Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Kulit bersih dan bebas dari jerawat merupakan  impian banyak orang, terutama wanita. Meskipun jerawat yang disebabkan oleh faktor hormon atau genetik tidak dapat dihindari, kamu dapat mengatasi dan mencegah masalah pada kulit dengan mengubah kebiasaan harian. Berhenti melakukan kebiasaan buruk untuk mencegah jerawat dan membantu kulit bersih, cerah dan sehat.

Berikut merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan jerawat dan masalah kulit lainnya:

Kebiasaan Buruk  No. 1: Telalu sering mencuci wajah

Alih-alih menjaga kebersihan kulit, mencuci wajah terlalu sering justru dapat memicu produksi sebum berlebihan dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu sebaiknya cuci wajah cukup 2x sehari.

Kebiasaan Buruk No. 2: Menggosok kulit terlalu keras

Menggosok kulit dengan handuk atau scrub terlalu keras dapat menyebabkan iritasi yang dapat memperburuk kulit berjerawat. Oleh karena itu perlakukan kulit dengan lembut.

Kebiasaan Buruk  No. 3: Tidak membersihkan kulit dari keringat

Setelah berolahraga atau berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, tentunya akan membuat tubuh berkeringat. Hal ini jangan dibiarkan hingga keringat mengering dan terserap ke dalam pori kulit, sebaiknya mandi atau basuh kulit setelah berkeringat.

Kebiasaan Buruk No. 4: Memencet Jerawat

Meskipun tergoda untuk memencet jerawat, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena dapat menyebabkan kemerahan dan meninggalkan bekas jaringan parut. Jauhkan tangan dari wajah dan obati jerawat dengan menggunakan krim anti jerawat.

Kebiasaan Buruk No. 5: Jarang Keramas

Jika kamu memiliki rambut yang minyak, maka memungkinkan dapat terserap ke dalam pori kulit dan menyebabkan jerawat. Pastikan untuk selalu keramas setiap hari untuk menjaga kelebihan minyak pada dahi, wajah atau punggung dan juga mencegah jerawat.

Kebiasaan Buruk No. 6: Paparan produk perawatan rambut

Sangat penting untuk menjaga hair spray, gel atau produk perawatan rambut lainnya dari wajah agar tidak menyumbat pori. Halangi kulit wajah saat akan menerapkan produk perawatan rambut.

Kebiasaan Buruk No. 7: Mengkonsumsi makanan berminyak

Meskipun tidak menyebabkan jerawat namun mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan dapat membuat jerawat lebih parah, hal ini karena pengaruh dari kelebihan sebum pada kulit. Oleh karena itu sebaiknya tetap melakukan pola makan sehat.

Kebiasaan Buruk No. 8: Menggunakan kosmetik berbahan dasar minyak

Jika kulit berjerawat, sebaiknya gunakan skincare product atau makeup dengan istilah “non-comedogenic” atau “non-acnegenic” pada label untuk membantu mencegah jerawat.

Kebiasaan Buruk  No. 9: Berhenti melakukan Acne Treatment

Resep obat untuk jerawat merupakan solusi yang tepat. Meskipun kondisi jerawat membaik, sebaiknya terus selesaikan mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter untuk hasil yang lebih baik sekaligus mencegah jerawat datang kembali.

Selalu melakukan perawatan kulit seperti facial, exfoliating dan lainnya untuk kulit selalu cantik, sehat, bersih bebas jadi jerawat.

Nah ladies, itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat dan bahkan memicu timbulnya masalah kulit lainnya. Kebiasaan buruk tersebut mungkin sering dilakukan tanpa disadari, oleh karena itu setelah mengetahui 9 kebiasaan buruk penyebab jerawat, ada baiknya langsung aplikasikan dalam keseharian.

http://www.everydayhealth.com

Be Smart, Be Beauty!

 

Dapatkan solusi terbaik mengenai jerawat dengan mendapatkan saran dari dokter Aesthetic + PAKET ACNE (Laser 2x dan Chemical Peel 3x) hanya Rp. 2 Jutaan di Rafa Clinic!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s