Apa Penyebab Crow’s Feet?

Crow’s feet – Garis halus yang muncul di sudut mata ini merupakan salah satu tanda penuaan yang pertama terbentuk dan biasanya muncul pada awal 30an. Crow’s feet adalah kerutan dinamis, yang berarti sering tampak ketika terjadi kontraksi otot pada wajah seperti ketika tersenyum.

Banyak faktor yang berperan menyebabkan crow’s feet termasuk paparan sinar matahari, gerakan berulang menyipitkan mata, merokok, atau penuaan (menopause).

Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut penyebab terbentuknya crow’s feet:

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari mungkin yang paling butuh perhatian, karena dari waktu ke waktu, radiasi sinar matahari atau UV dapat menyebabkan kerusakan elastin dan kolagen sehingga muncul kerutan dan kulit kendur.

Semakin banyak pigmen alami yang miliki kulit, semakin juga terlindungi dari paparan sinar UV. Inilah sebabnya mengapa orang dengan kulit lebih gelap cenderung lebih sedikit memiliki crow’s feet dibandingkan dengan kulit yang lebih terang.

Gerakan berulang menyipitkan mata

Menyipitkan mata secara berulang memberikan kesempatan terbentuknya crow’s feet, hal ini disebabkan karena kontraksi otot disekitar mata yang terlalu sering. Crow’s feet berada diatas otot besar yang mengelilingi mata atau disebut ocularis orbis. Ketika menekan mata dengan kuat maka akan terjadi kontraksi sehingga membentuk kerutan yang memancar dari sudut mata hingga pelipis.

 Merokok

Merokok menyebabkan kerutan dengan merusak kolagen dan elastin serta dengan melepas kulit dari aliran darah dan oksigen. Hal ini juga memberikan kontribusi untuk kerutan dinamis karena gerakan menyipitkan mata untuk menjaga asap jauh dari mata.

Penuaan (Menopause)

Estrogen membantu mencegah kerutan dengan menjaga produksi kolagen, elastisitas, dan kulit tetap terhidrasi. Produksi estrogen akan menurun ketika mulai memasuki masa menopause sehingga berpotensi memperburuk kondisi kerutan. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita kehilangan 1-2% kolagen setiap tahun setelah menopause. Namun jangan khawatir, karena dengan melakukan terapi penggantian hormon dapat membantu menjaga ketebalan, elastisitas kulit dan menimalisir tampilan kerutan.

 

thedermblog.com

Nah ladies, itulah beberapa faktor yang menyebabkan kerutan. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengatasi crow’s feet atau kerutan di sudut mata sebaiknya langsung dapatkan jawaban dari konsultasi dengan dokter Aesthetic. 🙂

Life is about choice:)

Dapatkan PAKET HEMAT CANTIKMU (Filler + Mesotherapy) hanya  Rp. 4jutaan di Rafa Clinic!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s