“Bukber” Bikin Makan Berantakan?

Saat matahari terbenam berarti menandai berakhirnya waktu puasa. Momen buka puasa di bulan ramadhan ini biasanya merupakan waktu untuk berkumpul bersama kerabat atau teman yang biasa disebut “Buka Bersama”. Kegiatan ini merupakan hal yang menyenangkan namun bisa jadi menganggu bagi orang yang mencoba untuk mempertahankan pola makan yang baik di Bulan Ramadhan.

Memiliki menu buka puasa yang seimbang sangat penting karena makanan yang baik bagi tubuh akan mengisi kembali energi dan membantu puasa lebih baik di hari berikutnya. Saat bulan ramadan inilah kesempatan kamu untuk memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. Jadi untuk membantu kamu tetap menjaga pola makan yang baik saat “Buka Bersama” berikut merupakan tipsnya:

1. Minum sebelum makan

Minumlah banyak cairan seperti air, jus atau susu. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa. Minum 1-2 gelas air sebelum makan dan hindari minum selagi makan karena akan menunda proses pencernaan. Cermatlah memilih minuman saat Buka Bersama, hindari minuman yang mengandung banyak gula dan kalori.

2. Buka puasa dengan kurma

Sudah banyak diketahui, berbuka puasa dengan kurma sangat baik bagi kesehatan. Kurma mengandung gula alami yang bergizi, membantu menyokong tubuh dan meningkatkan energi. Sebaiknya bawalah kurma dari rumah sebelum pergi ke acara Buka Bersama.

3. Memiliki semangkuk sup

Sup merupakan makanan yang penting dihidangkan setiap buka puasa. Hal ini karena sup kaya akan air untuk membantu menghidrasi tubuh. Pilihlah hidangan sup tomat atau sayuran saat Buka Bersama (jika ada) dan hindari sup krim.

4. Memilih menu makanan sehat

Pilihlah makanan sehat seperti salad sayuran, karena mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik bagi tubuh serta rendah kalori.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan buka puasa penting terdapat sumber karbohidrat yang baik seperti beras merah, pasta atau roti gandum dan kentang. Karbohidrat kompleks dapat menjadi sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan.

6. Protein tanpa lemak

Saat berbuka puasa, usahakan untuk mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi dan mengandung asam amino esensial. Tubuh memerlukan protein untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Pilihlah sumber protein baik seperti daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan atau semua jenis unggas. Namun ingatlah untuk memilih sumber protein tanpa lemak.

7. Jangan terburu-buru makan

Jangan terburu-buru untuk menghabiskan makanan selain itu hindari makan berlebihan hal ini penting untuk mencegah penambahan berat badan dan gangguan pencernaan.

8. Hindari makanan dengan kandungan lemak, garam dan gula yang tinggi

Jika memungkinkan, jauhi makanan yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan karena dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Pilihlah resep makanan yang diolah dengan cara di panggang atau kukus.

 

Nah untuk kamu yang berencana pergi Buka Bersama, tips di atas dapat membantu kamu untuk menentukan menu makanan sehat di tempat acara dan tetap konsisten menjalani pola makan sehat.

Stay Healthy 🙂

Sumber: english.alarabiya.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s