Cara Menjadi “Morning Person”

morning-person

Bangun pagi untuk beberapa orang merupakan hal sulit yang dilakukan, perlu alarm atau seseorang untuk membantu bangun di pagi hari. Namun ada juga yang sudah terbiasa bangun pagi yang dikenal dengan sebutan “morning person”.

Dilansir oleh Geniusbeauty.com, tim ilmuwan dari University of Colorado Boulder, menjelaskan mengapa ada orang yang sangat sulit bangun pagi. Hal ini berhubungan dengan kemampuan seseorang saat akan tidur, tingkat stres, emosi yang sedang memuncak dan masalah psikologis. Dari semua itu kebiasaan untuk tidur tepat waktu memainkan peran paling penting.

Jadi, bagaimana untuk bisa menajdi “morning person”? Berikut merupakan caranya:

1. Tidur cukup

Beberapa orang yang terlalu sibuk cenderung terbiasa tidur larut malam dan ketika memiliki waktu luang kesulitan untuk tidur. Kita membutuhkan tidur yang cukup untuk menghasilkan energi baru di pagi hari, menjaga kesehatan dan manfaat lain seperti berikut:

  • Meningkatkan daya ingat
  • Menjaga berat badan
  • Meningkatkan konsentrasi dan suasana hati
  • Menghindari stress

Bila kamu tidak cukup tidur, tubuh tidak akan mendukung mengubah kebiasaan lainnya.

2. Hilangkan barang elektronik di kamar

Adanya barang elektronik seperti TV, laptop atau ponsel yang menyala dapat menganggu kenyamanan saat tidur tanpa disadari. Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur. Simpan TV di ruang keluarga dan ponsel di tempat lain. Batasi kontak dengan ponsel setidaknya 1 jam sebelum tidur.

3. Tidur saat lelah

Tentunya kita memiliki hari dimana saat melelahkan, namun sebagian dari orang mengabaikan rasa lelah dan terus melanjutkan kegiatan. Hal ini merupakan kebiasaan yang salah, tubuh yang lelah merupakan sebuah “alarm” tanda waktunya untuk beristirahat.

4. Buat rutinitas di malam hari

Setelah membersihkan wajah dan tubuh, cobalah miliki kegiatan mengantar tidur seperti membaca buku atau minum teh hangat untuk 30 – 45 menit. Buatlah kegiatan yang menangkan setiap malam. Selain itu tempat tidur yang bersih dan rapi dapat membuat tidur menjadi nyaman dan relax.

5. Berhenti menekan snooze

Meskipun tidur dengan cukup namun tetap merasa kurang tidur, hal itu terjadi karena siklus REM ( Rapid Eye Movement) yang membantu merangsang daerah otak terkait dengan kognisi menjadi terganggu . Janganlah memasang alarm di setiap waktu karena tidak ingin terlambat, namun tetapkan 1 alarm saja, berilah jarak 1 jam dari waktu yang kamu tentukan untuk bangun.

6. Cepat bangun dan bergerak

Saat bangun tidur, lakukan peregangan terlebih dahulu dan keluar kamar untuk minum segelas air. Usahakan untuk tidak langsung mandi, cobalah untuk berjalan ringan di dalam rumah.

7. Bangun di waktu yang sama setiap hari

Cobalah untuk mengatur jam alarm di waktu yang sama termasuk pagi di akhir pekan. Bangun secara terus menerus di waktu yang sama dapat membuat kita terbiasa tanpa di sadari.

8. Berolahraga

Usahakan untuk melakukan olahraga ringan setelah bangun tidur seperti peregangan, lari di tempat atau yoga untuk meningkatkan energi dan membuat lebih bersemangat di pagi hari.

9. Berjemur di bawah matahari pagi

Matahari pagi merupakan sumber terbaik dari Vitamin D, namun jika hari sedang tidak cerah setidaknya pergi ke luar selama 15 menit untuk menghirup udara segar.

10. Buatlah rencana

Alasan orang untuk bangun pagi yaitu bekerja atau sekolah, namun bagaimana untuk di akhir pekan? Cobalah untuk memiliki rencana seperti berolahraga, pergi ke car free day atau pergi dengan teman-teman.

Nah ladies, untuk kamu yang sulit bangun di pagi hari, cobalah lakukan cara tersebut secara bertahap sampai kamu menjadi “morning person”. Selamat mencoba 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s