TIPS SEBELUM MENINGGALKAN RUMAH UNTUK LIBUR LEBARAN

Setelah berpuasa, ada hari yang sangat dinantikan yaitu hari Lebaran. Nah biasanya momen lebaran dijadikan sebagai momen pulang kampung atau mudik untuk berkumpul bersama keluarga. Selain mempersiapkan barang yang akan dibawa, keadaan rumah juga perlu dipersiapkan terutama jika ditinggal berhari-hari.

Jadi Sahabat Rafa, berikut merupakan  hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah saat mudik, dilansir dari fitnstyle.com :

1. Membersihkan Semua Piring Kotor

Sebaiknya cucilah piring sebelum meninggalkan rumah, jika tidak kamu mungkin harus membuangnya. Sisa makanan yang menempel akan menjadi kerak yang mungkin sulit dihilangkan selain itu juga menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

2. Buang semua sampah

Tentunya kamu tidak ingin, ketika pulang ke rumah langsung menghirup aroma kurang sedap dari sampah yang ditinggalkan berhari-hari? Oleh karena itu sebaiknya buang semua sampah sebelum meninggalkan rumah.

3. Periksa Lemari Es

Makanan yang membusuk di lemari es bisa menjadi masalah yang lebih besar dari sampah. Beberapa orang biasanya tidak memperdulikan isi kulkas mereka sebelum meninggalkan rumah. Makanan busuk dapat mempengaruhi makanan segar dan menimbulkan bau tak sedap di dalamnya. Jadi lebih baik periksa terlebih dahulu dan mengeluarkan makanan yang berpotensi busuk.

4. Mencuci Pakaian

Pakaian yang lama ditinggal kotor, akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri karena 3 hal yaitu, bahan organik, suhu hangat, dan lembab. Jadi jangan lupa untuk mencuci pakaian kotor, seprai dan handuk sebelum pergi.

5. Mencabut peralatan listrik

Kebanyakan peralatan umumnya mengkonsumsi setidaknya beberapa energi listrik ketika meninggalnya terpasang. Namun, ada juga yang mengkonsumsi banyak energi bahkan ketika pada mode siaga. Jadi untuk berjaga-jaga sebaiknya cabut peralatan listrik seperti komputer, TV dan peratalan dapur untuk menghemat tagihan listrik dan mencegah hal buruk terjadi.

6. Utamakan keamanan rumah

Ketika meninggalkan rumah untuk berhari-hari, pastikan untuk mengunci jendela, pintu dan pagar untuk berjaga-jaga. Selain itu bisa minta tolong kepada satpam atau tetangga sekitar  untuk memerhatikan rumah kita sesekali.

Nah Sahabat Rafa, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah ketika mudik. Sehingga saat kembali pulang, kamu bisa langsung berisitirahat 🙂

Selamat Mudik Lebaran, hati-hati diperjalanan 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s