Makanan Untuk Atasi Jerawat

Pada tahun 2010, peneliti tidak menyangka bahwa makanan dapat mempengaruhi jerawat. Dilansir dari sebuah artikel dalam Scientific Journal Skin Therapy Letter melaporkan hasil dari 27 studi analisis, 21 studi observasional dan 6 uji klinis. Para ilmuan menemukan bahwa asupan susu sapi meningkatkan prevalensi jerawat dan tingkat keparahan serta makanan dengan tingkat glisemik tinggi dapat menyebabkan resiko jerawat.

Hasil penelitian pada tahun 2007 oleh peneliti asal Australia, pria muda usia antara 15 dan 25 dengan jerawat ringan hingga sedang mengalami perubahan setelah mengganti kebiasaan mengkonsumsi roti putih dan sereal dengan makanan yang sehat seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, sayur dan buah.

Nah ladies, jika kamu tertarik untuk mengubah pola makan untuk mendapatkan kulit bebas dari jerawat, berikut merupakan beberapa rekomendasi makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari:

Makanan untuk dihindari

1. Susu sapi: Penelitian tahun 2010 menemukan hubungan antara susu sapi dan jerawat, meskipun ilmuan belum yakin namun ada beberapa teori yang mendukung yaitu:

  • Susu sapi dapat memperngaruhi gula darah yang dapat meningkatkan peradangan
  • Susu sapi dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat meningkatkan produksi sebum.
  • Hormon pertumbuhan dalam susu dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit sehingga berpotensi menyumbat pori.

2. Gula: Gula yang disiapkan dalam bentuk apapun bisa meningkatkan hormon tertentu sehingga menyebabkan jerawat. Makanan manis bersifat meningkatkan kadar gula darah, yang akhirnya bisa memicu jerawat.

3. Makanan Tinggi Glisemik:Roti putih, sereal, nasi putih, keriping kentang merupakan makanan tinggi glisemik yang meningkatkan kadar insulin dan gula darah. Makanan tersebut memicu fluktuasi hormon dan peradangan sehingga menyebabkan jerawat.

4. Junk food:Sama halnya seperti makanan yang tinggi glisemik, junkfood dapat menyebabkan fluktasi hormon dan meningkatkan kadar gula darah.

 5. Makanan siap saji:Makanan siap saji dan berminyak dapat menciptakan peradangan dalam tubuh dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Makanan untuk dikonsumsi

1. Makanan tinggi Omega 3: Berbeda dengan asam lemak omega 6 yang terkait dengan peradangan, asam lemak omega 3 justru dapat membantu meringankan peradangan dan mencegah jerawat. Dapatkan asupan omega 3 dalam ikan, kenari, biji rami dan lainnya.

2. Teh Hijau: Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengatasi stress yang datang dari lingkungan sekitar atau suasana hati. Minumlah lebih banyak teh hijau di hari-harimu.

3. Tiram: Beberapa penelitian menunjukan bahwa zat besi dapat mengurangi efek dari jerawat. Tiram, hati sapi, biji labu atau semangka kering merupakan sumber baik dari zat besi.

4. Buah dan SayurMengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur dapat membantu membersihkan jerawat. Sayur dan buah yang mengandung beta karoten dapat secara alami membantu mengurangi produksi sebum Sayuran berdaun hijau gelap juga membantu membersihkan kotoran dari tubuh yang dapat menyebabkan jerawat.

 5. Probiotik: Probiotik dapat mengurangi peradangan dalam usus dan membantu mengurangi jerawat. Menurut penelitian 2011 mikroflora usus dapat mempengaruhi peradangan di seluruh tubuh dimana juga dapat menyebabkan jerawat. Untuk mendapatkan lebih banyak probiotik cobalah mengkonsumsi yoghurt, dark chocolate, acar, kimchi dan teh kombucha.

Itulah beberapa beberapa makanan yang baik dikonsumsi dan perlu dihindari untuk mengatasi masalah jerawatmu. Selain dari makanan, pola hidup yang sehat dan perawatan kulit rutin juga penting dilakukan untuk mengatasi dan mencegah jerawat.

http://www.annmariegianni.com

Stay Beauty 🙂

Dapatkan Paket Acne Hemat hanya 2 jutaan di Rafa Clinic!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s