Coklat Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Anti Penuaan?

happy-woman-taking-bite-of-chocolate-bar

Cokelat tentunya memiliki tempat spesial bagi setiap orang yang menyukainya, entah itu dalam bentuk minuman, olahan makanan dari coklat atau coklat itu sendiri bahkan ada yang menggunakannya untuk perawatan kecantikan.

So ladies, artikel ini akan membahas beberapa tentang fakta menarik dari coklat dan mengungkapkan apa alasan coklat dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Apakah kamu tahu sebenarnya coklat baik untuk gigi?

Cokelat memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pembentukan karies (sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi) terutama jenis dark chocolate yang mengandung kakao lebih banyak. Cokelat juga mengandung fluorine yang dapat memperkuat gigi dan melindungi dari pembusukan. Semakin besar kandungan kakao dalam cokelat maka semakin kuat juga manfaatnya bagi kesehatan.

Teman untuk hati

Iya, memang benar bahwa coklat merupakan sahabat bagi kesehatan organ hati kita. Coklat mengandung polifenol dan antioksidan yang melindungi organ hati. Kakao juga mengandung “lemak baik” untuk kadar kolesterol dalam darah. Dark chocolate mengandung zat yang dapat melindungi dinding pembuluh darah sehingga membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

 Sebagai Anti Penuaan?

Dark chocolate mengandung banyak antioksidan, vitamin A, B, C, D, E dan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan peremajaan. Misalnya, vitamin E membantu memperlambat penuaan sel dan oksidasi.

Coklat meningkatkan suasana hati

Cokelat merangsang produksi hormon endorphin yang membuat perasaan bahagia. Cokelat mengandung phenylethylamine yang dapat meningkatkan suasana hati kita, magnesium di dalamnya dapat membantu meredakan stress sehingga merasa lebih baik dan juga mengandung sangat sedikit cannabinoids (zat dari keluarga ganja). Oleh karena itu mengapa Cokelat tidak memberikan efek obat namun hanya untuk meningkatkan suasana hati kita.

Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menyukai dan makan cokelat secara teratur merupakan orang yang selalu bahagia dan hampir tidak pernah mengalami depresi.

Facial

Cokelat dapat digunakan sebagai masker wajah. Masker cokelat baik untuk kulit kering karena bermanfaat untuk menyegarkan dan melembabkan kulit. Untuk mencobanya, siapkan 50 gr dark chocolate yang telah dilelehkan. Saat suhu coklat tidak terlalu panas, tambahkan 1 sendok minyak zaitun, campur hingga rata dan aplikasikan pada wajah. Biarkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Masker cokelat dapat menjaga kulit dengan kandungan antioksidan, vitamin dan mineral di dalamnya. Setelah beberapa kali menggunakan masker cokelat kulit akan menjadi lebih kencang, segar dan lembut.

Perhatikan hal berikut sebelum menggunakan masker cokelat:

1) Tidak cocok untuk mengaplikasikan masker cokelat pada kulit yang sangat sensitif karena bisa menyebabkan reaksi alergi dan yang terpenting jika mempunyai alergi cokelat jangan pernah coba mengaplikasikannya.

2) Tidak cocok untuk mengaplikasikan masker cokelat pada kulit yang sangat berminyak karena masker ini memberikan efek melembabkan sehingga jika diaplikasikan pada kulit berminyak dapat membuat penampilan semakin mengkilat.

3) Gunakanlah dark chocolate murni karena lebih mengandung banyak kakao hingga 70%.

4) Aplikasikan masker pada kulit yang bersih.

5) Jika kamu memiliki warna kulit yang putih, jangan khawatir jika menemukan sisa noda gelap pada kulit setelah mengaplikasikan masker cokelat.

 Meningkatkan energi.

Cokelat mengandung zat tonik yang sangat mirip dengan kafein, zat tonik ini merangsang dengan lembut sistem kardiovaskular dan saraf sehingga menyebabkan ledakan energi, tapi efeknya lebih lemah dibanding kafein.

So ladies, kesimpulannya adalah dark chocolate merupakan pengecualian dari semua makanan manis yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Dark chocolate ini bermanfaat untuk kesejahteraan dan kesehatan serta menurut beberapa sumber, cokelat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah banyak penyakit.

Be Healthy, Be Beauty:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s