PUASA TENANG TANPA BAU MULUT

Mengkonsumsi makanan tertentu bisa menjadi penyebab bau mulut, namun tidak hanya itu, menghindari makanan selama berpuasa juga dapat menjadi penyebabnya. Hal ini kerap kali menjadi permasalah bagi banyak orang karena merasa tidak nyaman.

Mengapa puasa dapat menyebabkan bau mulut?

Menghindari makan dan minum di siang hari dapat memicu halitosis atau bau mulut yang disebabkan karena berkurangnya produksi air liur. Penelitian yang dilansir dalam jurnal American Dental Association menyebutkan bahwa berkurangnya produksi air liur membuat bakteri lebih cepat tumbuh.

Namun jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasi bau mulut di Bulan Puasa, berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu coba:

1. Sahur yang sehat

Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat. Perbanyak untuk mengkonsumsi sayur dan buah segar untuk asupan antioksidan.

Bisa juga mengkonsumsi teh hijau karena kandungan catechin di dalamnya dapat membantu membunuh bakteri di mulut.

2. Menjaga kebersihan mulut

Menggosok gigi secara rutin. Usahakan untuk menggosok gigi setelah sahur untuk membersihkannya dari sisa makanan. Selain gigi, lidah pun perlu dibersihkan 2x sehari dengan tongue scraper.

3. Banyak minum air putih

Dehidrasi bisa jadi penyebab utama bau mulut ketika berpuasa. Oleh karena itu pastikan untuk banyak mengkonsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Selain mencegah dari dehidrasi, juga meningkatkan produksi saliva atau air liur, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

4. Hindari mengkonsumsi alkohol dan merokok.

Merokok dapat memperburuk dampak dari kondisi kebersihan mulut dan radang gusi. Sementara alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang menjadi penyebab bau mulut.

5. Kunjungi dokter gigi

Selain berpuasa, bau mulut juga dapat disebabkan oleh beberapa masalah pada gigi seperti gigi berlubang, radang gusi dan lainnya. Oleh karena itu penting juga untuk mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut dengan dokter.

 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bau mulut di bulan puasa. Selamat mencoba 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s