5 Tipe Bintik Hitam & Cara Mengatasinya

remove-skin-pigmentation

Setiap wanita menginginkan kulit wajah yang bersih tanpa noda. Oleh karena itu mengapa munculnya bintik hitam di wajah membuat mereka melakukan cara apapun untuk menyingkirkannya. Telah banyak diketahui informasi mengenai beberapa faktor penyebab bintik hitam dan cara penanganan yang sesuai untuk mengatasinya. Namun beberapa orang tidak banyak yang mengetahui bahwa bintik hitam terbagi dalam beberapa tipe dan cara mengatasinya pun berbeda.

So ladies, berikut merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai bintik hitam, jenis dan cara penanganannya:

Hiperpigmentasi

Bintik hitam, cokelat, bintik penuaan atau liver spots merupakan katergori dari hiperpigmentasi yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan pigmen kulit gelap yang disebabkan oleh kelebihan produksi melanin dalam tubuh.

Melanin berfungsi untuk memberikan warna pada rambut dan kulit. Ketika produksi melanin terlalu banyak, bintik hitam dapat muncul di bagian berbeda dari tubuh seperti wajah, leher, lengan dan lainnya. Ada banyak penyebab mengapa bintik hitam muncul pada kulit. Misalnya, mengalami cedera atau masalah kulit seperti jerawat yang dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak melanin. Selain itu paparan sinar matahari atau efek dari obat-obatan tertentu juga merupakan penyebab bintik hitam.

5 Jenis Bintik Hitam

  • Tanda Lahir: Tanda lahir muncul dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Sampai saat ini, penyebab tanda lahir masih belum diketahui meskipun beberapa ahli menyatakan bahwa tanda lahir disebabkan karena kelainan pembuluh darah yang terjadi pada awal bulan pertama embrio.
  • Tahi Lalat: Dalam dunia medis, tahi lalat dikenal sebagai nevus berpigmen. Ketika melanin pigmen mengental dapat menyebabkan bintik coklat atau hitam di tubuh baik rata atau menonjol. Semakin bertambahnya usia, tahi lalat dapat hilang atau semakin tumbuh..
  • Liver SpotsLiver spots tidak ada hubungannya dengan kesehatan dan fungsi dari organ hati. Jenis bintik hitam ini umumnya muncul pada usia 40an. Liver spots biasanya rata, disebabkan akibat penuaan atau paparan sinar matahari, muncul di area wajah, lengan, dahi atau bahu.
  • Bintik Penuaan: Proses penuaan bukanlah tahap yang mudah. Selain menopause dan gangguan kondisi kesehatan, bintik penuaan pun mulai muncul di wajah, dada bahkan tangan. Bintik penuaan mungkin terlihat sama seperti freckles namun lebih besar dan teratur bentuknya. Perawatan untuk mengatasinya bisa menggunakan krim topikal atau laser therapy.
  • MelasmaWanita akan lebih rentan mengalami hal ini terutama ketika hamil atau mengkonsumsi pil KB karena adanya pengaruh pada hormon sehingga meningkatkan produksi melanin yang dapat mengakibat bintik hitam.

Setelah mengetahui beberapa tipe dari bintik hitam, akan lebih baik untuk berkonsultasi langsung dengan dokter ahli untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bintik hitam.

Perawatan Yang Tersedia

  • Skin Lightening CreamsPenggunakan krim topikal ini biasanya akan diresepkan oleh dokter untuk perawatan sehari-hari. Krim biasanya mengandung bahan seperti kojic acid atau retinol yang terbukti dapat meminimalisir pigmentasi pada kulit.
  • Chemical PeelsTreatment ini merupakan cara yang efektif untuk memudarkan tampilan pigmentasi dan mencerahkan kulit. Ada beberapa tingkatan chemical peel mulai dari ringan hingga sangat kuat yang dapat menembus jauh ke dalam kulit. Chemical peel memilik efek samping seperti iritasi, kemerahan atau perubahan warna, namun akan pulih dalam beberapa hari.
  • Laser Treatment: Laser termasuk satu dari beragam teknologi kecantikan paling efektif untuk mengatasi hampir semua jenis masalah hiperpigmentasi.

Apakah Bintik Hitam Dapat Di Cegah?

Tentu saja! Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika kamu ingin mencegah bintik hitam muncul, berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan.

  • Selalu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih.
  • Hindari terpapar sinar matahari berlebihan.
  • Selalu melakukan perawatan wajah dan segera mengatasi masalah kulit, seperti jerawat.
  • Jangan menggaruk kulit, terutama jika kamu memiliki luka.

Nah ladies, pada intinya bintik hitam dapat dicegah atau diatasi dan juga jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli karena hanya mereka yang dapat memahami  dan mengetahui cara mengatasi masalah kulitmu.

Be Smart, Be Beauty 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s