Alasan Mengapa Kulit Kendur

Kulit kendur dan tampak lelah merupakan bagian dari tanda penuaan alami karena semakin bertambah usia produksi kolagen dan elastin dalam kulit berkurang, selain itu efek dari gravitasi juga dapat menjadi penyebab kulit kendur. Namun ladies, selain efek dari penuaan alami, kebiasaan dan gaya hidup yang kita jalani dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, beberapa diantaranya yaitu:

1. Penggunaan smartphone atau gadget yang berlebihan dan / atau tidak benar.

Penggunaan smartphone atau gadget lainnya dengan berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kendur atau disebut juga “smartphone face“.

Dilansir dari sebuah artikel di The Week, “smartphone face” merupakan istilah yang diciptakan oleh ahli bedah kosmetik di Inggris, Dr Mervyn Patterson, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kombinasi rahang kendur, double chin dan marionette line.

Sikap tubuh dengan kepala yang selalu menunduk melihat layar smartphone atau gadget dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tarikan gravitasi pada area rahang sehingga menjadi kendur. Selain itu  juga dapat menciptakan lipatan jelas di atas tulang selangka atau disebut “tech neck“.

Namun jangan khawatir ladies, karena ada latihan sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah, yaitu: Pegang rahang (jari harus menyentuh area satu inci dari mulut) lalu lihat ke depan dan tengadahkan kepala hingga melihat langit-langit. Rasakan kulit di sekitar rahang dan mulut seperti ketarik. Setelah itu, ganti posisi wajah menjadi menunduk. Ulangi gerakan ini secara rutin.

2. Ekspresi menarik wajah ke bawah secara berulang.

Gravitasi dapat menyebabkan masalah pada kulit, terutama ketika produksi kolagen dan elastin mulai berkurang. Selain itu ekspresi wajah berulang dapat menyebabkan rahang kendur.

Cobalah berkaca saat bangun tidur, mungkin kamu melihat lipatan nasolabial terlihat lebih jelas meskipun kamu tidak melakukan ekspresi apapun. Mengapa? Hal ini karena ekspresi wajah tetap konstan sepanjang waktu ketika tidur. Sebaiknya hentikan kebiasaan cemberut dan lebih banyak tersenyum, selain membuat suasana hati lebih baik juga dapat mengencangkan kulit.

3. Menurunnya berat badan secara drastis

Kehilangan berat badan terlalu cepat bukanlah hal besar bagi tubuh dan kulit. Kehilangan lemak secara tiba-tiba membuat kulit tidak tahu bagaimana cara untuk menopang sehingga terbentuklah lipatan dan kulit kendur. Jadi jika kamu berencana untuk menurunkan berat badan, sebaiknya lakukan secara bertahap. Pada saat yang sama lakukan juga pengencangan kulit dengan beberapa olahraga tubuh dan wajah untuk membantu mencegah kulit kendur.

4. Kurang mengkonsumsi makanan berlemak sehat

Kebanyakan wanita akan lebih menghindari mengkonsumsi makanan berminyak karena beranggapan dapat menimbulkan jerawat. Namun pada faktanya tidak semua minyak buruk bagi kulit.

Penelitian dari University of Maryland Medical Center menyimpulkan bahwa unsur untuk membenarkan perawatan kulit secara alami yaitu asam lemak esensial seperti omega 3 dan 6 karena dapat membangun membran sel untuk meningkatkan produksi minyak alami kulit sehingga tetap terhidrasi, kencang dan tampak awet muda.

5. Mengkonsumsi gula berlebihan

Dilansir dalam buku “10 minutes/10 years: Your Definitive Guide To A Beautiful and Youthful Appearance by Dermatologist Dr Fredric Brandt, gula dapat memicu proses glikasi dalam tubuh. Hal ini dimana molekul gula mengikat serat protein sehingga kulit kehilangan kolagen dan menyebabkan munculnya kulit kendur serta tampak tua.

6. Prosedur gigi yang terlalu meregangkan kulit

Jika kamu memiliki masalah dengan gigi, sebaiknya segera atasi secepat mungkin. Jangan tunggu lebih lama karena ketika mengatasi masalah gigi, kamu mungkin akan menemukan bentuk wajah atau kulit yang terpengaruh.

7. Tidur menyamping

Tidur menyamping setiap malam dapat berpotensi menyebabkan rahang menjadi kendur. Oleh karena itu mengapa para ahli merekomendasikan tidur dengan posisi terlentang.

8. Ketidakseimbangan hormon

Salah satu alasan utama untuk wanita yang mengalami kulit kendur yaitu karena hilangnya hormon estrogen. Hormon estrogen mendorong sel yang disebut fibroblas untuk memproduksi kolagen dan elastin. Sehingga jika tingkat estrogen dalam tubuh rendah maka kerutan atau kulit kendur akan segera muncul.

9. Olahraga berlebihan

Mungkin beberapa orang terheran dengan pendapat ini namun banyak juga dermatologis dan ahli kecantikan yang mendukung. Bahkan ada istilah “The Runner’s Face”. Menurut ahli bedah plastik Dr. Gerald Imber, berlari merupakan hal buruk yang dapat menyebabkan penuaan dini karena memiliki dampak menarik kulit ke atas dan ke bawah dari otot yang mendasarinya.

10. Terlalu terpapar sinar matahari

Banyak yang sudah mengetahui bahwa sinar matahari dapat merusak kulit. Efek penuaan seperti kulit kendur atau kerutan mungkin tidak langsung terlihat namun akan muncul secara bertahap. Oleh karena itu sebaiknya selalu gunakan tabir surya ketika beraktifitas di luar ruangan.

So ladies, apakah kamu melihat adanya tanda dari kulit kendur? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mengidentifikasi penyebab utama dari kulit kendur. Untuk mengatasinya kamu dapat melakukan Filler Treatment atau non invasive treatment lainnya selain itu untuk perawatan sehari-hari kamu dapat melakukan facial massage untuk mengancangkan kulit.

Namun, hal terbaik yang perlu dilakukan yaitu menjaga kekencangan kulit dengan melakukan pola hidup sehat dan perawatan kulit secara rutin. 🙂 Life is about choice 🙂

http://www.vivawoman.net

Dapatkan PAKET HEMAT, Filler + Mesotherapy hanya Rp. 4 jutaan hanya di Rafa Clinic!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s