Mengapa Wanita Lebih Rentan Mengalami Jerawat?

Jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan karena produksi sebum berlebihan, sehingga menyumbat pori dan menyebabkan peradangan. Jerawat kerap kali dialami oleh banyak orang, selain itu muncul juga kesalahpahaman mengenai bahwa jerawat hanya dialami ketika remaja.

Namun, menurut Dr. Julie Harper, seorang profesor dematologi dari University of Alabama di Birmingham yang melakukan penelitian untuk menentukan bahwa jerawat juga muncul pada laki-laki dan wanita dewasa, mengatakan “Temuan kami menunjukan bahwa jerawat merupakan masalah kulit yang dapat terus menerus menyerang dari segala usia, namun wanita lebih terpengaruh dibandingkan pria ketika kita meneliti beberapa orang dengan usia 20 tahun ke atas”. Menurut hasil penelitian, hal ini disebabkan karena fluktuasi hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi dan menopause.

Untuk saat ini, penelitian lebih lanjut masih perlu untuk diverifikasi kebenarannya. So ladies, sebaiknya cegah jerawat dengan selalu menjaga kesehatan kulit.

DO’s and DON’T’s

  • Hindari Mengkonsumsi Telalu Banyak Gula

Gula dapat memperburuk jerawat karena meningkatkan hormon yang merangsang produksi sebum dan pertumbuhan sel kulit mati.

  • Carilah produk perawatan kulit dan suplemen yang mengandung Alpha Lipoic Acid.

Alpha lipoic acid merupakan antioksidan alami yang memiliki sifat unik dari kelarutan air dan lemak yang dapat meminimalisir kondisi jerawat dan membantu mengatasi kulit wajah yang kendur.

  • Hati-hati ketika melakukan home remedies dengan bahan lemon, jeruk nipis, peppermint, kayu manis dan witch hazel karena dapat mengiritasi kulit.
  • Membaca label pada produk kecantikan kulit sebelum membeli dan menggunakannya. Bahan-bahan yang direkomendasikan untuk membantu dalam pengobatan dan pencegahan jerawat yaitu salicylic acid, sulfur atau benzoyl peroxide.
  • Pertimbangkan untuk mendapatkan perawatan jerawat dari seorang profesional. Mereka dapat mempersiapkan kulit untuk diekstraksi tanpa menyebabkan iritasi, kerusakan kulit atau memperparah jerawat.
  • Mengatur stress dengan mencoba melakukan beberapa latihan meditasi atau yoga. Stress yang dipicu oleh pelepasan hormon dalam sistem kekebalan tubuh dan saraf berpotensi menyebabkan jerawat.

Berikut merupakan tips untuk perawatan jerawat:

  • Hindari memencet atau menyentuh jerawat. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah jaringan parut.
  • Bersihkan wajah 2x sehari dengan facial wash yang lembut dan air hangat. Hindari menggosok karena dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat lebih parah.
  • Carilah produk perawatan kulit dengan tulisan “noncomedogenic” pada label.
  • Gunakan kosmetik oil free.
  • Jauhkan rambut dari wajah dan keramas setiap hari.

 

So ladies, meskipun hormon berperan besar dalam pembentukan jerawat (terutama bagi wanita) bukan berarti jerawat tidak dapat diatasi atau dicegah. Jika produk perawatan kulit atau home remedies tidak membantu dalam mengatasi jerawat, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

http://www.consumerhealthdigest.com

Stay Beauty!

 

Dapatkan PAKET ACNE HEMAT (Laser 2x dan Chemical Peel 3x) hanya Rp. 2 Jutaan!!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s