5 Manfaat Utama Puasa Bagi Kesehatan

Puasa di bulan Ramadhan sangatlah ditunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Selain untuk detoksifikasi spiritual, puasa juga baik untuk kesehatan. Nah berikut merupakan 5 manfaat kesehatan puasa di bulan Ramadhan :

1. Puasa Adalah Detoksifikasi Yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat pertama yaitu detoksifikasi tubuh. Berhenti untuk merencanakan diet detoks karena dengan hanya berpuasa tubuh akan menjadi lebih sehat. Tidak makan atau minum selama beberapa jam dapat memicu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak untuk memberi energi lebih saat beraktifitas dan juga mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Puasa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa dapat meningkatkan rasio hormon adiponektin dalam tubuh. Hormon ini bekerja untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dan juga membantu memberikan manfaat maksimal dari asupan vitamin dan nutrisi. Hormon adiponektin juga mengatur glukosa dalam aliran darah dan menghancurkan asam lemak serta melancarkan sirkulasi darah.

3. Puasa Membantu Mengatasi Jerawat

Racun dalam tubuh merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Nah seperti yang disebutkan sebelumnya manfaat puasa yaitu untuk membersihkan tubuh dari racun,. Selain membuat tubuh menjadi sehat juga kulit bersih bebas jerawat.

4. Puasa Mengaktifkan Sel-Sel Otak

Banyak penelitian medis telah menunjukkan bahwa kemampuan otak meningkat dan menjadi aktif selama bulan Ramadhan. Puasa merangsang sel darah dan membantu memproduksi sel baru yang pada akhirnya membuat otak berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, puasa dapat menurunkan produksi hormon kortisol, sehingga kamu merasa lebih rileks selama dan setelah ramadhan.

5. Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat menjadi kesempatan kamu untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk mendapat strategi diet saat puasa yang tepat dan jangan lupa untuk berolahraga ringan secara rutin. Selain itu, banyak dokter mengatakan bahwa puasa merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon adrenalin yang bekerja untuk menghancurkan lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Jadi itulah 5 manfaat utama bagi kesehatan yang dapat kamu rasakan selama berpuasa 🙂

Stay Healthy!

 

Sumber: http://fustany.com/en/beauty/health–fitness/five-major-health-benefits-of-fasting-in-ramadan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s