21 Cara Bagi Wanita Menjadi Multitasker Terbaik

Saat ini wanita memegang peran penting di beberapa bidang seperti sains, teknologi, teknik dan lainnya. Hal ini tidak terlepas dari keahlian wanita dalam hal multitasking.

Penelitian menunjukan bahwa seorang wanita dapat menangani banyak tugas sekaligus dalam satu waktu. Seperti, seorang wanita yang memiliki peran sebagai seorang istri, ibu dan wanita karir. Mereka secara spontan dapat langsung menyelesaikan berbagai tugas sekaligus dengan sempurna.

Lalu bagaimana mereka dapat melakukannya? Berikut merupakan 21 cara bagaimana wanita menjadi seorang multitasker terbaik:

1. Mengatur

Mengatur waktu dan energi dengan seimbang dapat meminimalisir kekacauan. Buang setiap hal yang tidak penting atau mengganggu baik di lingkungan rumah atau tempat kerja.

2. Tidur

Para ahli merekomendasikan tidur 8 jam penuh tanpa gangguan setiap malam untuk mempertahankan gaya hidup sehat..

3. Memperhitungkan waktu tambahan

Selalu memperhitungkan waktu tak terduga ketika menjadwalkan kegiatan, janji bertemu dan lainnya. Beri waktu tambahan setidaknya 10 menit.

4. Membuat daftar

Gunakan buku catatan, aplikasi organisator atau sticky notes untuk menuliskan apa yang perlu dilakukan.

5. Prioritas

Luangkan waktu setiap pagi untuk memprioritaskan tugas apa saja pada hari itu dengan menggunakan sistem penomoran atau tanda sederhana.

6. Batasi cek email

Memeriksa email setiap lima menit adalah kurang produktif. Sebagai gantinya, cek dan tanggapi email masuk dua kali sehari bila ada waktu.

7. Cemilan

Makanlah makanan ringan yang sehat di antara waktu makan agar energi tetap segar, seperti makan sayur dan buah segar, serta crackers dan keju.

8. Gunakan gadget

Ponsel saat ini merupakan barang yang dapat membantu karena di dalamnya terdapat aplikasi organisator, seperti mencakup kalendar, task list, dan memo. Jadi ladies, untuk lebih efektif kamu dapat mengandalkan ponselmu.

9. Pesan Suara

Biarkan teman menelepon melewati voicemail atau pesan suara jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berbicara sekarang.

10. Gunakan ruang dengan bijaksana

Perlu diingat bahwa ruang adalah komoditas. Simpan semua barang yang dibutuhkan dengan mudah, seperti pena, kertas, telepon dan komputer.

11. Istirahat

Bila tubuh dan pikiran mulai terasa lelah, istirahatlah dengan mendengarkan musik, melakukan peregangan, minum dan makan makanan ringan untuk nenambah energi dan mengembalikan fokus.

12. Minum Air Putih

Selalu bawa botol berisi air saat melakukan pekerjaan untuk mengatasi dehidrasi, meningkatkan konsentrasi dan tentunya menjaga kesehatan.

13. Olahraga

Olahraga penting untuk dilakukan terutama jika menginginkan pola hidup sehat. Tambahkan setidaknya 20 menit untuk olahraga ringan sampai sedang dalam rutinitas sehari-hari. Kebanyakan orang yang rutin berolahraga mampu multitasking lebih efisien karena memiliki energi yang cukup untuk melakukan berbagai hal dalam satu waktu.

14. Keseimbangan

Setiap sedang melakukan tugas, jangan lupa untuk menambahkan hal yang menyenangkan untuk menjaga keseimbangan.

15. Menjaga Kebersihan

Ruangan yang bersih dapat membantu pekerjaan lebih efektif, oleh karena itu cobalah untuk “bersihkan setelah digunakan”, seperti mengusap wastafel setelah mencuci tangan atau wajah dan membuang atau menimbun surat kabar setelah dibaca.

16. Mempersiapan makanan

Mempersiapkan makanan, termasuk makanan ringan, pada setiap awal minggu sehingga tidak perlu lagi mempertimbangkan “makanan apa untuk malam ini?” dan tidak membuang waktu.

17. Membiarkan

Hindari merasa bersalah untuk mengkonsumsi sepotong kecil cokelat karena saat ini segalanya telah di moderasi.

18. Katakan Tidak

Ketahui keterbatasanmu sehingga kamu tidak mengigit lebih dari yang bisa di kunyah.

19. Pergunakan jaringan pendukung

Pergunakan lingkaran dukungan seperti dengan keluarga atau teman dekat untuk berbagi masalah, meminta saran atau hanya beristirahat.

20. Minta bantuan

Jangan takut untuk meminta bantuan atau menyerahkan tugas ketika ada hal-hal yang tidak dapat diatasi sendiri.

21. Menempatkan diri sendiri terlebih dahulu

Wanita multitasking yang sukses selalu menempatkan dirinya terlebih dahulu sehingga dapat mengerjakan pekerjaan lain dengan lebih baik.

http://www.sheknows.com

Nah ladies, menjadi wanita multitasking merupakan hal yang baik namun kamu perlu memprioritaskan keselamatan. Contohnya seperti jangan sibuk dengan ponsel ketika berkendara.

Be Smart!

 

Banyak hal yang dapat menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri” – R.A Ajeng Kartini

Selamat Hari Kartini 21 April 2017 Sahabat Rafa 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s