KNOW MORE ABOUT COMEDO

Komedo merupakan istilah medis untuk suatu jenis masalah kulit yang merupakan dampak dari pori tersumbat. Sebagian atau seluruh pori yang tersumbat dapat menyebabkan pembentukan blackhead atau whitehead. Komedo berhubungan dengan jerawat dan noda hitam. Komedo tunggal atau dalam jumlah kecil belum tentu dikategorikan seperti jerawat dan terkadang disebut comedonal acne.

Apa yang menyebabkan komedo?

Penyebab utama dari komedo adalah penyumbatan pada pori kulit. Kulit sendiri terdiri dari jutaan pori-pori di mana rambut bertumbuh. Tepat di bawah kulit, di setiap pori, terdapat kelenjar atau biasa disebut kelenjar sebaceous (kelenjar minyak).

Kelenjar sebaceous menyediakan nutrisi bagi rambut dan kulit serta mencegah dari kekeringan. Hal ini dilakukan dengan mensekresi cairan berminyak yang disebut sebum, yang bila dikeluarkan secara normal, tidak menyebabkan masalah kulit.

Namun, ketika sebum diproduksi secara berlebihan, karena fluktuatif hormon atau faktor lainnya. Kondisi ini dapat semakin parah dan menyebabkan pori tersumbat dengan sel kulit mati atau zat lain, seperti kotoran atau makeup.

Dengan kondisi tersebut sebum tidak memiliki kemampuan untuk mengalir secara alami melalui pori terbuka. Hal inilah yang membuat timbulnya komedo.

 

Hormon & Komedo

Kebanyak orang cenderung mendapatkan komedo yang lebih menonjol selama masa pubertas. Laki-laki atau perempuan sama-sama memiliki perubahan hormon yang berarti bahwa kelenjar sebaceous bekerja lebih dan memproduksi sebum berlebihan yang mengakibatkan kulit berminyak.

Tidak sedikit remaja yang mengalami kulit berminyak dan dalam beberapa kasus ada yang lebih ekstrim, dimana produksi sebum overdrive sehingga menimbulkan masalah kulit yang lebih parah dari jerawat.

Sangat bijaksana jika langsung mendapat saran medis sejak dini untuk mengurangi resiko jaringan parut atau kondisi kulit lainnya.

Meskipun komedo umum dikalangan remaja, namun juga dapat terus berlanjut hingga dewasa. Penyebab utamanya yaitu ketidakseimbangan hormon. Namun tenang ladies, karena ada banyak perawatan untuk mengatasi komedo.

 

Adult Hormonal Acne

Jerawat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon ketika dewasa ini dapat dipicu karena mengkonsumsi obat-obatan yang menganggu hormon lainnya, seperi perawatan steroid yang memiliki efek pada tingkat hormon tubuh. Jadi jika kamu mendapati komedo karena ada hubungannya dengan pengonsumsian obat, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mengurangi resiko yang lebih serius.

 Jerawat & Kehamilan

Bagi wanita dewasa, timbulnya jerawat juga dapat terjadi selama kehamilan karena ketidakseimbangan hormon ketika hamil dapat menyebabkan produksi sebum berlebihan. Hal ini biasanya paling menonjol dalam 3 bulan pertama masa kehamilan.

Untungnya, pada kebanyakan wanita hal ini akan semakin berkurang setelah trimester pertama karena tubuh akan menyesuaikan dengan perubahan dan membawa hormon ke tingkat yang normal.

Selain kehamilan, saat menstruasi juga menyebabkan kulit lebih berminyak dari biasanya dan dapat memicu timbulnya jerawat.

So ladies, sebaiknya lakukan pencegahan dengan membantu kulit tetap sehat dan bersih.

Pilihan Perawatan Untuk Komedo

 Systemic Treatments – Mengatasi dari dalam

Tujuan untuk mengurangi produksi sebum merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi dan mencegah komedo. Jika tujuan ini tidak dimasukkan dalam langkah pengobatan berarti hal lainnya hanya sebagai bantuan saja. Kamu perlu mengobati dengan mengubah bagaimana tubuh menimbulkannya. Jika tubuh memproduksi sebum yang berlebihan, tidak ada krim topikal atau cleansing system yang dapat menghentikannya.

Topical Treatments – Sederhana dan efektif

Bagian kedua dari pilihan perawatan yaitu menggunakan metode pengobatan jerawat dengan cara lebih tradisional dan sederhana. Cara ini mungkin tidak menunjukan hasil yang cepat, namun merupakan cara yang efektif.

 

Mengapa Komedo Terus Kembali Muncul?

Komedo lebih mudah untuk diatasi daripada jerawat, namun terkadang juga mudah untuk datang kembali. Berikut merupakan tips untuk mencegah komedo datang kembali:

1.    Bersihkan dengan benar

Cegah komedo dengan mengikuti pembersihan rutin 2x sehari. Pastikan gunakan pembersih khusus jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Kuncinya yaitu mulailah dari persentase terendah dan lihat apakah kulit dapat mentolerir tanpa muncul reaksi kulit memerah atau kering. Bersihkan wajah atau area dimana komedo paling sering muncul, gunakan gerakan kecil melingkar saat membersihkan kulit wajah. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

2.    Gunakan produk perawatan kulit

Menggunakan produk perawatan kulit terbukti mengusir komedo.

  • Scrub yang lembut dengan kandungan salicylic acid membantu menyingkirkan komedo dengan mengelupaskan sel kulit mati.
  • Masker dari bahan tanah liat untuk membantu mengontrol produksi minyak.
  • Masker dari bahan sulfur karena dapat menekan bakteri yang menyebabkan komedo terus bermunculan.
  • Menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan retinol untuk mencegah pori tersumbat serta dapat mencerahkan kulit.
3.    Prosedur Ekstraksi

Ekstraksi merupakan teknik yang tepat untuk mengatasi komedo. Namun jika  dilakukan dengan tidak benar dan tidak tuntas dapat menyebabkan komedo datang kembali. Oleh karena itu sebaiknya lakukan ekstraksi komedo bantuan Beauty Therapys profesional di Klinik Kecantikan.

4.    Dapatkan Bantuan

Jika komedo sudah terlalu dalam dan selalu muncul meskipun telah melakukan cara apapun, sebaiknya kunjungi dokter Aesthetic untuk mendapatkan solusi yang tepat.

5. Rafa Accure

Rafa Accure merupakan prosedur non-bedah yang menggunakan gelombang laser. Prosedur ini dapat membantu mengatasi jerawat aktif, mengurangi sekresi minyak, mengurangi komedo, membantu  peremajaan kulit, mencerahkan dan mengecilkan pori.

http://www.clearskinstudy.com

http://www.livestrong.com

 

So ladies, itulah penyebab, cara mengatasi dan mencegah komedo untuk datang kembali. Komedo memang masalah yang sederhana namun dapat berdampak besar jika dibiarkan. Sebaiknya segera atasi komedo, selain mencegah terbentuknya jerawat dan masalah kulit lainnya juga menjaga kebersihan kulit.

 

Stay Beauty!!

 

Dapatkan PAKET HEMAT ACNE (Laser 2x dan Chemical Peel 2x) hanya Rp. 2 Jutaan dan Happy Hour Diskon 20% Treatment Non Medis hanya di Rafa Clinic!!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s