10 Gaya Hidup Untuk Mengatasi Jerawat

Munculnya jerawat di wajah merupakan mimpi buruk bagi setiap wanita. Sehingga mereka rela melakukan banyak hal untuk mengatasi jerawat seperti mencoba perawatan alami di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami atau melakukan perawatan di Klinik Kecantikan.

Jerawat merupakan masalah kulit umum yang dialami oleh kebanyakan orang, namun jika tidak diatasi dengan benar akan menyebabkan masalah kulit yang lebih parah. Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah utama yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam perawatan jerawat. Selain itu ladies, mengatasi jerawat perlu juga didukung oleh gaya hidup yang sehat.

So, berikut merupakan gaya hidup yang dapat membantu mengatasi jerawat:

1.     Tidur yang cukup

Dilansir dari penelitian, kurang tidur dapat meningkatkan resiko stress 14%, lalu apa hubungannya dengan jerawat?

Stress meningkatkan produksi glukokortikoid yaitu golongan hormon steroid yang memberikan pengaruh terhadap metabolisme nutrisi serta dapat menyebabkan kelainan pada struktur dan fungsi kulit sehingga membuat jerawat lebih parah. Oleh karena itu sebaiknya tidur cukup selama 7 jam setiap malamnya.

2.    Pola Makan

Beberapa makanan dapat menyebabkan gula darah meningkat dan memicu dorongan insulin.Terlalu banyak insulin dalam alirah darah dapat menyebabkan pertumbuhan pori-penyumbatan sel. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi sebum.

Nah, sebaiknya buatlah beberapa perubahan pada pola makan seperti lebih sering mengkonsumsi sayur, buah dan kacang-kacangan serta hindari mengkonsumsi nasi putih, roti putih dan gula terlalu banyak.

3.    Berolahraga

Olahraga dapat membantu mengatasi stress, yang mana penyebab timbulnya jerawat. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengirimkan lebih banyak oksigen pada sel kulit.

Namun, perlu dingat bahwa keringat yang dihasilkan ketika berolahraga dapat mengiritasi jerawat, oleh karena itu penting untuk mandi setelah olahraga.

4.    Menghidrasi Tubuh

Selalu menghidrasi tubuh dengan minum air sangat penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Para peneliti di University of Missouri Columbia menemukan bahwa minum 2 gelas air secara rutin dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit.

5.     Selalu Gunakan Tabir Surya

Beberapa produk atau obat untuk mengatasi jerawat dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan membuat jerawat lebih parah, di samping itu pun dapat menyebabkan bintik hitam pada permukaan kulit serta beresiko menyebabkan kanker kulit.

Gunakan tabir surya setiap hari sebelum beraktifitas di luar rumah. Jika kulit cenderung berjerawat, pilih produk dengan kandungan bahan kimia ringan seperti avobenzone, oxybenzone dan lainnya. Serta gunakan produk dengan label “noncomedogenic” yang berarti produk tersebut tidak dapat menyumbat pori kulit.

6.    Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Asam Lemak Omega-3

Omega-3 telah terbukti dapat mengontrol produksi leukotrien B4, yaitu molekul yang dapat meningkatkan sebum dan menyebabkan peradangan pada jerawat.

Omega-3 dapat ditemukan dalam suplemen atau dalam makanan seperti kacang kenari, alpukat, minyak biji rami, dan salmon.

7.     Perhatikan Kebersihan Wajah

Wajah memproduksi lebih banyak sebum dibandingkan kulit di bagian tubuh lain. Makeup, keringat, asap, debu dan kotoran lainnya dapat dengan mudah menyumbat pori sehingga menyebabkan komedo dan jerawat.

Nah ladies, inilah alasan mengapa penting bagi kita mencuci wajah 2x dalam sehari.

8.     Pengelupasan Kulit

Memang benar, produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat, namun jika minyak alami kulit terus terkikis karena pengelupasan berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti kulit kering dan pori tersumbat.

Cara mengatasinya: Lakukan pengelupasan kulit secara lembut maksimal 2x seminggu dengan scrub wajah lalu aplikasikan pelembab.

9.     Bersihkan Ponsel

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa ponsel merupakan tempat kuman berkumpul. Selama 1 hari ponsel dapat terkena ribuan bakteri, yang menyebar dari jari. Selain itu, panas dari ponsel dapat membantu bakteri berkembang biak.

So ladies, untuk mencegah kuman berpindah tempat ke kulit wajah sebaiknya bersihkan permukaan telepon secara rutin atau lebih baik menggunakan headphone.

10.  Penggunaan Produk Rambut

Pomade Acne” merupakan istilah untuk jerawat yang disebabkan oleh produk perawatan rambut termasuk conditioner, shampo, gel dan hair spray. Jerawat timbul ketika minyak dalam produk rambut meresap dan tersumbat dalam pori.

Untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya gunakan produk rambut sebelum mencuci wajah atau gunakan produk yang bebas minyak.

So ladies, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang dapat kamu coba dan akan lebih baik jika bisa menjadi bagian dari kebiasaan rutin.

Life is about choice:)

Dapatkan HARGA HEMAT Paket Acne hanya Rp. 2 jutaan di Rafa Clinic mulai Maret 2017!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s