STRATEGI DIET DI BULAN PUASA

Saat bulan puasa, banyak orang terutama wanita memanfaatkan momen puasa ini untuk menjalankan program diet. Hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa, menahan untuk tidak makan dan minum selama 12 jam dapat membantu menurunkan berat badan. Namun alih-alih turun, kenyataannya justru berat badan menjadi meningkat.

So ladies, jangan khawatir karena kamu tetap dapat kesempatan untuk menurunkan berat badan di momen puasa ini dengan beberapa strategi diet berikut :

Atur Pola Makan

Perubahan waktu makan pada saat berpuasa “memberi sinyal” pada tubuh agar menyesuiakan diri terhadap perubahan tersebut. Jadi perlu pengaturan makan pada saat sahur dan berbuka agar stamina tetap terjaga.

1. Saat Sahur
  • Minumlah segelas susu karena selain mengandung lemak juga mengandung banyak protein (protein tinggi cenderung menahan lapar). Sebaiknya susu diminum setelah makan sahur atau mendekati imsak.
  • Hidangan sahur sebaiknya jangan terlalu banyak memakai gula (karbohidrat sederhana) karena akan membuat cepat lapar.
  • Konsumsi protein (lauk pauk) sebaiknya dilebihkan. Jumlah protein kurang lebih 20% dari total kalori makan sahur (100 – 110 gr). Peningkatan konsumsi protein dalam jumlah lebih banyak dapat membantu tubuh agar tidak cepat lelah. Disamping itu jangan lupa memperbanyak minum air putih.
2. Saat Berbuka

Agar gula darah cepat naik dan dapat meningkatkan cairan tubuh serta tidak langsung memberikan beban yang keras bagi pencernaan, dianjurkan membuat menu berbuka yang mudah dicerna. Cairan yang mengandung karbohidrat sederhana baik untuk diminum. Misalnya sop buah-buahan, kolak, atau jus buah, bisa juga teh manis, diikuti makan kurma. Namun ingat untuk tetap membatasi kalori (tidak terlalu manis, menggunakan santan encer dan lainnya)

Untuk makanan yang lebih berat seperti nasi sebaiknya cepat dilakukan setelah Shalat Magrib.

3. Setelah Shalat Tarawih

Snack/ makanan ringan dapat kamu konsumsi dalam porsi kecil, agar tidur tidak terganggu akibat perut terlalu kenyang dan tidak menyebabkan penumpukkan energi berlebihan. Usahakan untuk langsung tidur 1 jam setelah snack.

 

Nah ladies, itulah strategi diet yang dapat kamu lakukan selama bulan puasa dan ingat untuk selalu konsisten melakukannya. Selain membantu menurunkan berat badan strategi ini juga bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selamat mencoba!! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s