TETAP BERENERGI KETIKA PUASA

 

Salah satu hal yang dialami oleh orang yang berpuasa yaitu rasa ngantuk dan lelah. Energi saat sahur akan mulai berkurang terutama di siang hari dan tubuh akan merasa lelah. Hal ini tentunya menganggu, terutama bagi yang sedang bekerja.

Mengapa berpuasa dapat membuat ngantuk? Saat berpuasa tentunya siklus tidur menjadi berubah. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Maka, keesokan harinya merasa mengantuk. Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam. Maka kamu akan merasa lebih lemas dan mengantuk.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk tetap berenergi ketika berpuasa. Berikut merupakan tips yang dilansir oleh http://www.indiatimes.com :

1. Bergerak

Saat puasa mungkin kamu malas untuk bergerak. Namun sebaiknya hindari hal ini, cobalah untuk olahraga ringan seperti melakukan peregangan atau berjalan selama 20 menit untuk meningkatkan energi secara signifikan.

2. Hindari paparan panas

Rasa panas dapat membuat kamu kehilangan energi lebih banyak dan menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu tetaplah berada ditempat yang sejuk dan kurangi aktifitas di bawah sinar matahari.

3. Cukup tidur, dan tidur siang ketika istirahat

Usahakan untuk mendapat tidur yang cukup setiap malam dan tidur siang minimal 20-30 menit ketika jam istirahat untuk meningkatkan energi.

4. Tidak merokok

Merokok dapat meningkatkan rasa mual dan pusing apalagi ketika berpuasa. Oleh karena itu sebaiknya dihindari dan manfaatkan waktu berpuasa ini untuk mengurangi asupan rokok atau bahkan berhenti.

5. Lakukan hal yang menyenangkan

Saat bersenang-senang maka waktu terasa cepat berlalu. Jadi, tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai. Hal ini selain meningkatkan energi juga merangsang pikiran dan konsentrasi.

Nah itulah 5 hal yang dapat kamu praktekan untuk mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja di siang hari. Selamat berpuasa!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s