KEBIASAAN PENYEBAB PENUAAN

aging

Penuaan merupakan hal yang tidak bisa kita hindari. Penuaan dapat memberi dampak pada kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kulit yang mulai muncul keriput, noda hitam, kering dan masalah lainnya.

Nah ladies, apakah kamu pernah bertemu dengan seseorang yang tampak lebih tua dibandingkan usianya? Kondisi seperti itu bisa jadi merupakan “Penuaan Dini” yang disebabkan oleh 2 faktor yaitu keturunan dan kebiasaan hidup yang salah. Berikut merupakan 7 kebiasaan penyebab penuaan:

1. Pola Makan

Makanan yang kita konsumsi dapat mencerminkan kondisi dalam tubuh. Minyak sayur, margarin, daging merah, roti putih, gula, makanan olahan dan lainnya dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh  dimana dapat mempercepat proses penuaan pada kulit dan menganggu kesehatan. Makanan rendah protein juga dapat menyebabkan kerutan, kantung mata dan kulit kering.

2. Pola Hidup

  • Merokok:

Sudah banyak diketahui bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan, namun tidak hanya itu, merokok juga menyebabkan penuaan pada kulit.

Bahan kimia berbahaya pada asap rokok dapat mencegah oksigen masuk ke dalam sel kulit sehingga memicu kerusakan kolagen, kulit menjadi kendur, warna kulit tidak merata dan lainnya.

  • Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan diuretik alami yang dapat menyebabkan dehidrasi sehingga penyebabkan kulit kehilangan kelembaban alami dan tampilan estetika menjadi tampak lebih tua.

Selain itu alkohol dapat menyebabkan deplesi nutrisi dalam tubuh seperti Vitamin A dan C dimana kedua vitamin tersebut merupakan pendukung kulit cerah dan kenyal. Alkohol dapat menyebabkan penyakit kulit rosacea dan kanker kulit.

3. Stress

Stres merupakan pemeran utama penyebab penuaan pada kulit. Stress berkontribusi terhadap kerusakan kolagen, kerusakan DNA dan  menyebabkan pelepasan mediator pro-inflamasi (cytokines) yang memicu tanda-tanda penuaan dini. Gerakan berulang seperti mengerutkan dahi ketika stress dapat menyebabkan kerutan yang semakin sering semakin dalam.

Selain pada kulit stress juga merupakan faktor umum penyebab penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, obesitas dan jantung.

4. Kurang Tidur

Kurang tidur hanya 1x langsung dapat menyebabkan tampilan tampak lelah dan lingkaran hitam bawah mata. Nah ladies coba bayangkan bagaimana penampilan kita jika setiap hari tidak tidur cukup.

Lalu bagaimana kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan kulit?

  • Kurang tidur meningkatkan tingkat kortisol yang dapat memperburuk kondisi peradangan.
  • Menyebabkan pembentukan kolagen yang buruk dan pada akhirnya terjadi penuaan kulit.

5. Sering Terpapar Sinar Matahari

Meskipun paparan matahari dapat memberikan asupan Vitamin D yang baik pada kulit, namun paparan yang telalu lama dan tanpa perlindungan dapat berakibat buruk bagi kulit. Paparan sinar UV dapat melemahkan sel kulit dan pembuluh darah sehingga menyebabkan kulit kasar, kulit kecoklatan, pigmentasi, mengurangi elastisitas kulit (menyebabkan kerutan dan kulit kendur), degradasi tekstur kulit dan paling berbahaya yaitu kanker kulit.

 6. Tidak Berolahraga

Tidak atau bahkan jarang berolahraga dapat memberikan dampak buruk yaitu seperti, serangan jantung, osteoporis, obesitas, memicu penuaan dini, depresi dan mudah lelah.

Olahraga setidaknya 3x selama seminggu karena tidak hanya baik bagi kesehatan juga memberikan efek peremajaan pada kulit.

7. Perawatan Kulit yang Salah

Perawatan kulit memang wajib untuk dilakukan agar kulit tetap sehat dan terawat kecantikannya, namun jika tidak dapat menimbulkan masalah pada kulit. Berikut merupakan contoh perawatan kulit yang salah:

  • Tidak membersihkan makeup sebelum tidur, hal ini dapat menimbulkan tanda penuaan karena bahan kimia dalam makeup memblokir pori kulit.
  • Melakukan pengelupasan namun dilakukan dengan cara kasar sehingga mengiritasi kulit dan mempercepat penuaan kulit.
  • Menyentuh wajah dengan tangan. Hal ini merupakan salah satu faktor timbulnya masalah kulit seperti jerawat.
  • Menggunakan skincare product yang salah.

So ladies, setelah mengetahui apa saja penyebab penuaan pada kulit sebaiknya langsung hentikan kebiasaan buruk seperti di atas dan mengubahnya menjadi kebiasaan yang baik seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, berolahraga dan lakukan perawatan kulit yang sesuai. Keep young and beauty 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s