22 Tanda Kanker Yang Kebanyakan Orang Abaikan Hingga Terlambat

Gejala kanker bisa kamu abaikan seperti tidak pernah terjadi. Namun, jika salah satu keluargamu memiliki riwayat kanker maka kamu pun beresiko tinggi mengalaminya. Oleh karena itu sebaiknya beri perhatian lebih dan mengenali jika terjadi perubahan pada tubuh.

Berikut merupakan daftar tanda dan gejela kanker yang perlu kamu ketahui, beberapa gejala bersifat kanker spesifik dan lainnya merupakan tanda-tanda umum:

1. Terdapat Benjolan

Benjolan merupakan salah satu tanda umum dari semua gejala kanker. Jika kamu merasakan benjolan yang tidak seharusnya muncul, segeralah periksa. Benjolan dapat ditemukan ketika mandi, gunakan sabun dan periksa setiap bagian tubuh. Jika kamu menemukan sesuatu yang tidak pada tempatnya, jangan panik. Beberapa benjolan jinak, tapi jika terus tumbuh atau berubah, itu mungkin pertanda kanker.

2. Sakit Katika Buang Air Kecil

Jika kamu sering buang air kecil, mungkin tubuh memberikan peringatan bahwa terjadi suatu masalah. Sering buang air kecil bisa jadi merupakan gejala dari beberapa masalah kesehatan seperti diabetes. Namun, jika buang air kecil terasa sakit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, karena kanker prostat atau kandung kemih juga diperingatkan oleh perubahan buang air kecil.

4. Perubahan Pergerakan Usus

Salah satu gelaja kanker yang paling sering diabaikan adalah perubahan pada pergerakan usus. Jika kamu mengalami diare dan konstipasi, tubuh mungkin akan memperingatkan adanya masalah serius. Perhatikan ukuran tinja dan jika terasa sakit terus-menerus di area perut, segera kunjungi dokter.

5. Gangguan Pencernaan

 Selain merupakan gejala masalah kesehatan, gangguan pencernaan bisa jadi gejala kanker. Jika kamu menderita sakit maag atau sakit setelah makan, berarti tubuh memperingatkanmu tentang kanker saluran pencernaan bagian atas. Kesulitan menelan dan sakit perut terus menerus merupakan tanda tambahan.

 5. Luka

Kanker kulit dan kanker mulut biasa dilihat dari munculnya luka. Sakit pada area genital juga sebaiknya jangan diabaikan.

6. Menurunnya Berat Badan

Tidak sedang dalam program diet namun berat badanmu turun drastis, mungkin kamu perlu memeriksakannya. Kanker mengambil nutrisi sehingga tubuh kehilangan berat badan. Kanker dengan gejala menurunnya berat badan meliputi, kanker perut, pankreas, paru-paru atau kerongkongan.

7. Demam

Jika kamu tiba-tiba mengalami demam, hal ini bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan kanker. Jika kanker menyebar dari titik awal, tubuh mulai memicu demam. Kanker menyebabkan sistem kekebalan tubuh rusak dan infeksi menyerang. Demam adalah tanda awal dari limfoma atau leukemia.

8. Kelelahan

 Kelelahan merupakan gejala yang sering diabaikan karena kebanyakan orang menganggap kondisi ini biasa dan bisa diatasi. Namun kelelahan kerapkali terjadi pada orang yang menderita leukemia dan kanker lainnya. Tubuh menjadi lelah saat kehilangan darah, kanker usus besar menyebabkan kehilangan darah dan gejala awal kanker ini adalah kelelahan. Jika kamu merasa sangat lelah, sebaiknya segera kunjungi dokter.

9. Rasa Sakit

 Rasa sakit bisa menjadi gejala kanker. Jika kamu terluka tanpa alasan yang jelas, segera periksakan. Jika luka atau rasa sakit yang normal akan hilang dan pulih dengan sendirinya, namun jika terus menerus sakit dan tidak pulih berarti tubuh sedang memperingatkan adanya masalah. Sakit kepala berlebihan, sakit perut atau sakit tulang bisa jadi indikasi kanker. Jadi, perhatikan tubuh dan tanda gejala ini serta langsung konsultasi dengan dokter.

