Hubungan Sebum Dan Kulit

woman-oily-skin

Sebum atau minyak pada kulit biasanya memiliki dampak buruk karena membuat wajah tampak mengkilat  dan juga penyebab timbulnya jerawat. Mungkin kamu pernah bertanya apakah minyak alami kulit atau sebum memiliki fungsi lain? Berikut merupakan penjelasan lebih lanjutnya:

Fungsi Sebum

Meskipun ilmu pengetahuan belum menemukan tujuan akhir dan definitif mengenai sebum, namun penelitian terakhir telah menemukan bahwa sebum memberikan sejumlah manfaat untuk kulit.

Sebum berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan mengunci kelembapan. Memiliki sifat antimikroba dan bertindak untuk membantu mengatur suhu tubuh. Sebum juga memainkan peran untuk memberi nutrisi pada kulit seperti antioksidan dan vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi serta mencegah dari kerusakan akibat radikal bebas untuk membantu kulit mempertahankan elastisitas dan mencegah keriput.

Sebum juga dikatakan merupakan sekutu terbesar kulit karena saat munculnya masalah pada kulit karena disebabkan oleh jumlah sebum yang berkurang.

Terlalu Banyak vs Terlalu Sedikit

Tentunya sudah banyak yang tahu bahwa kelebihan sebum dapat menimbulkan komedo dan jerawat. Namun, terlalu sering mencuci dan menggosok wajah untuk mengatasi tampilan mengkilat pada kulit, bukanlah sebuah solusi. Untuk orang yang memiliki kulit berminyak , cenderung melakukan hal tersebut namun hanya akan membuat produksi sebum lebih banyak dan menimbulkan banyak masalah pada kulit. Sama seperti dalam segala hal, keseimbangan merupakan sebuah kunci. Oleh karena itu sebaiknya melakukan perawatan untuk mengurangi kelebihan sebum dengan benar tanpa harus menerima konsekuensi.

Cara Mengatasinya:

Apa rahasia untuk mengatur produksi sebum pada kulit? Rutinlah melakukan 3 tips sederhana berikut dan tentunya menggunakan skincare product yang tepat.

Step 1: Mencuci Wajah

Gunakan facial wash dengan kandungan bahan aktif seperti asam salisilat, mineral tanah liat dan ekstrak alami untuk menghapus 95% dari minyak berlebih serta mengecilkan pori. Selain itu dapatkan sensasi dingin dan menyegarkan.

Step 2: Membersihkan lebih dalam

Membersihkan kotoran yang mendalam dan menempel serta penumpukan bakteri yang terlewat saat mencuci wajah merupakan langkah selanjutnya. Gunakan pembersih yang memiliki formula  Zeroil khusus untuk mengangkat sisa kotoran.

Step 3: Pelembab, Pelembab, Pelembab

Ini merupakan langkah terakhir untuk memastikan bahwa kamu tidak meninggalkan kelembaban pada kulit. Gunakan produk dengan ekstrak alami sehingga wajah tampak halus.

So ladies, ternyata sebum atau minyak alami kulit bermanfaat banyak bagi kecantikan kulit dan berperan penting untuk mencegah kerutan dan tanda penuaan lainnya.

Sumber: http://www.skinmatters.com.ph

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s