Masalah Yang Dialami Rambut

woman is not happy with her fragile hair, white background, copyspace; Shutterstock ID 219265786; PO: today.com

woman is not happy with her fragile hair, white background, copyspace; Shutterstock ID 219265786; PO: today.com

Rambut sangat penting untuk menunjang penampilan, terutama bagi wanita, rambut bagaikan sebuah mahkota. Rambut memiliki berbagai macam gaya, warna dan tekstur. Rambut juga merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi melindungi dan pengatur suhu.

Rambut yang sehat memberikan dampak positif, salah satunya meningkatkan rasa percaya diri dan merasa lebih cantik atau tampan. Oleh karena itu mengapa banyak orang yang melakukan segala cara untuk merawat kesehatan rambut mereka. Namun rambut tidak selalu tampil dengan indah, ada beberapa masalah yang dialami rambut terutama karena faktor usia. Berikut merupakan masalah-masalah pada rambut :

1. Rambut menjadi berwarna abu-abu (ber-uban)

Rambut yang berubah warna menjadi abu-abu, putih atau perak ini biasanya dikaitkan dengan bertambahnya usia dan mengingatkan bahwa sudah tidak lagi muda. Namun bukan hanya itu, rambut juga dapat menjadi abu-abu di usia muda, hal ini biasanya disebabkan karena faktor keturunan. Menurut penelitian, warna rambut dihasilkan dari pigmen yang disebut melanin, yang di produksi oleh sel melanosit di folikel rambut. Melanosit yang mengalami kerusakan kumulatif selama bertahun-tahun dapat menyebabkan berhentinya produksi melanin. Hal ini disebabkan karena kerusakan DNA dan penumpukan hydrogen peroksida dalam folikel rambut.

2. Rambut Rontok

Rambut memiliki 2 siklus pertumbuhan yaitu, siklus anagen (rambut tumbuh 2-6 tahun atau lebih), siklus telogen (rambut sementara berhenti tumbuh selama 3 bulan) pada akhir fase telogen, rambut akan rontok dan digantikan oleh rambut baru.

Rambut rontok sekitar 100 helai perhari, kerontokan rambut dapat disebabkan karena obat-obatan atau adanya masalah kesehatan seperti :

  • Obat-obatan (Antidepresan, retinoid, NSAID, pengencer darah, pil KB, obat tekanan darah tinggi, kemoterapi dan radiasi.
  • Infeksi berat.
  • Operasi besar.
  • Tiroid terlalu aktif atau kurang aktif.
  • Stress berat.
  • Penyakit autoimun (lupus).
  • Infeksi jamur pada kulit kepala.
  • Kehamilan dan persalinan.
  • Paparan bahan kimia seperti thallium, boron dan arsen.

3. Kerusakan Rambut

Seringkali upaya untuk memperindah rambut menjadi penyebab rambut menjadi rusak, kering dan bercabang karena sering menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut, mengeriting/meluruskan rambut, mewarnai rambut dan lainnya. Berikut merupakan hal lain yang menyebabkan rambut menjadi rusak :

  • Keramas yang terlalu sering
  • Menggunakan sampo yang tidak cocok
  • Sering terpapar sinar matahari
  • Kekurangan nutrisi
  • Obat-obatan

4. Rambut Berminyak

Tidak hanya kulit wajah yang mengalami produksi sebum yang berlebihan, kulit kepala juga mengalaminya yang menyebabkan rambut menjadi berminyak dan terlihat kusam sehingga membuat tampilan estetika menjadi kurang menarik.

Nah ladies, rambut perlu untuk dirawat dan dijaga keindahannya dengan baik agar tidak mengalami masalah seperti di atas. Namun jika terlanjur mengalami salah satu masalah rambut tersebut bagaimana cara mengatasinya? Tunggu artikel selanjutnya :) Stay beauty :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s