Mengapa Wanita Memulai Menggunakan Makeup

egyptian-goddess-cleopatra-deluxe-wig-bc-806283

Saat ini, persentase hampir sebagian besar wanita (dan sebagian kecil laki-laki) menggunakan makeup untuk sehari-hari. Alasan menggunakannya yaitu agar penampilan estetika mereka terlihat menarik. Sentuhan foundation atau eye shadow membuat perbedaan dalam penampilan karena dapat membantu menutup kekurangan pada kulit.

Sebut saja seperti menyombongkan diri, menghabiskan waktu di depan cermin untuk merias wajah merupakan ritual sehari-hari jutaan wanita di dunia, entah untuk bekerja, pergi ke acara besar atau hanya berkencan. Hal ini berawal dari wanita di Mesir Kuno yang menjadi wanita pertama pengguna makeup.
Wanita Mesir Kuno juga memiliki motif dasar yang sama yaitu ingin menampilkan diri mereka yang terbaik. Wanita modern saat ini, mereka merias wajah hanya untuk mencoba mengesankan di depan pria, di tempat kerja atau memberikan kesan menarik saat pertama kali bertemu seseorang.  Sedangkan wanita Mesir Kuno merias wajah untuk mencoba mengesankan para dewa.

Bukti arkeologi menunjukan wanita Mesir Kuno mendandani diri sendiri  kurang lebih sejak 4000 tahun sebelum masehi. Hal ini terutama untuk menyenangkan para dewa, sebagai wanita, penampilan dirasa berhubungan langsung dengan nilai spiritual mereka. Jadi wanita Mesir Kuno menciptakan kosmetik pertama.

Mereka menerapkan riasan mata yang disebut mesdement (dari kata Mesir Kuno) yaitu campuran tembaga dan biji timah. Nuansa hijau pada kelopak mata bawah, abu-abu gelap diaplikasikan pada bulu mata dan kelopak mata atas. Warna gelap dinyatakan sebagai “evil eyes”

Untuk menyempurnakan tampilan hiasan di sekitar mata, mereka menambahkan bentuk almond bubuk berwarna gelap (atau kohl) yang mungkin merupakan kombinasi bahan seperti almond yang dibakar, teroksidasi tembaga, bijih timah, warna abu dan kuning tua. Selain sebagai riasan, Kohl diyakini bermanfaat sebagai obat.

Wanita Mesir Kuno menggunakan campuran tanah liat merah atau oker, air atau lemak hewan untuk pipi dan lips-blush dan lipstick pertama serta mereka menggunakan henna untuk kuku. Ritual membersihkan makeup sebelum tidur juga sudah ada di jaman Mesir Kuno, yaitu dengan menggunakan sabun yang terbuat dari minyak nabati dan hewani serta parfum.

Hubungan antara kecantikan dan spiritualitas tetap terjaga selama berabad-abad, hingga Roma menempati kekuasaan. Bangsa Romawi mulai mengaplikasikan banyak formula kosmetik orang Mesir, namun motif utama meraka yaitu meningkatkan penampilan satu sama lain (terutama pria Romawi).

Berawal dari wanita Mesir  Kuno yang pertama menggunakan makeup lalu wanita Romawi, hingga saat ini makeup mengalami evolusi yang sangat besar. Makeup membuat rasa percaya diri, menjadi pusat perhatian dan menyebabkan efek yang besar.

So ladies, semoga info mengenai sejarah makeup pertama kali digunakan dapat bermanfaat 🙂 Keep Beauty 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s