FAKTA MENARIK BIBIR

Close-Up of Mouth

Bibir merupakan bagian tubuh yang unik, setiap orang memiliki bentuk dan ukuran bibir yang berbeda sama seperti sidik jari. Bibir berfungsi bukan hanya untuk membantu untuk makan dan berbicara, juga sebagai sisi sensualitas untuk menarik perhatian dari lawan jenis.

Namun bukan hanya itu saja ladies, ternyata bibir mempunyai fakta menarik dan perlu diketahui, berikut merupakan fakta-fakta menarik bibir :

1. Bibir manusia itu unik

Tak hanya manusia, hewan juga memiliki bibir kan? Namun bibir manusia sangatlah unik karena memiliki perbatasan yang berbeda antara bibir dan kulit disekitarnya. Warna bibir pun berbeda atau yang berwarna merah muda atau kemerahan, Ilmuwan menyebutnya vermilion border.

2. Bibir dapat membantu mencari pasangan

Beberapa ilmuan percaya bahwa dengan berciuman dapat menjadi sebuah kunci untuk pemilihan pasangan. Hal ini karena saat berciuman akan ada pertukaran infomasi secara biologis. Wanita cenderung memilih pria yang memiliki sistem kekebalan tubuh berbeda dan ketertarikan feromon (sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat seksual) yang menjadi kunci utama wanita untuk memilih pasangannya.

3. Setiap bagian bibir memiliki nama

Setiap bagian bibir memiliki nama yang berbeda yaitu procheilion, tuberkulum labial dan tuberculum labii superioris.

4. Mengatakan seksualitas

Penelitian terbaru menghubungkan bentuk bibir wanita dengan kemampuannya untuk mencapai orgasme. Seorang psikolog asal Skotlandia bernama Stuart Brody menyatakan bahwa wanita dengan tuberkel menonjol (bibir bagian atas) lebih mampu untuk mencapai orgasme.

5. Ukuran besar lebih baik

Penelitian dari University of Louisville tahun 2003, menunjukan bahwa wanita dengan bibir berukuran besar dapat lebih mudah menarik perhatian lawan jenis.

6. Tidak selalu digunakan untuk berciuman

Menurut para anthropolog, 90 persen manusia berciuman. Namun tidak semua daerah menggunakan bibir untuk berciuman ada pula yang ciuman tanpa bibir seperti, contohnya orang Eskimo, tanda berciuman bagi mereka adalah dengan menggosokan hidung.

7. Dibutuhkan banyak otot untuk mengerut

Bibir terdiri dari otot yang kompleks yang dikenal sebagai orbicularis oris. Otot inilah yang mempengaruhi kerutan saat berciuman, bersiul, atau meniup terompet.

8. Bibir dapat lumpuh

Bell Palsy merupakan bentuk kelumpuhan wajah yaitu mengalami kesulitan untuk tersenyum atau mengerutkan dahi. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan saraf pada wajah. Untungnya kondisi ini dapat sembuh seiring berjalannya waktu dan latihan yang sering dilakukan.

9. Bibir tidak berkeringat

Tidak memiliki kelenjar keringat membuat bibir tidak berkeringat sehingga cenderung lebih cepat kering dari bagian tubuh lainnya.

10. Darah memberikan bibir menjadi merah merona

Kulit bibir terdiri dari 3-5 lapisan sel. Kulit yang lebih tipis akan terlihat lebih merah merona karena lebih terlihat pembuluh darah di bawahnya.

11. Bibir semakin tipis seiring bertambahnya usia

Kulit bibir juga terdiri dari kolagen yang juga berarti dapat menipis. Ada juga hal lain yang membuat kulit menjadi tipis yaitu akibat sinar UV dari matahari. Oleh karena itu gunakan lipbalm yang mengandung SPF untuk melindungi kulit bibir.

12. Sebagai media mengekspresikan perasaan

Bibir dapat memberitahu seseorang mengenai perasaan senang dengan tersenyum atau sedih dengan cemberut. Bibir merupakan komunikator sempurna sebelum mulai berbicara.

Nah ladies, itulah beberapa fakta menarik dari bibir oleh karena itu mulailah untuk merawat bibir untuk tetap tampak cantik dan menarik🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s