Apakah Pelembab Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen?

Kamu tentunya pernah melihat “kolagen” dalam bahan baku yang terkandung dalam produk pelembab, terutama pelembab yang khusus untuk perlindungan anti-penuaan. Namun apakah kamu pernah bertanya-tanya apa itu kolagen?

Apa itu Kolagen?

Kolagen merupakan protein alami dalam tubuh, yang memproduksi sebagian besar dari lapisan kulit tepat di bawah permukaan dan menjaga kulit tetap lembab. Anggap saja seperti bantal, yang menjaga bagian luar kulit  yang halus. Kolagen juga bertanggung jawab untuk sejumlah fungsi lainnya yaitu:

  • Membantu menjaga kekuatan dan elastisitas kulit, sehingga dapat meregang dan kembali ke bentuk aslinya.
  • Kolagen ini bertanggung jawab untuk pergantian sel-sel kulit mati, kolagen membantu membentuk jaringan fibrosa, yang memungkinkan menumbuhkan sel-sel baru.
  • Kolagen memberikan struktur dan ketegasan pada kulit.
  • Kolagen membantu kulit tetap kencang, sehat, dan halus.

 

Jika kolagen tetap stabil, maka tidak akan ada masalah pada kulit. Namun, seiring bertambahnya usia maka produksi kolagen secara alami akan melambat dan berkurang, kehilangan elastisitasnya. Kolagen yang menjadi lebih tipis dapat menimbulkan masalah kulit seperti garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

Bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen?

Pelembab dapat menghidrasi permukaan kulit dan mengurangi tampilan garis halus atau kerutan. Tetapi, menggunakan pelembab saja tidak cukup, oleh karena itu mengapa kamu perlu mencari bahan dalam pelembab yang dapat meningkatkan kolagen secara spesifik , seperti ini:

  • Alpha-hydroxy acids (AHA) dapat menembus kulit dan mengangkat sel kulit mati untuk merangsang pertumbuhan sel baru yang lebih sehat. Selain meningkatkan produksi kolagen, AHA juga meningkatkan penyerapan kolagen kulit.
  • Antioxidants sama seperti vitamin A dan E bekerja untuk melawan radikal bebas yang memecah protein kolagen dalam tubuh. Antioksidan menetralisir radikal bebas, yang memungkinkan produksi kolagen terus menerus.
  • Retinoids membantu mencegah munculnya kolagenase (enzim yang memecah kolagen) terutama setelah terpapar sinar matahari.

 

So ladies, itulah beberapa bahan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Setelah mengetahuinya, ada baiknya jika langsung dipraktekan. Selain menggunakan produk kecantikan kulit, penting juga untuk selalu menggunakan tabir surya, mengatur pola makan, berolahraga dan selalu tidur cukup setiap malamnya.

http://www.skinmatters.com.ph

Stay Beauty!

 

Dapatkan PROMO PAKET HEMAT ( Filler + Mesotherapy) hanya Rp. 4 Jutaan!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s