Cara Memudarkan Hiperpigmentasi Kulit Secara Efektif

Jika kamu memiliki perbedaan pada warna kulit atau bintik hitam bisa jadi kamu mengalami hiperpigmentasi. Masalah kulit ini, sebenarnya bukan masalah yang serius, namun memberikan tampilan tampak lebih tua. Hal ini bagi kebanyakan orang sangat menganggu dan menurunkan rasa percaya diri terutama pada wanita.

Pigmentasi kulit dapat dialami oleh siapa saja tanpa melihat jenis kelamin, ras atau usia. Namun tenang ladies, karena hal ini dapat diatasi sehingga kamu bisa mendapatkan kembali kulit halus dan mulus.

 

Ada baiknya jika ketahui terlebih dahulu mengenai hiperpigmentasi kulit dan penyebabnya sebelum menentukan perawatan yang tepat.

Ada 2 jenis pigmentasi kulit yang dapat dialami, yaitu:

Hiperpigmentasi :Merupakan kondisi yang tidak serius dan digambarkan seperti penggelapan area pada bagian kulit tertentu yang disebabkan karena kelebihan produksi melanin atau pigmen. Biasanya berbentuk bintik coklat atau hitam.

Hipopigmentasi :Merupakan kebalikan dari hiperpigmentasi, yaitu suatu kondisi ketika produksi melanin atau pigmen melamban dan meninggalkan bintik putih pada kulit.

Penyebab Pigmentasi

  • Paparan sinar matahari. Hal ini merupakan penyebab umum dari pigmentasi. Radiasi UV dapat mengganggu melanosit sehingga produksi melanin terpengaruh dan mengarah pada pigmentasi.
  • Cedera: Dalam beberapa kasus, luka yang disebabkan oleh menyembuhkan pada cedera, meninggalkan peradangan ringan. Area yang meradang ini mengarah pada pigmentasi kulit.
  • Pigmentasi terkadang dapat disebabkan karena efek samping obat-obatan tertentu.
  • Penyakit: Beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit kuning, sianosis juga mungkin menyebabkan perubahan warna kulit.
  • Dalam beberapa kasus, stres yang berat atau rasa tertekan mungkin dapat menjadi penyebabnya.

Penyebab lain dari pigmentasi yaitu seperti, perubahan hormonal selama kehamilan, pil KB, menopause, atau karena sering menggunakan pewarna rambut dan lainnya.

Perawatan Hiperpigmentasi

Ada beberapa perawatan untuk mengatasi hiperpigmentasi yaitu seperti menggunakan over-the-counter cream, chemical peeling, terapi laser dan lainnya untuk memudarkan pigmentasi lebih cepat. Namun, jika kondisi cukup serius, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Mendapatkan saran dari dokter juga penting dilakukan sebelumk memilih salah satu dari perawatan pigmentasi kulit.

Selain melakukan Pro-Treatment (Chemical peel atau Laser), kamu juga dapat membantu memudarkan pigmentasi dengan perawatan home remedies, berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah :

1. Kentang: Kentang dikenal dapat membantu memudarkan pigmentasi kulit, bintik dan noda hitam.

Caranya: Gosok lembut sepotong ketang pada area yang bermasalah setiap hari. Atau campurkan jus kentang dengan fuller earth, lalu terapkan sebagai masker.

2. Lemon dan Madu: Lemon bertindak sebagai pemutih alami dan madu memiliki sifat melembabkan.

Caranya, campurkan jus lemon dan madu dalam ukuran yang sama, terapkan seperti masker pada aera yang bermasalah.

Lemon memiliki sifat asam, sehingga sebaiknya hindari cara ini bagi kulit sensitif.

3. Lidah buaya dan Vitamin E: Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan penyembuhan. Gel lidah buaya bermanfaat untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan regenerasi sel baru.

Caranya, ambil gel lidah buaya dan dinginkan dalam lemari es. Setelah dingin, langsung oleskan pada area yang bermasalah selama 20 mneit.

Untuk meningkatkan efektivitas, konsumsi vitamin E kapsul atau campurkan dengan gel lidah buaya.

