Tahun Baru, Awal Yang Baru: Mulailah dengan resolusi 3 cara merubah pola pikir

woman with thought bubble on chalk board

Hampir seluruh orang di dunia membuat resolusi tahun baru dengan tujuan yang sama yaitu menginginkan sesuatu yang baru dan lebih baik. Namun ada beberapa orang yang tidak dapat mencapai resolusi tahunan mereka karena menempatkan suatu resolusi yang terlalu tinggi. Merubah tujuan atau menempatkan tujuan besar kedalam bagian kecil, merupakan langkah mencapai kesuksesan. Salah satunya merubah pola pikir.

Januari menjadi bulan pertama yang sulit untuk menjalankan resolusi dan jika ternyata kamu berhasil kemungkinan besar resolusi perubahan pola pikir yang kamu lakukan akan menjadi permanen. Bekerja keraslah dan lakukan lebih baik untuk bulan selanjutnya..

Keluar dari zona nyaman

Di tahun baru, tentunya kita memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, banyak dari kita memulai dengan mencari satu hal yang akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Kita biasa hidup dengan gagasan “kalau saja” “andaikan”, contohnya “kalau saja aku bisa menurunkan berat badan” atau “andaikan aku punya lebih banyak waktu untuk berolahraga”.

Satu-satunya cara untuk bergerak maju yaitu kita harus berhenti berjalan di dalam lingkaran dan bergerak ke luar, ke arah tindakan yang akan membawa pada perubahan.

Membuat Suatu Hubungan

Perubahan gaya hidup tidak terjadi dalam ruang isolasi. Berfokus hanya pada satu aspek kesehatan dapat menyebabkan perasaan frustrasi dan terisolasi. Misalnya, penurunan berat badan yang sukses membutuhkan lebih dari pembatasan kalori. Meningkatkan aktivitas fisik dan melakukan hal-hal yang dinikmati membuat penurunan berat badan lebih mudah.

Kamu mungkin akan lebih termotivasi untuk meningkatkan keberhasilan dengan adanya dukungan dan interaksi dari seseorang seperti teman berolahraga, sehingga membuat kamu selalu tertantang, bertanggung jawab dan akhirnya kamu dapat mencapai tujuan.

 Mengatur Target Positif

Apapun resolusi kamu di tahun 2017 yang terpenting yaitu mengatur penanda dan target yang positif pada diri sendiri untuk meningkatkan keberhasilan. Jika kamu sedang memiliki banyak pekerjaan dan merasa stress, biasanya akan mudah untuk kembali ke dalam pola kebiasaan lama. Misalnya, mengkonsumsi gula di siang hari menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan energi dalam jangka pendek dan merasa hal seperti itu benar untuk dilakukan.

Saat kita melihat sebuah hadiah langsung biasanya kita cenderung dapat merubah perilaku pada saat itu juga. Hal ini sama seperti perilaku atau tindakan kita sehari-hari pada kepentingan jangka panjang. Contohnya, kita lebih cenderung tidak mengkonsumsi permen saat merenungkan resiko jangka panjang yaitu obesitas dan diabetes, namun saat mempertimbangkan realitas jangka pendek tentunya kita akan mengkonsumsi permen tersebut. Mengkonsumsi gula di siang hari dapat memberi efek negatif pada  energi dan produktivitas kita di sisa hari.

Memiliki pilihan yang sehat membuat peluang besar untuk meraih tujuan, hal ini disebut sebagai target yang positif.

Mengembangkan kejelasan, mengidentifikasi strategi dan perencanaan yang kontingensi dapat membantu memastikan gerakan lanjutan perubahan. Atur target positif dan buat perubahan meskipun kecil dalam rutinitas sehari-hari karena memiliki dampak langgeng jangka panjang.

Selamat menyambut tahun baru 2017!

 

Sumber: medcenterblog.uvmhealth.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s