Hal-Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Tidur Siang Setiap Hari

61202_article_full

Pastinya saat kecil, kebanyakan anak susah untuk tidur siang dan ada juga yang memiliki kenangan dengan tidur siang dan berharap ingin dapat kembali ke hari-hari dengan waktu yang berjalan lebih lambat dan tidak merasa lelah sepanjang waktu.

Tidur siang wajib untuk bayi, balita, orang tua dan bahkan hewan peliharaan. Namun bagaimana dengan orang dewasa yang memiliki waktu yang sibuk?

Mendapat waktu istirahat di tengah hari merupakan hal normal untuk beberapa negara seperti Spanyol, Ecuador dan daerah lainnya. Mereka biasa menyebut waktu tidur siang dengan “afternoon naps siestas” dan merupakan bagian dari budaya.

Sebagai orang dewasa yang memiliki pekerjaan dan tanggung jawab, sebenarnya kita dapat menggunakan waktu istirahat untuk tidur siang. Jika ada seseorang yang menyebut kamu seorang pemalas, biarkan saja. Tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan dan jika memang memiliki waktu untuk tidur siang, mengapa tidak?

Berikut manfaat tidur siang setiap hari dan mengapa perlu untuk menjadi bagian dari rutinitas harian :

1. Tidur siang meningkatkan fungsi kognitif

Tidur siang memberikan waktu untuk pikiran beristirahat, dan jika kamu kurang tidur saat malam atau sama sekali tidak tidur maka tidur siang mungkin dapat membantu. Tidur dapat meningkatkan daya ingat dan belajar.

Sebuah penelitian juga menunjukan, tidur siang selama 60-90 menit dapat meningkatkan kinerja mental dan kapasitas sampai 24 jam serta membantu mempelajari keterampilan persepsi visual sama seperti tidur saat malam minimal 7 jam.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian di Harvard University menemukan bahwa seseorang yang tidur siang secara teratur memiliki resiko lebih rendah menderita gangguan jantung. Untuk itu perlu untuk tidur siang meskipun sebentar setidaknya seminggu 3x selama 30 menit.

3. Mengurangi stress dan kecemasan

Kurang tidur dapat menyebabkan otak memproduksi hormon kortisol yang berarti kita mengalami stress. Tidur siang dapat membantu mengurangi kadar kortisol sehingga memberikan rasa segar dan kembali bersemangat.

4. Membatasi keinginan untuk makan

Saat kurang tidur, tubuh perlu mendapatkan energi yang lebih untuk melakukan segala aktifitas. Sumber energi tersebut bisa didapatkan dengan makan. Namun, seseorang yang kurang tidur cenderung mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori. Hal ini tidak baik untuk kesehatan, oleh karena itu tidur siang dapat membantu untuk menahan keinginan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori.

5. Tampil lebih baik

Kurang tidur dapat menyebabkan energi berkurang untuk melakukan segala kegiatan fisik. Nah, dengan tidur siang maka dapat mengembalikan tingkat energi juga meningkatkan keterampilan reaksi motorik dan kecepatan selama melakukan kegiatan.

 

Tips untuk dapat tidur siang yang baik

1. Menyetel alarm

Tidak ingin terlalu lama tidur, namun ingin merasa cukup tidur. 60-90 menit merupakan waktu ideal untuk tidur siang, namun jika kamu tidak dapat tidur siang dengan waktu selama itu, cobalah untuk tidur selama 30 menit. Atur alarm selama 30 menit dengan nada dering yang santai.

2. Tidur saat jam makan siang

Biasanya sekitar jam 2 siang, hampir seluruh orang merasa gagal fokus saat bekerja. Hal ini masuk akal karena tubuh sedang mencerna makanan. Jika kamu bisa, cobalah untuk tidur siang pada waktu bagian dari istirahat makan siang, hal ini dapat membantu mendapat energi sampai waktu pulang. Tidur siang sebaiknya dilakukan dari jam 12.00 – 14.00 untuk mencegah dampak negatif pada pola tidur malam.

3. Membuat suasana menjadi nyaman

Pastikan untuk membuat ruangan menjadi kondusif untuk tidur. Mematikan lampu, menyalakan pendingin ruangan (AC atau Kipas Angin), menggunakan selimut yang nyaman dan tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi.

 4. Persiapkan diri untuk tidur siang

Persiapan diri seperti menggunakan masker mata untuk tidur dan penutup telinga (jika perlu) atau buatkan secangkir teh terlebih dahulu untuk bersantai.

5. Ingat bahwa kamu berhak mendapat waktu untuk tidur siang

Kita tentunya memiliki suatu keinginan dengan tetap berproduktif dalam bermasyarat atau suatu organisasi. Namun bekerja terlalu keras dan tidak menjaga kesehatan tubuh dapat berdampak buruk. Perlakukan diri sendiri layaknya keluarga dan teman. Oleh karena itu jangan mengabaikan kesehatan tubuh, termasuk tidur.

 

Nah ladies, cobalah untuk mulai memprioritaskan tidur baik malam atau siang. Tidur tidak akan membuat kamu menjadi malas, egois, tidak produktif dan hal negatif lainnya. Tidur siang tidak hanya ada untuk bayi atau balita, siapa pun dapat tidur siang jika menginginkannya, tidak perlu guru atau orang tua untuk mengingatkan waktu tidur siang! Stay Healthy :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s