4. Susu dan Madu: Susu memiliki asam laktat yang berkerja untuk mengelupaskan sel kulit mati sehingga meninggalkan kesegaran pada kulit dan membantu mengurangi pigmentasi kulit.

Caranya campur susu dan madu, lalu terapkan pada wajah seperti menggunakan masker.

5. Mentimun: Merupakan bahan alami yang efektif untuk memudarkan pigmentasi kulit, bintik dan noda hitam.

Caranya, oleskan jus mentimun langsung pada area yang bermasalah, atau mencampurnya dengan madu dan lemon untuk diterapkan seperti masker. Biarkan selama 30 menit lalu bilas. Lakukan cara ini secara rutin 1x sehari.

6. Kulit jeruk: Campur bubuk kulit jeruk dengan susu dingin dan sedikit madu, aduk hingga merata dan membentuk pasta kental. Oleskan dengan lembut di atas kulit yang bermasalah, biarkan selama 30 menit lalu bilas.

7. Tomat, Oatmeal and Yogurt: Tomat bertindak sebagai pemutih alami. Yogurt juga bekerja sebagai pemutih alami dan memiliki sifa mengencangkan kulit dan oatmeal bekerja sebagai scrubber alami.

Caranya, peras jus tomat dan tambahkan 2 sendok teh oatmeal dengan 1/2 sendok teh yogurt. Terapkan campuran pada area kulit yang bermasalah, biarkan selama 20 mkenit lalu bilas.

Perawatan Over-The-Counter

Sebelum memilih perawatan pigmentasi dengan menggunakan over-the-counter, sebaiknya konsultasi dengan dokter karena ada beberapa hiperpigmentasi yang memerlukan perawatan khusus.

  • Skin lightening creams: Pada dasarnya penggunaan krim ini yaitu untuk memperlambat produksi melanin dan menguranginya. Carilah produk dengan kombinasi bahan dari susu kedelai, mentimun, azelaic acid, kojic acid atau arbutin.
  • Pengobatan topikal lain yang mengandung Retin-A atau alpha-hydroxy acids.

Mencegah Pigmentasi Kulit

  • Hindari paparan sinar matahari dan panas.
  • Tidak melakukan tanning bed.
  • Terapkan tabir surya ketika akan keluar ruangan dan gunakan baju lengan panjang serta topi. Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah dan mengurangi age spot atau bintik hitam.
  • Melakukan perawatan kulit harian seperti pembersihan, toning, pelembapan dan pengelupasan.

Tips untuk Hiperpigmentasi

  • Bintik hiperpigmentasi dapat terjadi karena perubahan hormon pada wanita hamil atau sedang mengonsumsi pil KB. Jika hormon adalah penyebab pigmentasi, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk solusi terbaik.
  • Post inflammatory Hyperpigmentation (PIH): Jenis ini terjadi karena cedera pada kulit, seperti psoriasis, luka bakar, jerawat dan lainnya. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya namun memerluka waktu yang cukup lama, sehingga sebaiknya bantu proses penyembuhan dengan perawatan chemical peeling, laser, dan lainnya.
  • Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga berbeda-beda juga perawatannya. Jadi pastikan untuk memilih perawatan yang sesuai dengan jenis kulit sehingga hasil yang didapat maksimal.

 

Nah ladies, sekian penjelasan mengenai hiperpigmentasi, jika kamu mengalami hiperpigmentasi kulit, sebaiknya langsung konsultasi dan melakukan perawatan di bawah pengawasan dokter.

Be Smart dan Be Beauty!!

 

Dapatkan perawatan terbaru, RAFA BB GLOW yaitu terapi pencerah wajah yang aman dan no downtime, cocok untuk semua jenis kulit.

RAFA BB GLOW memberikan manfaat:

  • Mengatasi warna kulit tidak merata
  • Menyamarkan bintik hitam, bekas jerawat, age spot
  • Alternatif terapi pigmentasi
Dapatkan dengan harga Rp. 750 rb dan Rp. 2 jt (Paket 4x)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s