5 Beauty Treatment Yang Tidak Dapat Dilakukan Saat Menstruasi

Perawatan rutin mingguan seperti facial, manikur, pedikur atau waxing, bagi kebanyakan wanita telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Bagi yang sudah rutin dan terbiasa melakukan perawatan mingguan mungkin tidak perlu berpikir dua kali untuk langsung mendapat perawatan.

Namun ladies, ternyata ada hal yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu ketika menstruasi. Wanita mengalami tiga siklus hormon utama bulanan: estrogen, progesteron, dan testosteron, yang semua mempengaruhi kulit secara berbeda,” jelas Erica Cerpa, Pendiri EC Beauty Studio & Spa di Hoboken, NJ. Sebelum menjadwalkan perawatan, sangat penting untuk memahami siklus menstruasimu terlebih dahulu.

Berikut merupakan beberapa beauty treatment yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi:

1. Facial

Banyak orang yang mempercayai bahwa mendapatkan facial saat menstruasi merupakan ide yang sangat buruk. “Banyak wanita yang membuat kesalahan dengan tetap melakukan facial saat menstruasi”. Mengapa? Hal ini karena kulit akan lebih sensitif dan rentan merasakan sensasi terbakar, ujar Cerpa.

Sebaliknya, 10-14 hari sebelum menstruasi merupakan saat terbaik untuk mendapatkan facial karena dapat membantu mencegah jerawat. Selama 2 minggu pertama dari siklus menstruasi, hormon estrogen yang paling mendominasi, selanjutnya hormon progesteron akan meningkat, hal inilah yang memicu produksi sebum berlebihan dan menyumbat pori sehingga menyebabkan peradangan (jerawat).

2. Laser Hair Removal

Karena kulit akan menjadi lebih sensitif ketika menstruasi, oleh karena itu sebaiknya jadwalkan perawatan laser hair removal atau therapy laser lainnya 1 minggu setelah menstruasi. Namun, efektivitas treatment tidak berfluktuasi dari minggu ke minggu. Faktor yang paling penting yaitu tahap pertumbuhan rambut yang harus dalam fase anagen (ketika pigmen dalam folikel paling gelap)

3. Exfoliating

Exfoliate merupakan perawatan kulit yang membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Perawatan ini biasanya dilakukan 2 kali per minggu. Namun ladies, sebaiknya hindari sebelum dan selama masa menstruasi. Hal ini karena kulit menjadi lebih sensitif sehingga berpotensi menyebabkan kemerahan dan iritasi. Ada waktu yang dimana pengangkatan sel kulit mati baik dilakukan yaitu setelah menstruasi dan 14 hari setelahnya.

4. Hydrating mask

Sebaiknya hindari menggunakan hydrating mask selama masa menstruasi. Mengapa? karena saat menstruasi, kulit akan memproduksi sebum tambahan.

Nah ladies, biasanya setelah menstruasi kulit akan tampak lelah dan kusam, oleh karena itu menggunakan hydrating mask sebaiknya dilakukan setelah masa menstruasi, selain menyehatkan juga membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin kembali.

5. Waxing

Sama halnya seperti facial atau hair removal, melakukan waxing saat menstruasi sebaiknya juga dihindari karena berpotensi menyebabkan memar.

 

So ladies, selain perawatan rutin dan melakukan pola hidup yang lebih sehat, teliti serta hati-hati juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Setelah mengetahui beauty treatment apa saja yang berdampak buruk jika dilakukan pada saat menstruasi ada baiknya jika kita mulai memperhatikan siklus menstruasi dengan jadwal perawatan rutin kita.

www.msn.com

Be smart, be beauty!

 

Jangan lewatkan “HAPPY HOURS” diskon 20% Treatment Non Medis!!

Dapatkan informasi dengan “Add BBM” 5B5A749C atau “Whatsapp” 087722256565 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s