikasi jenis kulit dan pada umumnya disebabkan oleh faktor genetik. Kulit kering cenderung tidak mencukupi produksi minyak alami kulit (sebum). Kulit kering juga bisa dihubungkan dengan kondisi kesehatan seperti hypothyroid atau ketidakseimbangan hormon, sehingga menyebabkan produksi sebum terhambat dan meninggalkan tampilan kulit kering dan tampak lelah.

Di sisi lain, kulit dehidrasi lebih menunjukan kondisi kulit. Kulit dehidrasi pada umumnya disebabkan karena faktor dari luar seperti cuaca, pola makan tidak sehat dan kebiasaan buruk (mengkonsumsi alkohol dan kafein berlebihan). Semua faktor tersebut dapat mengurangi kadar air di dalam kulit, jadi pada intinya kulit dehidrasi disebabkan karena kekurangan air dan bukan sebum, sehingga tidak hanya kulit kering, kulit berminyak pun dapat mengalami dehidrasi.

Kulit dehidrasi tentunya terasa tidak nyaman, namun jangan khawatir ladies karena kondisi kulit ini bersifat sementara dan dapat di atasi dengan kombinasi perawatan kulit dan gaya hidup sehat.

Berikut merupakan 4 tanda kulit dehidrasi dan bagaiamana cara mengatasinya:

1. Kulit Gatal

Pernahkah kulitmu terasa gatal setelah pulang berlibur dari daerah dengan cuaca panas atau dingin? Jika kamu pernah mengalaminya berarti kulitmu mengalami dehidrasi. Faktor dari luar seperti perubahan suhu dapat menghilangkan kelembaban dari lapisan luar kulit sehingga menyebabkan rasa gatal dan iritasi.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung jojoba oil untuk membantu meminimalisir iritasi dan mengembalikan keseimbangan kelembaban alami kulit.

2. Meningkatnya tingkat sensitifitas

Salah satu dampak dari kulit dehidrasi yaitu meningkatnya sensitifitas kulit. Menurut International Dermal Institute “Kulit kering dan dehidrasi merupakan tanda dari kulit sensitif”. Bila kamu memiliki kulit sensitif akibat dehidrasi, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit yang lembut, tidak berbau menyengat dan tidak mengandung bahan tambahan yang keras. Penting juga untuk menghindari retinol, stimulating product atau chemical peel hingga tingkat sensitifitas berkurang.

3. Kulit Kusam

Lihatlah sekilas penampilanmu di cermin, apakah secara keseluruhan penampilan kulit tampak kusam dan lelah, dengan bintik-bintik bersisik dan lingkaran hitam di bawah mata? Terlepas dari faktor kurang tidur, hal tersebut merupakan tanda khas dari kulit yang mengalami dehidrasi. Jadi solusi terbaik dan efektif yaitu dengan pengelupasan kulit dan mengembalikan tampilan cerah kulit.

4. Garis halus dan kerutan

“Mencubit lembut kulit pipi, jika terlihat gari-garis halus berarti kulit mengalami dehidrasi”. Cara ini merupakan rekomendasi dari Skin Care Expert Joanna Vargas. Dia juga menyarankan untuk mencari garis halus di sekitar mata dan serpihan kulit di dahi tanda tambahan bahwa kulit dehidrasi. Salah satu bahan yang dapat membantu mempertahankan hidrasi kulit yaitu Hyaluronic Acid. So ladies, gunakanlah produk perawatan kulit atau treatment dengan kandungan Hyaluronic Acid.

Penting untuk diingat, kombinasi dari perawatan kulit yang sehat, pilihan gaya hidup sangat penting untuk merawat kulit yang mengalami dehidrasi. Pilihlah gaya hidup sehat seperti lebih banyak minum air putih, mengurangi konsumsi alkohol dan kafein dan meningkatkan asupan sayur serta buah kaya air (seledri, timun dan semangka) akan membantu meningkatkan hidrasi kulit.

So ladies, itulah tanda dan bagaimana cara mengatasi kulit yang dehidrasi. Namun jika kamu tidak yakin apakah kulitmu mengalami dehidrasi atau memang memiliki jenis kulit kering sebaiknya konsultasikan dengan dokter Estetik yang berpengalaman. Kami di Rafa Clinic memliki dokter yang cukup berpengalaman untuk membuat kulit cantik dan sehat, yuk ke Rafa Clinic 🙂

#EveryoneCanBeBeauty

Sumber: eminenceorganics.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s