Efek Setelah Dermal Filler & Cara Memperbaikinya

dermal-filler

Filler merupakan cosmetics treatment dengan cara menyuntikan zat hyaluronic acid ke dalam lapisan kulit yang memberikan manfaat untuk tampilan estetika wajah seperti mengurangi kerutan, mengatasi kantung mata dan memperbaiki kontur wajah seperti memancungkan hidung dan dagu menjadi lancip. Pengerjaannya juga tidak membutuhkan waktu lama, tanpa rasa sakit dan masa pemulihan serta hasilnya akan langsung terlihat.

Filler dilakukan langsung oleh Dokter Ahli, namun meskipun begitu, dampak yang diberikan mungkin berbeda bagi setiap orang yang menggunakan treatment ini. Filler terkadang memberikan efek samping atau resiko, namun jangan khawatir karena hal ini dapat segera di atasi.

Efek Samping Dermal Filler

Berikut merupakan beberapa masalah yang mungkin kamu dengar dari orang sekitar:

Banyak Memar

Tindakan injeksi filler wajah dapat menyebabkan memar sedikit atau beberapa bintik merah. Dengan sedikit pengetahuan yang Anda tahu atau memilih dokter ahli yang tepat, memar dapat diminimalisir.Oleh karena ini mengapa filler harus dilakukan oleh dokter.

Memar setelah filler tidak dapat diatasi atau diperbaiki, selain disamarkan dengan menggunakan makeup. Oleh karena itu tujuannya mencegah memar di tempat pertama.

Di lansir dari Madison Skin & Laser Center, berikut merupakan tips untuk mencegah memar saat injeksi filler:

  • Tidak mengkonsumsi aspirin, Aleve atau Ibuprofen 1 minggu sebelum tindakan.
  • Hindari alkohol 2 hari sebelum tindakan
  • Tidak mengkonsumsi bawang 2 hari sebelum tindakan.
  • Konsumsi nanas 2 – 3 kali, 2 hari sebelum tindakan.
  • Gunakan ekstrak bunga Arnica (bahan yang menenangkan dan melindungi) 1 hari atau pagi hari sebelum tindakan.
Asimetri, atau sebelah bagian terlihat miring

Kita semua tentunya memiliki bagian normal dan asimetri natural di wajah dan hal seperti itu menjadi ciri khas masing-masing individu. Jadi jika filler dilakukan dengan baik pada bagian yang diinginkan maka hasilnya akan sesuai dengan keinginan, namun jika tidak maka akan terlihat miring. Jika tampilan tidak terlalu mencolok, tunggulah selama seminggu. Memar dapat menyebabkan benjolan sementara atau asimetri dan akan hilang dalam seminggu atau 10 hari. Namun, jika asimetri masih belum berubah setelah seminggu lebih, sebaiknya langsung hubungi dokter untuk diperbaiki.

Terlalu terisi, bengkak

Untuk masalah ini, tunggulah hingga seminggu lebih karena akan membaik dengan sendirinya. Memar setelah filler bisa sangat dalam dan mungkin tidak terlihat dipermukaan. Namun jika kamu masih merasa bengkak, segera berkonsultasi dengan dokter karena mungkin perlu tindakan menyuntikan hyluronadase (enzim yang aktif pada pH asam dan netral) untuk menguranginya.

Kurang terisi, Kurang Cukup

Merasa kurang dan hasilnya tidak memuaskan sebenarnya bukanlah masalah dari filler. Beberapa pasien lebih memilih memulai dengan pengobatan konservatif untuk melihat bagaimana reaksinya. Hal ini dapat menjadi ide yang baik untuk menghindari dampak masalah dari filler.

Adanya Benjolan

Ada beberapa laporan mengenai benjolan kecil setelah injeksi filler. Memar kecil biasanya tidak muncul kepermukaan namun ada juga yang merasa seperti benjolan kecil.Cara terbaik untuk memperbaikinya yaitu menunggu 10 hari. Jika masih terlihat, segera hubungi dokter. Caranya pun sama seperti sebelumnya yaitu melakukan injeksi hyluronadase untuk mengurangi tampilan benjolan.

Masalah Komplikasi Serium – Pembuluh Darah Tersumbat (jarang terjadi)

Efek samping ini sangat langka, 1:10.000 pasien yang menggunakan injeksi filler.

Namun berikut yang perlu diketahui dari kasus ini. Memar kecil atau besar yang umum. Dua bagian beresiko yaitu sekitar pangkal hidung dan daerah garis kerutan. Jika bagian tersebut berubah menjadi ungu gelap ada ada ruam merah yang membentang dari hidung, bibir atas atau dahi segera hubungi dokter. Hal ini perlu segera diobati untuk menghindari bekas luka.

Nah, itulah beberapa resiko yang bisa didapat setelah melakukan injeksi filler. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih dokter yang tepat, berkonsultasi mengenai proses, bahan filler, dan dampak yang akan dialami sebelum tindakan.

Dapatkan Diskon Filler selama selama 24-31 Januari 2017 hanya di Rafa Clinic!

Stay Beauty:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s