Cara Mengenali Tipe Jerawat

prosine-news-how-to-remove-acne

Hal yang dikhawatirkan saat remaja maupun dewasa yaitu munculnya jerawat. Jerawat biasanya akan sering muncul ketika remaja karena ada pengaruh dari perubahan hormon. Jerawat yang dialami setiap orang akan berbeda namun pada umumnya akan lebih banyak muncul pada pria.

Meskipun lebih sering muncul ketika remaja, bukan berarti jerawat tidak tumbuh ketika dewasa. Jerawat memiliki beberapa tipe dan juga perawatan yang berbeda, so ladies berikut merupakan penjelasan mengenai jerawat sehingga kamu dapat mengenali jtipe jerawat apa yang dimiliki dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat:

1. Blackheads

Jenis jerawat ini sangat umum dialami oleh setiap orang dan biasanya terlihat di sekitar hidung. Blackheads tampak seperti bintik hitam yang menonjol pada kulit, terbentuk dari hasil folikel yang disumbat seperti bakteri, sel kulit mati dan zat berbahaya lainnya.

2. Whiteheads

Sama seperti blackheads hanya saja berwarna putih. Whiteheads disebabkan karena produksi sebum (minyak alami kulit) berlebihan sehingga tersumbat. Akibatnya, sebum tidak dapat mencapai permukaan dan terjebak dalam lapisan kulit dan menyebabkan munculnya bintik putih.

3. Jerawat Papula

Papula adalah jenis jerawat yang meradang dan berbentuk bintik merah kecil atau benjolan pada kulit. Jerawat jenis ini mungkin sensitif terhadap sentuhan dan hindari untuk memencetnya karena dapat menyebabkan bekas luka.

4. Jerawat Pustula

Pustula merupakan jerawat meradang yang sulit untuk disentuh dan terdapat nanah di dalamnya. Berbentuk bintik putih dengan warna kuning pucat di tengahnya. Hindari untuk memencetnya karena dapat menyebabkan bekas jerawat atau bintik hitam permanen.

5. Jerawat Nodul

Tipe jerawat ini merupakan salah satu yang lebih parah. Nodul berbentuk benjolan yang meradang dan menyakitkan. Tidak memiliki nanah dan sulit untuk disentuh. Jerawat ini bisa diatasi dengan perawatan medis dan penggunaan obat khusus.

6. Jerawat Kista

Jerawat yang mendalam, besar, dan berisi nanah, disebut kista. Tipe jerawat ini sangat menyakitkan ketika disentuh dan perlu mendapat perawatan segera dari dokter.

Nah ladies, 6 tipe jerawat tersebut merupakan jerawat yang sering dialami dan termasuk dalam kategori Acne Vulgaris. Selain jenis jerawat di atas, berikut beberapa jenis jerawat lainnya:

7. Acne Fulminans

Jerawat tipe ini biasa terlihat pada pria muda. Hal ini disertai dengan gejala seperti demam dan sakit sendi serta meninggalkan bekas luka.

8. Acne Mechanica

Jerawat ini diakibat dari panas yang berlebihan dan gesekan antara kulit. Biasanya muncul pada orang yang sering berolahraga atau menggunakan helm, topi atau peralatan olahraga untuk jangka waktu yang lama.

9. Acne Rosacea

Sangat mirip dengan jenis acne vulgaris. Jerawat rosacea muncul sebagai ruam berwarna merah di pipi dan dagu.

10. Pyoderma Faciale

Tipe ini merupakan jerawat parah dan merupakan kombinasi dari nodul dan pustula. Hal ini umumnya muncul pada wanita antara usia 20 sampai 40.

11. Acne Conglobata

Tipe ini merupakan jerawat terberat yang muncul pada laki-laki dan perempuan. Jerawat muncul sebagai lesi besar pada kulit yang saling berhubungan dan biasanya mempengaruhi dada, lengan atas, wajah, paha dan bokong. Jerawat tipe ini dapat menyebabkan kerusakan kulit permanen namun juga jarang orang yang mengalami jerawat jenis ini.

Itulah beberapa jenis jerawat dan cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter ahli terutama jika jerawat yang dialami merupakan tipe parah. Hindari untuk memencet atau menggaruk jerawat karena dapat menimbulkan bekas luka permanen. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit setiap hari πŸ™‚

Stay BeautyΒ πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s