7 Rempah-rempah Untuk Penyelamat Kulit

baharat

Rempah-rempah mungkin menjadi bahan yang sangat penting dalam sebuah makanan, namun selain itu juga dapat menjadi bahan rahasia untuk perawatan kulit. Banyak rempah-rempah yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi, anti inflamasi dan nutrisi untuk kesehatan kulit dan rambut.

Tips: Untuk menjaga kandungan baik dalam rempah-rempah sebaiknya simpan di tempat gelap karena panas dari kompor atau sinar matahari dapat menurunkan kualitasnnya.

1.             Chamomile: Menenangkan kulit yang terbakar

Bercak kemerahan, mengelupas, gatal dan iritasi seperti terbakar oleh sinar matahari di sekitar mulut, dagu dan pipi membuat penampilan menjadi aneh. Namun jangan khawatir karena ada daun herbal yang dapat mengatasi dan menyembuhkannya yaitu dengan Chamomile. Bermanfaat sebagai anti-inflamasi alami untuk mengurangi kemerahan, gatal dan bengkak.

Caranya: Rebus 1 kantong teh chamomile dalam air mendidih selama 2-3 menit untuk melepaskan enzim anti-inflamasinya, kemudian simpan kantong teh dalam wadah kecil dan masukan dalam lemari es. Setelah dingin, aplikasikan langsung pada bagian yang bermasalah.

2.             Kayu Manis: Mencerahkan kulit

Kayu manis dapat menjadi tambahan pada kue kering dan minuman hangat, selain itu karena kandungan antioksidannya,  kayu manis juga dapat mencegah kerusakan kulit. Untuk meningkatkan antioksidan dengan mudah, taburi 1/2 sendok teh kayu manis pada kopi sebelum diseduh.

3.             Bawang Putih: Rambut Sehat

Bawang putih mungkin dapat menyebabkan bau mulut, namun juga memiliki manfaat untuk rambut yang tipis. Folikel rambut membutuhkan nutrisi untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal dan sehat. Jika mengkonsumsi makanan yang salah, rambut akan terkena dampaknya. Kandungan sistein yang tinggi dan asam amino dalam bawang putih dapat membantu mengembalikan folikel rambut.

Molekul sistein dihubungan dalam urutan yang sama dalam ikatan disulfida dimana yang memberikan kekuatan pada rambut.

4.             Teh Hijau: SPF Alami

Teh hijau memiliki tingkat konsentrasi tinggi dari catechin, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan anti penuaan pada kulit. Teh hijau juga dapat membantu menebalkan epidermis, mempercepat penyembuhan pada luka dan menghambat timbulnya bintik hitam pada kulit.

Penelitian menunjukan bahwa menggunakan lotion atau serum yang mengandung teh hijau 30 menit sebelum beraktifitas di bawah sinar matahari dapat mengurangi kerusakan DNA dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Jika akan beraktifitas dalam waktu yang lama, gunakan tabir surya dan produk yang mengandung teh hijau dapat menjadi perlindungan yang baik untuk kulit.

5.             Rempah-rempah Pedas: Mencegah kerutan

Rempah-rempah pedas seperti cabai, paprika, cabe merah memainkan peran penting selain membuat kita merasakan rasa pedas, yaitu mencegah kerutan. Vitamin A dan C dalam cabai dapat membantu melawan radikal bebas, mencegah kerusakan kolagen dan mempertahankan kekencangan kulit. Selain itu paprika berwarna-warni mengandung capsaicin yang bertindak sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.

6.              Semanggi Merah: Mengurangi eksim

Ahli obat herbal telah lama menggunakan semanggi merah untuk membantu menenangkan kulit kemerahan, bersisik dan bintik merah gatal yang merupakan gejela dari eksim. Semanggi merah dapat menghilangkan racun dalam aliran darah yang memicu peradangan.

Dilansir dari perpustakaan referensi kesehatan di University of Maryland Medical Center, semanggi merah dapat dikonsumsi atau dioleskan.

Caranya: Rebus 2 sendok teh bubuk semanggi merah dalam air mendidih selama 1/2 jam, biarkan hingga hangat dan konsumsi 2-3 cangkir per hari.

Untuk cara yang lebih cepat bisa mengkonsumsi supplement semanggi merah 40-160 mg/hari atau menggunakan obat oles yang mengandung 10-15 % untuk perawatan luar.

7.             Kunyit: Mengurangi peradangan

Kunyit telah digunakan sebagai obat herbal selama ribuan tahun di India karena sifat anti-inflamasi dari antioxidant curcumin di dalamnya. Penelitian menunjukan bahwa curcumin dapat membantu melawan melanoma dengan penerapan langsung. Selain itu curcumin dapat menghambat angogenesis yang merupakan pertumbuhan pembuluh darah dan juga penelitian curcumin yang menjadi inhibitor poten dari aktifitas tumor pada hewan percobaan.

So ladies, setelah mengetahui bahwa rempah-rempah tidak hanya menjadi bagian penyedap makanan namun juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut tidak ada salahnya untuk mencoba mengaplikasikannya dalam perawatan rutin kulit kita!

Keep beauty 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s