10. Warna Kulit Berubah

 Jika kulit berubah, mungkin kamu mengalami kanker. Jika kamu memiliki penyakit kuning, mungkin ada masalah pada organ hati. Jika kulit gatal, tubuh memberi sinyal adanya kanker di dalamnya. Jika kulit berubah memerah atau kuning, pastikan segera kunjungi dokter.

11. Darah Pada Urin

Kondisi ini merupakan tanda lain yang tidak boleh diabaikan. Jika kamu melihat darah dalam urin, mungkin terjadi infeksi atau kanker. Kondisi ini bisa jadi tanda kanker prostat atau kandung kemih.

12. Tahi Lalat Berdarah

 Luka berdarah adalah tanda lain dari kanker. Jika tahi lalat berdarah, berubah bentuk atau ukuran, segera periksakan ke dokter. Jenis-jenis luka ini bisa menampakkan kanker, kulit adalah organ tubuh terbesar dan juga bisa diserang oleh sel kanker.

13. Memeriksa Kondisi Lidah

Jika lidah tampak memiliki bercak putih (leukoplakia), mungkin kamu mengalami kanker mulut. Kondisi leukoplakia biasanya dialami oleh perokok atau pengunyah tembakau. Jika disadari sejak awal, kanker bisa dihentikan sebelum dimulai jadi sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter.

14. Puting Payudara Berdarah

Puting payudara berdarah merupakan tanda lain dari kanker payudara. Jika darah keluar secara tidak normal pada daerah kewanitaan mungkin mengalami kanker serviks atau endometrium. Batuk darah menunjukan masalah pada paru-paru.

15. Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan juga merupakan gejala yang harus dikenali sebagai potensi kanker. Tumor bisa menghalangi tenggorokan atau kerongkongan. Jika kamu merasa makanan menempel di tenggorokan, segera periksa segera. Hal ini tidak normal dan tubuh bisa memberi peringatan tentang kanker kerongkongan atau perut.

16. Bintik-Bintik

Bintik-bintik pada kulit merupakan hal yang biasanya dianggap tidak berbahaya. Namun, jika bintik ini berubah, bisa jadi merupakan tanda-tanda masalah kanker. Jika tahi lalat atau kutil berubah warna dan bentuk, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

 17. Batuk Terus Menerus

Batuk terus menerus merupakan tanda lain dari kanker paru-paru. Batuk bisa disebabkan oleh alergi, namun jika batuk terus berlanjut, sebaiknya segera kunjungi dokter terutama disertai sesak napas dan nyeri dada.

8. Asam Lambung

Asam lambung bisa jadi tanda dari kanker kerongkongan. Jika kamu memeriksakan kondisi asam lambung lebih awal, mungkin kanker dapat langsung dihentikan. Jadi jangan abaikan asam lambung.

19. Masalah Pernafasan

 Masalah pernafasan, seperti sesak napas, merupakan hal yang tidak normal. Jika kamu bisa berjalan jauh namun merasa kekurangan nafas, sebaiknya segera kunjungi dokter.. Kerusakan paru-paru bisa dilakukan oleh kanker. Kanker payudara dan kanker usus sering menyebar ke paru-paru.

20. Berkeringat Pada Malam Hari

Berkeringat pada malam hari terkadang merupakan gejala kanker. Tampaknya tidak berbahaya, tapi bisa jadi ini cara tubuh untuk memperingatkan bahwa kanker tumbuh. Jangan abaikan kondisi ini kecuali kamu sedang mengalami menopause.

21. Nyeri Sendi

Nyeri sendi tanpa penyebab yang normal bisa jadi sinyal kanker dalam tubuh. Untuk itu segera periksa pada dokter jika kamu mengalami hal ini.

 22. Sakit Punggung

 Nyeri punggung, nyeri panggul dan kembung merupakan kombinasi untuk memberi sinyal tentang kanker ovarium. Jika kamu mengalami gejala ini, segera kunjungi dokter.

So ladies, itulah 22 tanda dan gejala kanker yang banyak diabaikan oleh banyak orang. Selain itu, ada beberapa jenis kanker yang tidak memiliki gejala, namun kanker yang baru didiagnosis dapat disembuhkan.

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang paling umum. Jadi perhatikanlah tanda dan gejala kanker untuk memperpanjang kehidupan.

Life is about choice, Stay Healthy!

Sumber: http://viralized.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s