RAFA TREATMENT: CHEMICAL PEELING

Chemical Peeling merupakan perawatan untuk memperbaiki penampilan kulit. Metode perawatannya yaitu dengan mengoleskan larutan kimia  (peeling agent) yang pada akhirnya membuat kulit “melepuh” dan mengelupas sehingga memunculkan kulit baru yang lebih sehat. Meskipun perawatan ini mulai disukai oleh banyak orang, namun masih banyak juga yang bertanya “apakah perawatan ini dapat membuat kulit menjadi tipis?”

So ladies, untuk menjawab pertanyaan tersebut, hal pertama yang perlu diketahui yaitu mengenai 3 lapisan kulit. Lapisan kulit terdiri :

  • Lapisan terdalam, Hypodermis (tempat jaringan sel lemak)
  • Lapisan tengah, Dermis (tempat produksi kolagen, elastin dan hyaluronic acid)
  • Lapisan luar, Epidermis (tempat sel kulit mati)
“Apakah perawatan Chemical Peeling membuat kulit menjadi tipis?”

Chemical Peeling membantu mengelupaskan lapisan luar kulit dimana sel kulit mati menumpuk. Pengolesan Chemical Peeling ini pun memberi tanda bagi Dermis untuk segera memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin untuk mempersiapkan sel kulit baru yang sehat. Dengan mengembalikan keseimbangan lapisan luar kulit yang lebih tipis dan lapisan tengah yang lebih tebal, kulit akan bersinar dan terlihat lebih muda.

Nah, jika kamu penasaran mengenai perawatan ini, berikut merupakan penjelasan Chemical Peeling lebih lanjut:

 Manfaat Chemical Peeling

  • Membuat permukaan kulit lebih halus
  • Membantu pori kulit lebih kecil
  • Menyamarkan garis halus dan tanda penuaan lainnya
  • Memudarkan bintik hitam (age spot, freckles, melasma, dan lainnya)
  • Mengatasi jerawat dan bekas jerawat
  • Membuat kulit lebih bersih, cerah dan tampak muda

Bagaimana Cara Kerja Chemical Peeling

1. Peresapan Peel

Setelah peresapan asam kimia di kulit, pada umumnya menyebabkan gejala seperti kemerahan, gelap, bengkak atau frosting (kulit berubah menjadi kusam atau putih seperti menggunakan bedak) tergantung pada kekuatan dan jenis kulit.

2. Pengencangan

Setelah asam dinetralkan, kulit akan terasa kering dan seperti ketarik untuk hari pertama atau kedua. Jika peel yang digunakan kekuatannya ringan, kulit dapat menjadi keriput dan mengelupas. Jika peel yang digunakan kekuatan menengah, pengeluapan akan mulai pada hari ke 4 atau 5 dan biasanya berlangsung selama 4-7 hari.

3.    Mengelupas

Setelah pengelupasan melambat dan berhenti, kulit memulai proses penyembuhan. Lapisan luar mungkin masih terlihat kemerahan. Untuk proses ini penting melindungi kulit dengan SPF setiap hari dan melembabkan setidaknya dua kali sehari.

4.    Hasil Perawatan

Hasilnya akan terlihat, sel kulit menjadi baru dan produksi kolagen serta elastin menjadi meningkat sehingga kulit lebih kencang dan noda tersamarkan, warna kulit menjadi rata dan mengurangi tampilan kerutan dan tanda penuaan lainnya. Lanjutkan menggunakan SPF untuk pelindungan dan pelembab untuk perawatan harian.

Tingkatan Chemical Peeling

  • Superficial/ rendah

Superfisial atau ringan merupakan tingkatan paling rendah dari Chemical Peeling dan dapat digunakan pada semua jenis kulit. Tingkatan ini membantu untuk mengatasi sebagian kecil dari lapisan luar kulit seperti garis halus, jaringan parut dan hiperpigmentasi ringan. Tingkatan ini dapat diulang setiap 2-3 minggu.

  • Medium-depth/ sedang

Medium-depth menembus lebih jauh untuk membantu mengatasi masalah kulit pada epidermis dan dermis. Tingkatan ini digunakan untuk membersihkan pori, mengurangi kerutan, noda hitam, hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari dan pertumbuhan prekanker.

Medium-depth menyebabkan warna kulit memerah selama 2-3 minggu dan mungkin tidak sepenuhnya memudar sampai tahapan perawatan selesai. Kulit baru akan muncul dalam 2 minggu pertama setelah pengobatan

  • Deep skin

Deep skin menyebabkan rasa terbakar pada kulit dan menyerap pada semua jalur ke subkutan atau lapisan kulit ketiga paling dalam. Tingkatan ini digunakan untuk mengobati melasma, kerutan, bekas luka, kerusakan akibat sinar matahari dan pertumbuhan prekanker pada kulit.

Kulit mungkin tetap memerah untuk beberapa minggu. Petroleum jelly atau salep lain dapat diterapkan setelah pengelupasan untuk melindungi kulit. Deep skin biasanya tidak dilakukan warna kulit yang gelap karena cenderung menyebabkan hipopigmentasi.

Efek Samping

Chemical Peeling bisa berdampak perubahan warna kulit sementara atau permanen. Hal ini mungkin terjadi bila seseorang menggunakan pil KB atau merencanakan kehamilan. Jaringan parut (resiko rendah) dan cold sore bagi orang dengan riwayat herpes.

Oleh karena itu sebelum mendapat perawatan Chemical Peeling sangat penting berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping tersebut.

 

So ladies, dapatkan perawatan Chemical Peeling untuk menjadikan kulit semakin bersih dan cerah secara alami. Dapatkan perawatan Chemical Peeling mulai Rp. 350.000 hanya di Rafa Clinic!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s