10 HAL TENTANG KOMEDO

Komedo merupakan masalah kulit yang selalu muncul pada kebanyakan orang terutama seorang yang memiliki tipe kulit berminyak. Meskipun rutin untuk mendorongnya keluar dan mencoba untuk menghilangkannya, namun komedo tetap muncul kembali. Nah ladies, jangan cepat puas bila telah melakukan perawatan kulit hanya sekali.

 

Ada beberapa hal yang mungkin tidak diketahui banyak orang tentang komedo dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. So ladies, untuk menambah pengetahuan untuk mengatasinya, berikut merupakan 10 hal tentang komedo:

Apa Komedo Sebenarnya? 

Blackhead atau komedo terbuka pada dasarnya merupakan folikel rambut yang melebar dan dipenuhi dengan sel kulit mati, bakteri serta sebum.

 

Alasan Mengapa Komedo Berwarna Gelap?

Sebum mengandung melanin dan bila menyentuh permukaan pori maka akan teroksidasi sehingga berubah menjadi gelap. Itulah bagaimana cara komedo dapat berwarna gelap.

 

Penyebab Komedo? 

Komedo sebagian besar disebabkan oleh kelebihan produksi sebum, sehingga kulit yang rawan minyak harus tetap menggunakan produk perawatan kulit, makeup, lotion dan tabir surya bebas minyak untuk mencegah munculnya komedo atau jerawat.

 

Menggunakan Pore Strips Saja Tidak Cukup

Pore Strips merupakan produk merupakan cara cepat yang digunakan untuk mengangkat komedo. Namun cara ini tidak akan menunjukan hasil yang signifikan dan komedo akan muncul kembali jika kamu tidak menindaklanjuti dengan perawatan sehari-hari.

 

Retinoid

Retinoid dan produk lainnya yang mengandung salicylic acid sangat baik dalam membersihkan pori yang tersumbat dan mencegah komedo. Kamu dapat menemukan retinoid dan produk perawatan dengan kandungan salicylic acid dengan mudah di pasaran atau untuk hasil yang sangat efektif kamu dapat meminta rekomendasi dari dokter.

 

Jauhkan Tangan Dari Wajah

Menyentuh komedo atau mencoba memencet komedo merupakan hal yang perlu dihindari karena dapat memperburuk kondisi komedo dan menimbulkan masalah kulit lainnya seperti jerawat.

 

Konsultasi Dengan Dokter Aesthetic

Dokter Aesthetic umumnya akan merekomendasikan perawatan Chemical Peel atau Mikrodermabrasi untuk membantu menyingkirkan komedo dan memperbaiki keseluruhan penampilan kulit.

 

Perawatan Home Remedies

Selain Chemical Peel dan Mikrodermabrasi, ada juga perawatan alternatif lainnya dan mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya yaitu dengan baking soda.

Caranya: Campur baking soda dengan cuka sari apel hingga membentuk sebuah pasta, lalu gosok lembut pada area kulit yang berkomedo beberapa menit.

 

Jangan Mencuci Wajah Berlebihan

Mencuci wajah secara teratur merupakan perawatan rutin utama untuk menjaga kulit tetap bersih, namun usahaan jangan berlebihan. Cukup mencuci wajah 2x sehari. Pembersihan yang berlebihan dapat membuat kulit kering dan iritasi dan hal ini dapat memicu produksi sebum berlebihan.

 

Perlakukan Kulit Dengan Lembut

Hal terpenting yang perlu diingat yaitu untuk memperlakukan kulit dengan lembut. Komedo mungkin dapat membuat perasaan kesal dan ingin segera menyingkirkannya, namun menggunakan produk yang keras malah dapat memperburuk kondisi.

Oleh karena itu sebaiknya tetap menggunakan produk perawatan kulit yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu.

Nah ladies, itulah hal-hal mengenai komedo yang perlu diketahui sehingga kamu dapat menentukan perawatan apa yang tepat untuk mengatasi komedomu.

stylecaster.com

Stay Beauty!!

 

DAPATKAN PAKET HEMAT ACNE (laser + Chemical Peel) hanya Rp. 2 Jutaan di RAFA CLINIC

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s