11 Rekomendasi dari Dokter Untuk Segera Di Ikuti

img_8837-a
1. Mengetahui Jenis Kulit

“Tidak ada ukuran yang pas bagi perawatan kulit” kata Dr Mara Therese P. Evangelista, MD, FDP, seorang ahli dalam bidang kulit di Levana Dermatology Clinic, Quezon City.

Banyak orang yang berpikiran “jika ibu menggunakan suatu produk kecantikan tertentu maka dapat digunakan juga oleh saya“. Namun, tidak semua produk kecantikan tertentu cocok bagi jenis kulitmu. Misalnya, jenis kulit kering tidak direkomentasikan untuk menggunakan toner atau ketika memasuki usia 30an perlu menggunakan produk kecantikan dengan kandungan antioksidan untuk mencegah penuaan kulit. Berbeda jenis kulit, berbeda juga perawatannya.

2. Temukan Produk Kecantikan Yang Dapat Kamu “Mix And Match”

Carilah beberapa produk yang dapat kamu gunakan. “Beberapa produk mungkin sinergis karena mengantung bahan aktif yang kuat, namun ada juga yang menonaktifkan bahan aktif yang lain”, kata Dr Dumont I. Domingo, MD, DPDS seorang dokter yang saat ini berlatif di Batangas City.

3. Berhati-Hati Dengan Sabun Antibakteri

Dr Evangelista mengutip sebuah komentar konsumen dari United States Food and Drug Administration yang menyatakan bahwa sabun antibakteri yang beredar di pasaran tidak lebih baik untuk mencegah penyakit daripada mencuci dengan sabun biasa dan air. Laporan ini selanjutnya mengatakan bahwa banyak sabun antibakteri mengandung triclosan, bahan yang telah terbukti mengubah cara kerja hormon dalam penelitian dan juga mungkin dapat berkontribusi untuk membuat bakteri resisten terhadap antibiotik.

4. Memiliki Jerawat? Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Makanan yang tinggi glisemik seperti roti putih, nasi, kentang atau susu dapat menyebabkan jerawat. Sebaiknya perhatikan makanan yang terlihat menarik dan konsultasi dengan dokter untuk mendapat rekomendasi makanan apa yang perlu dihindari saat berjerawat.

5. Hindari Memencet Jerawat

Sebuah jerawat pada dasarnya yaitu minyak, propionibacterium acnes (bakteri yang berhubungan dengan jerawat) dan sel inflamasi. Ketika jerawat di pencet, maka semua kotoran yang tersumbat terdorong keluar kulit dan menyebabkan infeksi, penggelapan kulit serta jaringan parut. Namun jangan khawatir, jika jerawat dibiarkan tanpa disentuh akan hilang dalam 3-7 hari.

6. Menjauhi Whitening Product Yang Mengandung Hydroquinone

Meskipun hydroquinone merupakan agen mencerahkan yang efektif namun dapat mengakibatkan hiperpigmentasi jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

7. Hindari Kerutan Dengan Menggunakan Tabir Surya

Setiap pertanyaan bagaimana cara mencegah kerutan saat berkonsultasi dengan dokter, jawabannya akan selalu sama yaitu menggunakan tabir surya. Paparan sinar UVA atau UVB, 90% dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu selalu gunakan tabir surya ketika akan beraktifitas di luar ruangan.

8. Pelembab Sangat Penting

Dr. Domingo mengingatkan kita bahwa menghidrasi kulit juga sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembab. Oleh karena itu gunakan pelembab yang paling sesuai dengan jenis kulitmu.

9. Masalah Kulit Dapat Menjadi Tanda Dari Masalah Yang Lebih Serius

Beberapa jenis jerawat atau tampak seperti ruam mungkin biasa, namun sebenarnya dapat menjadi tanda adanya masalah lain. Beberapa penyakit dengan tanda seperti itu dapat mengarah pada sindrom ovarium polikistik (PCOS), diabetes atau lupus.

10. Seberapa Sering Untuk Berkonsultasi Dengan Dokter Itu Tergantung Pada Kulit

Berkonsultasi dengan dokter sebenarnya tidak memerlukan kunjungan rutin terkecuali jika perlu. Bagi pasien yang baru saja memulai pengobatan untuk suatu keluhan kulit, mungkin akan lebih sering dijadwalkan berkonsulasi dengan dokter. Hal ini penting dilakukan untuk memantau kondisi kulit dan perawatan apa yang digunakan untuk tahap selanjutnya.

11. Meskipun Merasa Bahwa Kulit Tidak Ada Masalah, Ada Baiknya Untuk Tetap Berkonsultasi Dengan Dokter

Jika kamu tidak memiliki keluhan mengenai kulit, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perawatan kulit apa yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pencegahan merupakan cara yang lebih baik daripada mengobati dan perawatan rutin yang tepat serta sesuai dapat mencegah jerawat, penuaan kulit dan menjaga kulit tetap sehat serta cantik.

Nah ladies, itulah beberapa rekomendasi dari dokter untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jika kamu masih memiliki pertanyaan lebih lanjut untuk cantik dan sehatmu sebaiknya konsultasi dengan dokter Aesthetic dan Anti Aging 🙂

Stay Beauty:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s