“The Chinese Diet” Lebih Sehat Dari Yang Di Pikirkan

189c14f127b5ced18249567b926b771a
Pengobatan Filsafat Cina

Budaya di Cina memiliki filosofi yin dan yang serta 5 elemen. Dari Ilmu kedokteran, seni bela diri, menari, memasak hingga budaya dibangun atas dasar keseimbangan, harmoni, perbedaan dan adaptasi dengan perubahan.

Bagian dari keseimbangan yaitu jumlah dalam makanan. Setiap organ terhubung dengan elemen dan rasa. Misalnya, rasa pahit terhubung dengan jantung dan api, manis dengan limpa dan bumi, asam dengan hati dan kayu, pedas dengan paru-paru dan logam, asin dengan ginjal dan air.

Untuk membuat makanan yang sehat, ke-lima selera ini harus dimasukkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh dalam keseimbangan dan melindungi dari penyakit.

Revolusi Kebudayaan

Untuk memahami menu makanan di Negeri Cina, sebaiknya ketahui mengenai sejarahnya terlebih dahulu.

Selama ribuan tahun, konsep keseimbangan dari filsafat Cina terus membuat masyarakat menjauh dari penyimpangan menu makan tradisional. Selalu ada masa kelaparan dan kekayaan, namun tanpa banyak industri atau akses makanan Barat, tidak pernah ada pertanyaan untuk meninggalkan menu makan tradisional. Saat ada makanan, itu semua telah disiapkan sesuai dengan rekomendasi pengobatan Cina.

Namun hal ini mulai berubah pada tahun 1800-an dengan masuknya kebiasaan pola makan Barat. Mulai berubahnya sejarah penggunaan beras merah menjadi beras putih. Pada tahun 1949, kelaparan menjadi penyebab kematian jutaan masyarakat di Cina dan pada akhirnya terjadi pergeseran dramatis dengan pertumbuhan. Konsumsi sereal, daging babi dan makanan siap saji melonjak pada tahun 1952. Proporsi asupan energi dari lemak melonjak 3x lipat pada tahun 1982, pada tahun itu banyak masyarakat Cina yang mengalami obesitas dan terserang kanker.

Lihat Kebijakan Di Masa Lalu

Banyak yang mempersalahkan pergeseran kebiasaan makan di Cina yang tidak sehat akibat adanya makanan Barat. Terutama di kota, makanan yang diolah dengan cara dikukus, dipanggang dan direbus menjadi lebih jarang dan bergeser ke cara digoreng.

Sama seperti mereka yang menginginkan kembali menu makan Mediterania dan Nordic, banyak masyarakat Cina yang berusaha kembali ke menu makanan tradisional mereka. Kebiasaan mengkonsumsi makanan ala Barat, membuat prinsip keseimbangan dan harmoni Cina kuno hilang.

Bagaimana Cara Menjaga Menu Makan Tradisional China?
  • Minum Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu menahan rasa lapar, melancarkan pencernaan dan melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Di Cina, penyajian teh hijau hanya dengan menyimpan daun teh hijau dalam pot dan ditambahkan air ketika seseorang ingin menikmati 1 atau 3 cangkir teh hijau. Cara itu dilakukan untuk mengkonsumsi sedikit kafein dan menghindari bahan kimia yang terlibat.

  • Menyerah Dengan Produk Susu

Susu merupakan sumber kalsium baik untuk pertumbuhan tulang namun jangan selalu mengandalkan susu, sayuran berdaun hijau dan biji wijen juga merupakan sumber baik dari kalsium.

  • Jangan Hitung Kalori

Pengobatan Cina melihat makanan sebagai makanan bukan potensi lemak dalam tubuh. Menghitung kalori dalam menu makanan Cina hanya bertujuan untuk menentukan makanan sehat yang dikonsumsi. Misalnya, alpukat memiliki 200 kalori lebih dari minuman soda. Namun tetap saja mengkonsumsi alpukat lebih dianjurkan daripada soda. Berhentilah menghitung dan mulailah untuk berpikir tentang gizi.

  • Makan Daging Merah Tidak Berlebihan

Menurut pengobatan Cina, mengkonsumsi daging merah terlalu banyak merupakan kesalahan. Namun di sisi lain daging merah memiliki nutrisi baik bagi tubuh, untuk itu menu makanan Cina menyarankan mengkonsumsi daging merah 2 ons 2x dalam seminggu.

  • Buatlah Keseimbangan Dalam Piring

Menurut pengobatan Cina, makanan harus selalu menyeimbangkan bahan yin (basah dan lembab) dan yang (kering dan renyah). Makanan yin mendinginkan tubuh dan yang memanaskan. Cobalah untuk memasak makanan dengan: Makanan yin yaitu karbohidrat dan yang protein. Kombinasi dari karbohidrat dan protein membantu menstabilkan gula darah dan insulin untuk kesehatan metabolisme.

  • Makan Perlahan dan Berhenti Ketika Kenyang

Hal ini mungkin menjadi bagian tersulit dari diet Cina, namun hal ini merupakan yang penting. Alih-alih melakukan pola makan yang baik yaitu 3x sehari, namun saat melewatkan sarapan dan akhirnya mengemil kue jam 10 pagi. Kita mungkin mengkonsumsi sayuran setiap hari dan makan keripik kentang sepanjang akhir pekan. Banyak kesempatan untuk melihat makanan dan berakhir menjadi rasa lapar berlebihan setiap jam.

Solusinya dari menu makanan Cina yaitu untuk tidak pernah melewatkan makan. Makan 3x sehari, mengkonsumsi makanan sehat setiap hari dan berhenti makan saat merasa sudah kenyang. Hal ini dapat dilakukan dengan cara makan dengan perlahan. Otak membutuhkan beberapa waktu untuk memberi sinyal kenyang, karena hal inilah mengapa kita tidak menyadari telah makan secara berlebihan.

  • Sajikan Sup Setiap Makan

Menu makan Barat yang cukup kering membutuhkan minum air yang banyak selama dan antara waktu makan. Namun beda dengan menu makan Cina yang selalu menyertakan hidangan sup yang membantu mengisi perut dan mengendalikan nafsu makan.

  • Pikirkan Kembali “Utama” dan “Sampingan”

Di Amerika, daging merupakan hidangan utama dan sayuran merupakan hidangan tambahan. Namun di Cina, sayuran merupakan makanan utama. Cobalah untuk mempersiapkan menu makan dengan 2/3 daging dan 1/3 sayuran.

  • Belajar Mengenai Pengobatan Cina

Tidak ada yang menggantikan dokter ketika benar-benar sakit, namun dalam berbagai situasi, kita semua bisa mendapat keuntungan mempelajari bagaimana sayuran, herbal dan rempah-rempah membuat kita tetap sehat. Misalnya, cabai dapat melancarkan pencernaan dan jahe mengatasi rasa mual.

Menjaga pola makan Cina tidak berarti selalu mengkonsumsi makanan Cina sepanjang waktu. Bahkan jika tidak siap untuk mengolah makanan ala Cina sendiri dan tidak memiliki sumber yang bisa diandalkan, ada baiknya untuk tidak terlalu memaksakan.

Setiap kali membeli atau membuat sesuatu, perhatikan bahan makanannya, usahakan semuanya berasal dari alam. Namun saat akan menggunakan bahan tepung, pertimbangkan untuk menambahkan kacang-kacangan. Konsumsi banyak sayuran dan secangkir teh hijau. Upayakan untuk keseimbangan.

Life is about choice:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s