MELAWAN RASA HAUS DAN TETAP TERHIDRASI SAAT BERPUASA

Selama berpuasa, mungkin sebagian orang kuat untuk menahan nafsu makan, namun bagaimana dengan rasa haus? Pantangan minum air dari matahari terbit hingga terbenam merupakan tantangan besar dalam melakukan puasa, terutama Bulan Ramadhan selalu jatuh saat musim panas.

Air merupakan cairan yang paling penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun kerap kali orang lupa untuk minum cukup saat berbuka dan sebelum tidur.

Mengapa kita sangat membutuhkan air?

60-70% tubuh mengandung air sehingga kita perlu untuk mempertahankan tingkat kelembaban, terutama selama bulan puasa. Kurangnya asupan air dapat mempengaruhi sel tubuh dan menganggu sistem tubuh yang sedang berkerja. Jika kamu tidak memenuhi asupan cairan yang hilang ketika puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, sembelit, sakit kepala, kelelahan dan kulit menjadi kering.

Bagaimana cara untuk tetap terhidrasi selama bulan puasa?

Orang yang berpuasa harus ekstra waspa untuk menghindari dehidrasi. Jadi, berikut merupakan beberapa cara yang dapat kamu coba:

Dapatkan kebutuhan air

Pastikan untuk menghidrasi tubuh dengan benar ketika berbuka puasa. Minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Jika kamu membutuhkan hidrasi tambahan, bisa minum minuman isotonik atau air kelapa.

Memilih asupan cairan

Air merupakan sumber hidrasi terbaik dibandingkan jus dan soda. Karena minuman tersebut mengandung banyak gula dan kalori.

Herbal infusion merupakan alternatif yang baik

Teh hijau, mint dan chamomile dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan lebih baik. Pada saat yang sama, minuman ini juga membantu proses pencernaan.

Catatan: Hindari penambahan gula untuk menghindari penambahan kalori.

Hindari campuran bahan-bahan tertentu

Saat berbuka, hindari hidangan panas dan pedas karena dapat meningkatkan rasa haus saat puasa esok harinya. Hindari juga menggunaan garam atau bahan asin lainnya.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak air

Buah dan sayuran dapat membantu menghidrasi tubuh selama bulan puasa. Seperti semangka, apel, tomat, mentimun dan selada.

Minum dengan benar

Cobalah untuk tidak minum dalam jumlah besar sekaligus atau saat makan. Sebaiknya minum air putih di antara makan dan dalam jumlah kecil sepanjang malam.

Hindari minuman berkafein

Sebaiknya hindari meminum kopi atau teh hitam karena dapat meningkatkan rasa haus.

Usahakan tetap segar

Mandilah dengan air dingin, tetap berada di tempat yang sejuk dan kenakan pakaian longgar untuk menjaga kadar air dalam tubuh.

Batasi aktivitas fisik

Meskipun puasa bukan halangan untuk tetap berolahraga, namun janganlah berlebihan. Hindari olahraga yang berat, lakukan kurang lebih selama 30 menit saja, dan setidaknya 2 jam setelah berbuka puasa. Pastikan juga minum 2 gelas air sebelum olahraga untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang.

 

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melawan rasa haus ketika berpuasa. Selamat mencoba! 🙂

 

Sumber: http://english.alarabiya.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s