8 Tanda Wanita Sehat

Carefree elated cheering woman in spring or summer forest park full of hope and vitality. Multiracial girl raising her arms up smiling happy. Mixed race Asian Caucasian female model.

Kamu mungkin rutin berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat, namun bagaimana caranya untuk tahu bahwa kamu benar-benar sehat? Selalu sehat lebih utama daripada memiliki tubuh yang kencang dan ramping, namun tanyakan pada diri sendiri, apa yang sebenarnya dirasakan.

Tubuh kita dapat memberikan tanda-tanda apa yang terjadi pada kesehatan, untuk itu tidak ada salahnya untuk memperhatikan tanda tersebut. Berikut merupakan 10 tanda bahwa kesehatanmu dalam keadaan baik:

1. Berat Badan Sehat

BMI merupakan cara yang tepat untuk menentukan kisaran berat badan yang sehat. BMI dapat memberitahu jika kita kelebihan, kekurangan atau dalam rentang berat badan yang baik.  Jika Body Mass Index (BMI) dalam tingkat yang dianjurkan, hal ini merupakan pertanda baik bagi kesehatan.

2. Denyut Jantung Teratur

Setiap orang memiliki tingkat “normal” denyut jantung yang bervariasi. Namun secara umum, denyut jantung normal yaitu 60-80 denyut per menit yang merupakan pertanda baik pada kesehatan dan kinerja jantung. Denyut jantung yang tinggi bisa berarti beberapa hal yaitu resiko serangan jantung.

3. Berenergi

Jika kamu merasa segar dan berenergi di pagi hari, hal ini pertanda bahwa kamu dalam keadaan sehat. Kurangnya energi bisa disebabkan karena beberapa faktor yaitu seperti kurang tidur, kurang gizi dan stress.

4. Bibir Tidak Pecah-Pecah

Jika bibir pecah-pecah, maka hal ini merupakan tanda dehidrasi. Pecah-pecah di sudut bibir dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B dan zinc.

5. Warna Urin Terang

Jika kamu belum memeriksa warna urin, sebaiknya lihat sekarang! Urin yang berwarna terang atau pucat merupakan tanda bahwa kamu terhidrasi dengan baik dan sehat. Jika berwarna kuning pekat, hal ini merupakan tanda kamu perlu minum lebih banyak air.

6. Kulit Yang Cerah

Setiap wanita yang memiliki masalah kulit dan sedang mengatasinya mengetahui bahwa hal seperti hormon, pola makan dan stress dapat mempengaruhi penampilan kulit.

7. Luka Sembuh Dengan Cepat

Luka kecil dapat sembuh dalam 1 atau 2 hari. Jadi jika luka tersayat atau tergores tidak segera sembuh, bisa jadi ada infeksi dari dalam.

8. Menstruasi Teratur

Memiliki siklus menstruasi teratur merupakan tanda bahwa sistem reproduksi sehat. Terlambat atau tidak menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekurangan gizi atau ovarium polikistik (gangguan keseimbangan kadar hormonal).

 

Nah ladies, itulah tanda yang dapat memberitahu bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Untuk itu cobalah perhatikan setiap tanda yang ditunjukan oleh tubuh sehingga kita dapat langsung mengatasinya.

Keep Healthy 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s