PIMPLE vs ACNE

Pimple dan Acne merupakan dua masalah kulit yang kerap kali dialami oleh banyak orang, Pimple dan Acne muncul karena beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon atau pola makan yang tidak tepat.

Meskipun termasuk dalam kategori masalah kulit yang sama, Pimple dan Acne memiliki perbedaan. Pimple merupakan jenis lesi atau peradangan kulit sedangkan Acne merupakan kondisi kulit kronis yang terjadi karena folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum (minyak alami kulit).

Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara Acne dan Pimple:

Apa itu Pimple?

Pimple merupakan pustule atau papule kecil yang disebabkan karena produksi sebum berlebihan yang menyebabkan pori tersumbat dan terinfeksi sehingga menghasilkan lesi merah, bengkak dan penuh nanah.

Papule atau pustule ini biasanya muncul pada wajah, leher, punggung dan bahu. Kondisi ini mungkin lebih terjadi selama masa pubertas karena terjadi perubahn hormon secara tiba-tiba dalam tubuh yang mengakibatkan peningkatan produksi sebum.

Selain itu, faktor lingkungan dan bakteri memiliki pengaruh besar karena dapat menyebabkan infeksi sehingga kondisi pimple menjadi lebih buruk.

Menurut penelitian terbaru, sekitar 80% dari remaja yang mengalami jerawat dan umumnya adalah perempuan.

Meskipun pimple tidak berpengaruh buruk pada kesehatan dan tidak mengakibatkan komplikasi parah, namun sebaiknya tetap atasi jerawat dengan mencari saran medis sebelum jerawat menjadi semakin parah dan menyebabkan masalah psikologis seperti tidak percaya diri, menghindari interaksi sosial dan lainnya.

Berikut merupakan tips untuk membantu mengurangi atau mengontrol pimple:

  • Mengkonsumsi makanan yang seimbang
  • Mencuci wajah 2x sehari dan tetap terhidrasi dengan baik
  • Hindari menyentuh atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan jaringan parut yang mendalam.
  • Hindari menggunakan makeup dan krim wajah yang mengandung bahan yang keras dan asam.
  • Bersihkan makeup dengan benar, sebaiknya menggunakan pembersih.
  • Menjaga kebersihan diri yang baik.

Bahan seperti resocinol dan salicylic acid dikenal merupakan bahan yang baik untuk mengatasi jerawat. Bahan ini dapat ditemukan dengan mudah dalam gel, cream, lotion atau sabun. Sangat penting untuk menggunakannya dalam pengawasan dokter karena memiliki efek samping seperti alergi, iritasi kulit, kulit kering, kemerahan atau sensasi terbakar.

Apa itu Acne?

Acne adalah kondisi kulit kronis yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat dengan sel kulit mati dan sebum, yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous.

Sama seperti Pimple, Acne umum terjadi di kalangan remaja karena perubahan hormonal dan peningkatan produksi androgen selama pubertas, faktor genetika dapat menjadi penyebab utama Acne. Selain itu, bakteri yang dikenal dengan “Propionibacterium Acne” dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Acne biasanya muncul pada wajah, bagian atas dada dan punggung. Seseorang yang mengalami kondisi kulit ini akan sering memiliki jenis jerawat komedo, papula, pustula, nodul dan jaringan parut dimana warnanya akan bervariasi sesuai dengan corak kulit.

Mengubah gaya hidup menajdi lebih sehat, melakukan Acne Treatment (laser, chemical peeling) atau menggunakan obat merupakan cara terbaik untuk mengatasi Acne. Mengurangi konsumsi makanan manis, minuman berkarbonasi dan minyak juga sangat dianjurkan.

Jika penyebab utama yang diduga yaitu infeksi, antibiotik dan retinoid akan menjadi perawatan tepat yang tersedia dalam penggunaan topikal dan oral.

Perbedaan Antara Acne dan Pimple

Definisi:

Pimple merupakan jenis lesi atau peradangan kulit.

Acne Vulgari, juga dikenal sebagai Acne, adalah kondisi kulit kronis yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat dengan sel kulit mati dan sebum.

Etiologi: 

Pimple biasanya muncul karena penyumbatan dalam pori kulit, sedangkan Acne merupakan hasil karena stimulasi peningkatan androgen. Selain itu, Pimple tidak selalu genetik sedangkan Acne dapat disebabkan karena faktor genetik.

Nah ladies, itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan Pimple dan Acne, namun jika kamu masih ingin mengetahuinya lebih lanjut sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter. 🙂

Stay Beauty!

 

Dapatkan PROMO HEMAT ACNE (Paket Laser 2x dan Chemical Peel 3x) hanya 4jutaan di Rafa Clinic!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s