FAKTA MENARIK TENTANG KERINGAT

08-sweat-nocrop-w536-h2147483647-2x

Semua orang tentunya pernah dan bahkan sering berkeringat. Keringat biasa muncul di ketiak, wajah, punggung bahkan telapak tangan dan kaki. Tubuh akan memproduksi keringat saat setelah olahraga, stress, terangsang atau saat memakai baju berlapis-lapis. Namun sebenarnya apa itu keringat? Berikut merupakan penjelasan lebih lanjutnya :

Apa itu keringat?

Keringat hampir sebagian besar air, dengan kandungan garam (sodium choride) dan sedikit mineral.

Mengapa bisa berkeringat?

Berkeringat merupakan cara untuk mendinginkan suhu tubuh karena saat keringat menguap melalui kulit, panas di tubuh akan berkurang.

Ada berapa kelenjar keringat?

Manusia memiliki antara 2 juta hingga 5 juta kelenjar keringat dan terdapat di hampir semua bagian tubuh, kecuali  telinga bagian dalam dan bibir atau karena keturunan.

Apakah keringat berbau?

Keringat sebenarnya tidak memiliki bau, namun karena bakteri yang menempel di kulit dan tercampur dengan keringat akan membuat keringat menjadi bau.

Apakah semua keringat diciptakan sama?

Tidak. Manusia mempunya 2 tipe kelenjar keringat. Pertama, jaringan keringat Eccrine, yaitu yang menghasilkan jenis keringat ber-air yang ditemukan di seluruh tubuh, termasuk telapak tangan, kaki dan dahi. Kedua jaringan keringat Apocrine, yaitu yang menghasilkan sedikit cairan lebih tebal, ditemukan di ketiak dan area genital.

Apakah perempuan dan laki-laki memiliki keringat yang sama?

Laki-laki memiliki keringat sedikit lebih asin daripada perempuan dan berkeringat lebih banyak untuk mendinginkan suhu tubuh karena pria memiliki badan yang lebih besar daripada wanita.

Berapa banyak berkeringat?

Coba hitung berat badan sebelum dan setelah 1 jam berlari untuk melihat seberapa banyak kamu berkeringat. Pastikan untuk menghitung setiap cairan yang diminum saat lari. Misalnya, jika kamu kehilangan 16 ons dan minum 12 ons saat olahraga, total cairan yang terbuang yaitu 28 ons.

Keringat Berlebihan?

Berkeringat yang berlebihan atau hyperhidrosis cukup umum terjadi. Namun jangan khawatir karena ada perawatannya. Jaringan keringat seperti sesuatu yang lain di kulit dan memiliki saraf. Menurut seorang ahli bedah plastik di Seton Institute of Reconstructive Plastic Surgery In Austin, Dr Steven Henry, Botox dapat menghadang sinyal dari saraf dan melumpuhkan kelenjar keringat. Suntikan Botox di ketiak atau di telapak tangan dapat menonaktifkan kelenjar keringat selama tiga sampai delapan bulan. Untuk bantuan permanen, dokter dapat menggunakan teknik sedot lemak untuk mengikis permukaan bawah kulit dan menghisap kelenjar keringat.

Minumlah Saat Berkeringat

Jika kamu tidak segera minum ketika berkeringat maka dapat mengalami dehidrasi karena terlalu panas. Itulah mengapa penggantian cairan, sebelum, selama dan setelah olahraga dan aktivitas lainnya sangat penting. Jika kamu kehilangan 1 liter keringat/jam (atau 33,8 ons cairan) maka perlu di ganti dengan minum 1 liter/jam juga untuk mencegah dehidrasi. Tanda-tanda penyakit kepanasan yaitu, wajah pucat, kram otot, sakit kepala, pusing, mual, kulit lembab dan dingin, kelelahan dan penurunan tekanan darah.

Inilah cara bagaimana antiperspirant bekerja

 

Dibandingkan deodorant yang hanya berfungsi untuk menutupi bau badan, antiperspirant bertindak seperti obat yaitu dengan mengubah reaksi kimia pada ketiak. Ada 2 hal tertentu yang akan terjadi yaitu pertama, bahan kimia dalam antiperspirant akan tercampur dengan keringat dan bulu halus sehingga tersumbat. Kedua, antiperspirant yang mengandung beberapa antibiotik untuk membunuh mikroba penyebab bau.

Orang lain dapat mengetahui kita bahagia saat berkeringat.

Baru-baru ini ada penelitian dari Psychological Science, mereka mencoba menguji reaksi orang saat mencium contoh bau dari keringat seseorang yang bahagia setelah menonton film. Hasilnya : saat terpapar keringat bahagia, peningkatan aktivitas terlihat pada otot wajah yang membuat kamu tersenyum dan juga memberikan dampak yang positif.

So ladies, itulah beberapa fakta-fakta menarik mengenai keringat. Berkeringat memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya selalu jaga kebersihan tubuh sehingga keringat tidak terlalu berbau 🙂 Stay Healthy 🙂

Untuk kamu yang memiliki keringat berlebih dapat diatasi dengan Treatment Botox yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih pada bagian lipatan tubuh, terutama ketiak.

Dapatkan Free Treatment Non Medis/ Facial dengan mengambil treatment Botox selama Bulan Desember hanya di Rafa Clinic 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s