Warna Kulit Tidak Merata? Don’t Worry!

Warna kulit yang tidak merata kerap kali membuat rasa percaya diri menurun. Hal ini biasanya muncul pada bagian kulit tertentu seperti wajah, leher, lengan bahkan kaki. Warna kulit tidak merata disebabkan oleh faktor umum, salah satunya yaitu polusi, paparan sinar UV dan stress.

Selain itu ada beberapa penyebab warna kulit tidak merata lainnya. Penyebab paling umum yaitu:

  • Terpapar sinar matahari telalu lama: Hal ini menyebabkan produksi melanin berlebih pada kulit, yang mengarah pada timbulnya bintik hitam atau garis cokelat (terutama jika memakai kacamata).
  • Masalah hormonal: Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan munculnya bintik hitam di wajah, terutama karena produksi sebum berlebih di beberapa bagian wajah.
  • Jerawat: Kebiasaan memencet jerawat kerap kali dilakukan oleh banyak orang. Hal inilah yang menyebabkan bekas jerawat muncul. Bekas jerawat dapat berupa jaringan parut atau hanya bintik hitam dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkannya.
  • Hiperpigmentasi:Hiperpigmentasi mungkin terjadi karena ketidakseimbangan hormon atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Hiperpigmentasi pada kulit dapat berupa bintik hitam, dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan hiperpigmentasi semakin gelap dan bersifat permanen

 

Nah ladies, itulah beberapa penyebab warna kulit tidak merata dan bagaimana efeknya jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, berikut merupakan solusi alami untuk mengatasinya:

 1. Baking soda

Baking soda merupakan bahan alami yang banyak memiliki manfaat seperti memutihkan gigi, mempermudah membersihkan piring yang kotor atau menghilangkan noda pada pakaian dan juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit.

Baking soda merupakan bio-exfoliator yang menakjubkan. Jika digunakan sebagai scrub, dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terasa kenyal dan segar. Hal ini berhubungan dengan hiperpigmentasi, bekas jerawat dan warna kulit tidak merata.

Caranya: Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air secukupnya untuk membuat masker. Terapkan campuran tersebut pada wajah, biarkan selama 3 menit kemudian gosok perlahan dengan ujung jari lalu bilas dengan air. Ulangi cara ini setidaknya 1x seminggu.

2. Pepaya

Pepaya memliki sifat bleaching yang dapat membantu meratakan warna kulit, terutama jika kamu memiliki masalah hiperpigmentasi. Mengkonsumsi pepaya dengan rutin dapat menjadi solusi yang lebih baik atau menerapkan pepaya pada wajah.

Caranya: Potong pepaya lalu gosokan perlahan pada wajah, biarkan beberapa menit lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan yang sangat baik untuk meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak cerah. Yoghurt memiliki sifat exfoliating dan bleaching yang tidak hanya mengatasi pigmentasi kulit juga membantu menyamarkan bintik hitam dan bekas luka.

Caranya: Campurkan 1 sendok makan yoghurt organik, plain dan tidak berwarna dengan  1 sendok makan air. Oleskan campuran ini pada seluruh permukaan wajah dan leher, biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Kunyit

Kunyit merupakan color corrector yang menakjubkan. Sebagian besar bekas luka, hiperpigmentasi atau bahkan warna kulit yang tampak lebam dapat diatasi dengan menggunakan kunyit.

Caranya: Campur kunyit yang telah berbentuk pasta dengan sedikit madu dan susu. Terapkan campuran tersebut pada wajah dan leher. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Ulangi setidaknya 1x seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Lemon

Lemon dikenal karena sifat bleaching yang sangat baik, sehingga bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit dengan menyamarkan bintik hitam dan bekas luka.

Caranya: Campur jus lemon dengan madu. Terapkan campuran tersebut pada wajah setidaknya 3x seminggu. Kamu pun dapat menggunakannya sebagai toner, dengan mencampurkan jus lemon dan air, lalu masukan dalam botol semprot. Terapkan setiap pagi dan malam untuk hasil yang maksimal.

6. Tepung

Selain baking soda, tepung juga merupakan bio-exfoliator yang menakjubkan dan juga memiliki sifat pencerah kulit.

Caranya: Campurkan beberapa gram tepung dengan 1 sendok teh jus lemon dan beberapa sendok makan susu, campur hingga merata membentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher, kemudian gosok lembut wajah menggunakan jari dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini seminggu 2x untuk hasil maksimal.

7. Susu

Susu dikenal memiliki sifat mencerahkan dan melembutkan kulit. Untuk mengurangi pigmentasi dan bintik hitam, kamu perlu menggunakan susu segar yang belum diproses.

Caranya: Celupkan bola kapas ke dalam susu dan terapkan pada wajah setiap malam sebelum tidur. Biarkan susu beberapa waktu lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan ini setiap malam selama sebulan untuk kulit lembut, lentur dan terbebas dari pigmentasi kulit.

8. Mentimun

Mentimun dapat mengikat kolagen. Sehingga kulit menjadi kencang, kenyal, bebas dari pigmentasi dan warna kulit tidak merata.

Caranya: Campur setengah bagian jus mentimun dan jus lemon. Terapkan pada wajah, biarkan 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Oleskan campuran ini sekali sehari, setiap hari, setidaknya selama beberapa bulan untuk hasil yang maksimal.

9. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki enzim untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terasa lembut dan bersih.

Caranya: Campur madu, air jeruk nipis, susu bubuk dan almond yang telah direndam hingga merata. Terapkan sebagai scrub/ masker untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan lembut.

10. Scrub minyak kepala, gula dan jeruk nipis

Minyak kelapa merupakan pelembab yang sangat baik, jeruk nipis memiliki sifat bleaching, dan gula merupakan exfoliator yang sangat baik. Jadi mencampurkan ketiga bahan tersebut dapat menghasilkan scrub wajah yang menakjubkan.

Caranya: Campur minyak kelapa, gula dan air jeruk nipis dan menerapkannya pada wajah dan leher. Kemudian gunakan ujung jari untuk mengosok lembut wajah beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Terapkan cara ini setidaknya 2x seminggu selama sebulan untuk hasil yang maksimal.

 

So ladies, itulah 10 solusi alami untuk membantu meratakan warna kulit. Selain itu, ada beberapa pilihan alternatif lainnya untuk mengatasi warna kulit tidak merata dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapat solusi yang terbaik.

Disamping terus melakukan perawatan pada kulit, pola hidup juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Sumber: http://www.newlovetimes.com

Stay Healthy, Stay Beauty!

 

RAFA BB GLOW (Sulam Bedak)

Merupakan terapi pencerah wajah wajah yang aman dan no down time! Memberikan manfaat  untuk mengatasi warna kulit tidak merata, menyamarkan bintik hitam bekas jerawat dan alternatif terapi hiperpigmentasi.

Hanya Rp. 750rb dan Rp. 2,5jt (untuk paket 4x) di Rafa Clinic!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s