KNOW OILY SKIN!

Kulit berminyak tidak hanya dialami oleh remaja, namun juga dialami oleh orang dari berbagai usia. Tipe kulit ini memberikan tampilan wajah tampak mengkilat dan kusam, selain itu juga jika tidak di rawat dengan benar dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat.

Sumber dari masalah kulit berminyak ini adalah kelenjar sebaceous yang terletak jauh di dalam kulit. Kelenjar sebaceouse merupakan bagian dari unit pilosebaceous (rambut + sepasang kelenjar minyak). Semua permukaan kulit kecuali telapak tangan dan kaki memiliki kelenjar sebaceous. Area kulit dengan produksi sebum (minyak alami kulit) terbanyak dikenal dengan T-zone yaitu area dahi, hidung dan dagu.

Nah ladies, sebum ini memiliki pengaruh baik dan buruk bagi kulit, oleh karena itu mengapa kita perlu merawat kulit berminyak agar tidak sampai kehilangan pengaruh baiknya bagi kulit.

Pengaruh Baik

Dalam keadaan normal, kelenjar ini memainkan peran sebagai pelembab alami kulit dan rambut, melindungi dari dampak buruk lingkungan seperti dehidrasi dan menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Pengaruh Buruk

Kulit berminyak memiliki pengaruh buruk ketika produksi sebum berlebihan. Selain memberikan tampilan yang mengkilat, kulit berminyak dapat menyumbat pori, dan memicu pertumbuhan jerawat.

 

“Sama seperti pada beberapa orang ada yang tinggi dan pendek, juga memiliki kulit kering dan berminyak – Hal ini merupakan bagian dari spektrum alami dan genetik” menurut Consultant Dermatologist, Dr John Ashworth

 

PENYEBAB KULIT BERMINYAK

1. Genetik merupakan penyebab utama kulit berminyak. Ketika salah satu dari anggota keluarga memiliki kulit berminyak, maka kamu berpotensi mengalaminya juga.

2. Berlebihan menggunakan produk perawatan kulit seperti cleansing dan exfoliating karena dapat menyebabkan kulit berminyak.

3. Pergantian Musim –  Tingkat produksi minyak pada kulit meningkat ketika muncul panas dan lembab di musim panas. Pada musim hujan atau dingin, ketika kulit menjadi lebih kering dan dehidrasi, maka kelebihan minyak sebelumnya dapat menggantikan sebum yang hilang.

4. Obat-obatan. Pil KB atau obat hormone replacement juga dapat meningkatkan produksi sebum.

5. Perubahan hormon pada wanita ketika hamil, sebelum dan sesudah masa menopause juga dapat meningkatkan produksi sebum.

6. Stress – Ketika stress tubuh akan memproduksi lebih hormon androgen yang dapat memicu produksi sebum berlebihan.

7. Tanning– Hal ini mungkin dapat membuat kulit kering sementara, namun sebenarnya menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebihan untuk melindungi permukaan kulit.

 

BAGAIMANA CARA MERAWAT KULIT BERMINYAK?
  • Bersihkan wajah dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih dari wajah, mencegah penyumbatan pori dan menjaga kulit tetap kenyal dan halus.
  • Bersihkan wajah dari makeup sebelum tidur.
  • Konsumsi makanan yang kaya protein.
  • Tambahkan juga sayur dan buah dalam diet harian.
  • Vitamin B2 membantu dalam mencegah kelebihan produksi minyak pada kulit, oleh karena itu konsumsi juga biji-bijian dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin B2.
  • Kurangi asupan gula dan lemak.
  • Kurangi konsumsi coklat, makanan goreng, minuman berbasis alkohol berlebihan.

 

So ladies, itulah beberapa penjelasan mengenai kulit berminyak. Untuk mengatasi kulit berminyak lebih lanjut sebaiknya dapatkan saran langsung dari dokter Aesthetic.

 

Life Is About Choice!

 

Dapatkan PAKET ACNE HEMAT (Laser + Chemical Peeling) hanya Rp. 2 Jutaan di Rafa Clinic!!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s