MANFAAT KOLAGEN

menjaga-produksi-kolagen-demi-awet-muda-alodokter

“Kolagen akan berkurang seiring berjalannya waktu sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur dan berkerut” – Pastinya sudah ada yang pernah mendengar kalimat tersebut, namun apakah kamu tau apa itu kolagen? Apa pentingnya kolagen bagi tubuh? Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut :

 

APA ITU KOLAGEN?

Kolagen merupakan protein berserat yang terdapat dalam jaringan ikat di seluruh tubuh. Kolagen penting untuk menjaga kesehatan tulang dan jaringan lainnya, namun kolagen lebih dikenal untuk perejamaan kulit.

MENGAPA KOLAGEN PENTING?

Kolagen penting untuk tubuh karena memiliki manfaat seperti di bawah ini :

1. Membantu Proses Pencernaan

Kolagen dapat menenangkan dan menyembuhkan gangguan pada saluran pencernaan serta membantu memperbaiki lapisan mukosa. Kolagen juga membantu untuk memecah protein dan lemak pada makanan sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk mencerna.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan jaringan yang hidup dan terus tumbuh, terdiri dari kolagen dan kalsium. Saat usia 30, tubuh akan mulai kehilangan zat tulang lebih cepat dari pada memproduksinya. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon dan faktor yang berkaitan dengan penuaan. Osteoporosis terjadi ketika massa tulang dan mineral yang mengurang atau perbaikan yang melambat. Seseorang dengan mutasi genetik kolagen tipe 1 rentan mengalami osteoporosis karena memiliki sedikit kolagen berkualitas pada tulang mereka. Wanita juga sangat beresiko mengalami osteoporosis pada tahun pasca menopause awal, karena kadar estrogen yang menurun.

3. Menjaga Kesehatan Tulang Rawan

Tulang rawan yang terdapat pada hidung, telinga, tenggorakan dan sendi terbuat dari sebagian besar kolagen sehingga lebih fleksibel dan tidak terlalu padat. Fungsi tulang rawan pada sendi untuk mencegah tulang saling bergesekan satu sama lain, memberikan kemudahan untuk gerak dan membantu perbaikan. Sebuah penelitian “Induced Collagen Cross-Links Enhance Cartilage Integration” April 2013 menemukan bahwa kolagen juga dapat membantu menghubungkan tulang rawan yang rusak dengan tulang rawan rekayasa dalam kasus di mana tulang rawan rusak atau tidak dapat membantu perbaikan jaringan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit manusia memiliki 14 jenis kolagen, namun hanya 80% dari kolagen tipe 1 dan 15% dari kolagen tipe 3. Kolagen tipe 1 mendukung kekuatan kulit sedangkan tipe 3 menjaga elastisitas. Jika terjadi luka gores atau luka sayat maka tubuh akan memproduksi kolagen untuk menyambungkan kembali jaringan kulit baru dan membantu menyembuhkan luka. Saat kolagen mulai rusak karena penuaan atau penyakit maka kulit akan menjadi tipis, kering, keriput dan rapuh sehingga membuat kulit rentan cedera. Ada juga beberapa penyakit yang dapat menganggu atau menyerang kolagen dan jaringan lain pada kulit yaitu penyakit lupus eritematosus sistemik, rheumatoid arhritis dan scleroderma.

5. Anti Penuaan

Penuaan pada kulit ditandai dengan munculnya garis halus, kulit kendur dan masalah pada pigmen. Tanda penuaan ini sebagian besar disebabkan karena kekurangan dan kerusakan kolagen. Paparan sinar matahari berlebihan dapat mempercepat atau memperburuk tanda penuaan. Namun saat ini sudah banyak perawatan untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu memperbaiki kerusakan kulit yaitu mulai dari skin care product, injection atau perawatan laser.

 

So ladies, jika kamu bertanya-tanya seberapa penting kolagen untuk tubuh penjelasan di atas merupakan jawabannya. Kolagen memiliki banyak manfaat terutama bagi penampilan estetika untuk itu mulai untuk menjaga produksi kolagen di tubuh dengan mengkonsumsi makanan kaya asam amino (telur, susu, daging, ikan), Vitamin A, Vitamin C, kacang-kacangan dan banyak mengkonsumsi air putih.

EXTRA Free Treatment Non Medis/ Facial untuk yang mengambil perawatan LASER THERAPY hanya di Rafa Clinic 🙂
Be Healthy, Be Beauty 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s